Comscore Tracker

Gerindra Beri Sinyal Prabowo Siap Koalisi dengan PDIP di 2024

Namun, gerindra masih fokus pada konsolidasi partai

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra memberikan sinyal siap berkoalisi dengan PDIP pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurut Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, pihaknya terbuka terhadap opsi merapat ke partai berlambang banteng tersebut.

"Kemungkinan koalisi itu bisa saja ada, karena kan namanya politik itu kan dinamis," ujar Dasco kepada IDN Times, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selama ini telah terjalin hubungan yang baik antara Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri. Sehingga, menurutnya tidak tidak ada alasan kedua partai tidak berkoalisi.

Baca Juga: 4 Hal Menarik di Balik Pengarahan Pilpres 2024 PDIP di Jateng

1. Belum ada perkiraan terkait posisi yang akan diambil

Gerindra Beri Sinyal Prabowo Siap Koalisi dengan PDIP di 2024M Taufik, Sufmi Dasco, Rani Maulani, Fraksi Gerindra (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menyoal posisi yang diambil dan siapa kader yang akan maju di Pilpres 2024, Dasco mengatakan Partai Gerindra belum membahasnya. 

"Kita tidak membayangkan, tidak berandai-andai. Karena kan politik ini hitungan, ya jadi nanti kita lihat mau berkoalisi dengan siapa, pasangannya siapa, posisinya apa itu ada waktunya," ujar Dasco.

2. Belum ada pembicaraan terkait pilpres

Gerindra Beri Sinyal Prabowo Siap Koalisi dengan PDIP di 2024ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Dasco mengaku bahwa partainya belum membicarakan soal pilpres. Ia menyebut bahwa pilpres masih jauh, dan terlalu dini untuk dibicarakan sekarang.

"Kami belum membicarakan soal pilpres, baik secara internal maupun pak Prabowo sendiri belum biacara soal pilpres," ujar Dasco.

Baca Juga: Survei Puspol Indonesia: Prabowo Ungguli Anies dan Ganjar 

3. Sedang fokus pada konsolidasi partai

Gerindra Beri Sinyal Prabowo Siap Koalisi dengan PDIP di 2024Ilustrasi bendera partai politik (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Alasan lainnya gerindra belum membicarakan pilpres selain terlalu dini, menurut Dasco, karena Gerindra saat ini sedang fokus dengan hal lain. 

"Partai gerindra saat ini masih konsentrasi pada konsolidasi partai, pilpres juga masih jauh, terlalu dini juga kalau kita kemudian bicara sekarang," ujar Dasco.

Baca Juga: Presiden PKS: Ada Potensi Besar Anies Menang Pilpres 2024

Topic:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya