Seorang Pasien Terduga Virus Corona Dirawat di RS Cianjur

Pasien itu baru pulang dari luar negeri

Jakarta, IDN Times - Seorang pasien di Cianjur, Jawa Barat diduga menderita virus corona COVID-19. Dinas Kesehatan Cianjur mengungkapkan, telah mendapat laporan ada pasien yang dirawat di RSDH Cianjur.

"Kami mendapat laporan ada seorang pasien laki-laki yang diduga mengalami gejala virus corona. Kami sedang berkoordinasi dengan pihak manajemen RSDH terkait penanganan pasien tersebut," kata Kepala Dinkes Cianjur Tresna Gumilar, seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/3).

1. RSDH Cianjur melaporkan temuan pasien terduga virus corona

Seorang Pasien Terduga Virus Corona Dirawat di RS CianjurPetugas medis dengan pakaian pelindung mengangkat pasien isolasi dari sebuah ambulans saat seluruh negeri dilanda wabah virus korona tipe baru, di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok (ANTARA FOTO/cnsphoto via REUTERS)

Menurut Tresna, informasi ini diperoleh setelah pihaknya melakukan pemantauan ke sejumlah rumah sakit di Cianjur terkait dengan status siaga corona di Jawa Barat. Sedangkan pihak RSDH melaporkan temuan pasien terduga corona.

"Kami langsung mengirim tim ke RSDH untuk memastikan kebenarannya. Hingga saat ini, kami masih melakukan koordinasi, pasien laki-laki tersebut sudah mendapat penanganan medis," katanya.

2. Pasien baru pulang dari luar negeri dan memperlihatkan gejala seperti virus corona

Seorang Pasien Terduga Virus Corona Dirawat di RS CianjurPetugas sedang memindai suhu tubuh penumpang di Bandara Internasinal SIM, Aceh (Dok. Dinas Perhubungan Aceh)

Berdasarkan pemeriksaan dan pendataan, pasien tersebut memiliki riwayat baru pulang dari luar negeri, bahkan gejala yang diderita mengarah ke terduga virus corona.

"Sampai malam ini, pasien masih berada di RSDH Cianjur, dengan pengawasan ketat tim medis. Kemungkinan akan segera di rujuk ke RSHS Bandung. Kami masih memantau perkembangannya," kata Tresna, Senin (2/3) malam.

3. Dinkes Cianjur koordinasi dengan dinas terkait di Pemprov Jabar dan pusat

Seorang Pasien Terduga Virus Corona Dirawat di RS Cianjur(IDN Times/Arief Rahmat)

Pihaknya akan terus mengikuti perkembangan pasien yang diduga terjangkit virus corona tersebut serta melakukan koordinasi dengan dinas terkait di Pemprov Jabar dan pusat.

"Harapan kami negatif karena hasil pemeriksaan masih dugaan gejala virus corona," katanya.

https://www.youtube.com/embed/2BlyV2Dv894

Baca Juga: Virus Corona Masuk Indonesia, 4 Orang di Balikpapan Diobservasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya