Jokowi Targetkan Bansos Jangkau 55 Persen Warga Terdampak COVID-19

Jokowi tinjau langsung pembagian bansos di Bogor hari ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor Pos Kota Bogor. Usai peninjauan, Jokowi menargetkan bansos akan menjangkau kurang lebih 55 persen penduduk yang terdampak virus corona atau COVID-19.

Jokowi berharap dengan bansos tersebut, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari dan tidak ada yang kekurangan.

1. Jokowi targetkan bansos menjangkau 55 persen warga terdampak COVID-19

Jokowi Targetkan Bansos Jangkau 55 Persen Warga Terdampak COVID-19Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan, program bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah kepada masyarakat memang bervariasi. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa.

"Banyak sekali, sehingga kita harap bisa jangkau kurang lebih 55 persen dari penduduk kita, baik itu yang kurang mampu maupun terkena dampak pandemik COVID-19," kata Jokowi dalam keterangan pers di kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5).

Jokowi Targetkan Bansos Jangkau 55 Persen Warga Terdampak COVID-19Yang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: Kementerian Sosial Salurkan BST ke 102.727 KK di Kabupaten Tangerang

2. Jokowi berharap bansos bisa membantu daya beli masyarakat

Jokowi Targetkan Bansos Jangkau 55 Persen Warga Terdampak COVID-19Kemensos menyalurkan bansos untuk warga terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Jokowi berharap bantuan sosial yang diberikan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. Selain itu, diharapkan juga bisa memperkuat daya beli masyarakat.

"Kita harapkan dengan bansos ini kita bisa memperkuat daya beli masyarakat, sehingga nanti konsumsi domestik kita menjadi normal kembali. Itu yang kita harapkan," ucap presiden.

3. Jokowi berpesan agar pembagian bansos harus menerapkan protokol kesehatan COVID-19

Jokowi Targetkan Bansos Jangkau 55 Persen Warga Terdampak COVID-19Dok. Biro Pers Kepresidenan

Selama pembagian bansos berlangsung, Jokowi mengingatkan, agar tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengapresiasi, pembagian bansos di kantor Pos Bogor sudah sesuai protokol kesehatan.

"Saya lihat tadi semuanya berjalan dengan baik, antrean bagus dengan jaga jarak yang baik, semua pakai masker, dan sebelum uangnya diberi pun juga tangan dibersihkan dengan hand sanitizer. Protokol-protokol seperti itu yang harus kita jalankan," tutur Jokowi.

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: Bansos Tunai Tak Tepat Sasaran, Mensos Minta Pemda Lekas Perbarui Data

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya