Cara Pembelian Tiket Monas dan Harganya, Bisa Naik ke Puncak!

Pengunjung diwajibkan sudah menerima vaksin booster

Jakarta, IDN Times – Monumen Nasional atau Monas akhirnya dibuka setelah dua tahun lebih tutup karena pandemic COVID-19. Semula, pembukaan ini masih uji coba. Tetapi, kini publik sudah bisa naik ke Puncak Monas sejak 1 Juli 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, dibukanya Monas agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat wisata.

“Monas dibuka mulai hari ini, ke depan mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga,” kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Lalu, bagaimana cara pemesanan tiket sebelum berkunjung ke Monas? Yuk, simak harga dan cara pemesanan tiket, serta jam operasionalnya!

Baca Juga: Kereta Kencana Ki Jaga Raksa Antarkan 2 Pusaka Indonesia ke Monas

1. Simak alur pemesanan tiket ke Monas

Cara Pembelian Tiket Monas dan Harganya, Bisa Naik ke Puncak!ilustrasi mesin cetak tiket kereta/boarding pass (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebelum berkunjung ke Monas, pengunjung wajib mendaftarkan diri secara daring ke situs bit.ly/kunjungantugumonas. Satu pendaftaran daring tersebut hanya dapat digunakan maksimal 4 orang. Adapun pendaftaran tersebut dilakukan H-1 sebelum kunjungan.

Lalu, pendaftar diminta mengisi data diri sesuai data di KTP. Kemudian, pendaftar akan mendapatkan balasan surat melalui email, yang nantinya ditunjukan ke petugas berupa QR code untuk dapat membeli tiket masuk ke Tugu Monas.

Selain memenuhi protokol kesehatan, pengunjung yang ingin ke Monas juga diwajibkan sudah menerima vaksin dosis 3 atau booster.

Baca Juga: Sejarah Monas, Tempat Kerbau Cari Makan hingga Jadi Lapangan Raja

2. Jam operasional dan harga tiket ke Monas

Cara Pembelian Tiket Monas dan Harganya, Bisa Naik ke Puncak!Monumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Adapun jam operasional Monas buka setiap Selasa – Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan loket penjualan tiket tutup pukul 15.00 WIB.

Pengunjung wajib menggunakan JakCard atau kartu yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran. Kartu JakCard bisa dibeli seharga Rp35 ribu yang sudah termasuk dengan saldo Rp20 ribu. Berikut harga tiket ke Monas:

- Tiket masuk museum

  • Dewasa : Rp5.000
  • Mahasiswa : Rp3.000
  • Anak-anak : Rp2.000

- Tiket masuk menuju ke Puncak Monas (sudah termasuk harga tiket masuk museum)

  • Dewasa : Rp15.000
  • Mahasiswa : Rp8.000
  • Anak-anak : Rp4.000

Baca Juga: 5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monas

3. Cara ke Monas dengan transportasi umum

Cara Pembelian Tiket Monas dan Harganya, Bisa Naik ke Puncak!Ilustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah membeli tiket, kalian dapat mengunjungi Monas dengan menggunakan transportasi umum seperti Bus Transjakarta, Kereta MRT, KRL, ataupun Bus wisata tingkat gratis.

  • Bus Transjakarta, diantaranya koridor I (Kota-Blok M), Koridor IA (PIK-Balai Kota), Koridor 6A atau 6B (Monas-Ragunan), atau Koridor 98 Pinangranti - Kota). Turun di halte Monumen Nasional, lalu berjalan kaki sekitar 400 meter menuju Gerbang Monas.
  • Kereta MRT, kalian bisa berangkat dari stasiun manapun, lalu turun di stasiun Bunderan Hotel Indonesia atau stasiun pemberhentian terakhir. Lalu, bisa disambung naik fasilitas bus wisata tingkat gratis rute BW4 (IRTI Monas-PP) atau BW2 (Juanda Istiqlal-PP). Bus wisata beroperasi di akhir pekan atau hari libur nasional setiap pukul 10:00 - 18:00 WIB.
  • KRL, kalian bisa naik KRL dari rute manapun lalu turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Setelah itu, bisa disambung dengan berjalan kaki atau naik ojek daring.
  • Bus wisata tingkat gratis, sejauh ini hanya tersedia bus BW4 dan bus BW2 yang berhenti di halte dekat Monas. Rute BW2 Jakarta Baru yaitu: Juanda Masjid Istiqlal - Monas 1 - Monas 2 - Monas 3- IRTI Monas - Sarinah1 Wisma Nusantara - Plaza Indonesia Sarinah 2 - Museum Nasional Pecenongan-Juanda Masjid Istiqlal.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya