Dihantam COVID-19, Menko PMK Sebut Ekonomi Dunia Ibarat Beruang Kutub

Beruang kutub butuh hibernasi untuk bertahan hidup

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut ekonomi dunia dan Indonesia sedang mengalami hibernasi dampak dari COVID-19.

Meski begitu, pemerintah tetap berupaya agar ekonomi Indonesia tetap bertahan.

"Kita tahu bahwa sekarang ini dunia mau pun Indonesia masuk ke dalam apa yang oleh Scott Morrion sebut sebagai Hibernitas Economy atau Economic Hibernation," kata Muhadjir dalam keterangan persnya melalui video conference, Jumat (8/5).

1. Muhadjir sebut kondisi ekonomi sedang hibernasi

Dihantam COVID-19, Menko PMK Sebut Ekonomi Dunia Ibarat Beruang KutubMenko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan perkembangan penyaluran bansos lewat video conference(Dok. Kemenko PMK)

Muhadjir menerangkan, kondisi ekonomi saat ini ibaratkan beruang kutub yang tengah hibernasi. Dia mengatakan, ekonomi dunia tengah tertidur saat ini.

"Hibernasi ekonomi ini kita bayangkan seperti beruang kutub memasuki musim dingin yang kemudian harus tidur, menghemat energi yang dia miliki, memperlambat detak jantungnya, kemudian juga menurunkan serendah mungkin panas badannya," ujar Muhadjir.

Dia melanjutkan, cara hibernasi tersebut dilakukan agar dapat bertahan hingga musim dingin berlalu.

"Supaya apa? Supaya dia tetap bertahan hidup tidak mati. Sehingga nanti bisa bangkit lagi setelah musim dingin berlalu. Itulah kondisi ekonomi dunia seperti yang disampaikan Scott Morrison di dalam sidang OECD," kata dia.

Baca Juga: Menko PMK: Melihat Jumlah Penduduk, Angka COVID-19 di RI Gak Istimewa

2. Indonesia bertahan lalu melakukan recovery

Dihantam COVID-19, Menko PMK Sebut Ekonomi Dunia Ibarat Beruang KutubPenyaluran bansos (Dok. Kemenko PMK)

Menurut Muhadjir, Indonesia juga melakukan hal yang sama untuk mempertahankan ekonomi. Setelah bertahan, maka Indonesia bisa melakukan recovery.

"Kita melakukan hal yang sama dan itu caranya adalah melakukan survivabilitas ekonomi. Setelah itu nanti kita melakukan recovery," ucapnya.

3. Pemerintah berupaya untuk mempertahankan ekonomi Indonesia

Dihantam COVID-19, Menko PMK Sebut Ekonomi Dunia Ibarat Beruang KutubANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Saat ini, tambah Muhadjir, pemerintah tengah melakukan berbagai cara agar ekonomi Indonesia bisa bertahan di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 ini.

"Saya menyebut survivabilitas ekonomi, artinya pemerintah saat ini lebih banyak berupaya bagaimana kondisi ekonomi bisa bertahan untuk sekadar hidup. Survival saja," jelasnya.

Baca Juga: Menko PMK: Karena COVID-19, Banyak Warga yang Mendadak Miskin

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya