Ini Kata Bawaslu soal IDI Tak Dilibatkan Tes Kesehatan Capres 2024

Bawaslu akan komunikasikan dengan KPU

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) buka suara tentang tidak dilibatkannya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam proses tes kesehatan untuk pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (bacapres dan bacawapres) untuk memenuhi syarat peserta Pemilu 2024.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebagai rumah sakit untuk digelarnya tes kesehatan tersebut. Pada Sabtu (21/10/2023), pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pasangan pertama yang menjalani tes kesehatan.

"Permasalahan itu kami komunikasikan dulu dengan teman-teman KPU, pasti ada pertimbangan oleh teman-teman KPU kenapa seperti itu," tegas Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023).

Namun menurutnya, tidak ditunjuknya IDI dalam proses ini tidak  menjadi masalah apabila sesuai aturan.

“Ada keharusan atau tidak? Itu pertanyaannya. Kalau sesuai aturan, jika tidak ada keharusan, ya, gak masalah,” kata Bagja.

Dikutip dari ANTARA, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengingatkan proses pemeriksaan kesehatan capres-cawapres dalam Pilpres 2024 mesti independen dan imparsial.

"Status kesehatan (capres-cawapres) harus dinyatakan oleh tim medis profesional dan imparsial (assessing physicians) yang dibentuk secara resmi dan khusus dengan anggota dari para dokter ahli yang kompeten dan memiliki kredibilitas tinggi di lingkungan profesinya,” kata mantan Ketua Tim Pemeriksa Capres-Cawapres dalam Pilpres 2014, Zubairi Djoerban, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Zubairi menjelaskan, Presiden dan Wakil Presiden adalah warga negara pilihan yang memiliki tanggung jawab besar sehingga memerlukan status kesehatan tertentu (jasmani dan rohani) agar mampu melaksanakan tugas-tugasnya demi kepentingan negara.

"Jika pada capres atau cawapres tidak ditemukan ketidakmampuan, maka akan dinyatakan tidak ditemukan faktor risiko yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk melaksanakan kewajiban sebagai Presiden dan Wakil Presiden," ucap dia.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Senyum Airlangga Hartarto Saat Ditanya soal Gibran Rakabuming Raka

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya