140 Grup Relawan Jokowi Klaim 95 Persen Dukung Ganjar Capres 2024

Deklarasi relawan Jokowi dukung Ganjar dihadiri 7 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Organisasi relawan pendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang. Deklarasi tersebut diklaim dihadiri tujuh ribu orang dari ratusan 140 organisasi relawan Jokowi yang berpartisipasi.

Ketua Pelaksana Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar, Teddy Wibisana, membantah klaim mayoritas relawan Jokowi dukung Prabowo. Sebaliknya, menurutnya, 95 persen relawan yang mendukung Jokowi sejak 2014, kini beralih mendukung Ganjar.

"95 persen relawan Jokowi itu mendukung Ganjar. Hari ini adalah salah satu untuk menegaskan bahwa mayoritas relawan Jokowi itu adalah pendukung Ganjar 95 persen," kata Teddy dalam konferensi pers sebelum deklarasi di Basket Hall Senayan, Jakarta, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga: Ketua Relawan Joman: Tak Ada Relawan Jokowi, Sekarang Sibuk Cari Uang

1. Ganjar dinilai layak lanjutkan pemerintahan Jokowi

140 Grup Relawan Jokowi Klaim 95 Persen Dukung Ganjar Capres 2024Panitia deklarasi nasional relawan Jokowi dukung Ganjar Pranowo (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam dua periode pemerintahan, kata dia, Jokowi telah berhasil membawa kemajuan yang pesat bagi Indonesia. Menurut dia, pencapaian positif itu harus dilanjutkan.

Relawan Jokowi yang tergabung dalam deklarasi nasional mengklaim sosok yang tepat melanjutkan pembangunan Jokowi ialah Ganjar.

"Presiden Jokowi telah meletakkan fondasi Indonesia yang kuat menuju negara maju Sejahtera dan berkeadilan sosial. Keberhasilan ini harus terus dilanjutkan dan dijaga keberlangsungan dan kesinambungannya, oleh sosok pemimpin yang memiliki visi, misi dan prinsip yang sama dengan Pak Jokowi," jelas dia.

Baca Juga: PAN Usulkan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar atau Prabowo

2. Ganjar dinilai punya rekam jejak baik

140 Grup Relawan Jokowi Klaim 95 Persen Dukung Ganjar Capres 2024Ganjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Teddy menuturkan, rekam jejak kinerja Ganjar sebagai anggota DPR dan gubernur selama dua periode terbukti sangat baik. Menurut dia, politikus PDIP itu mampu hadir dan mendengar permasalahan rakyat. Sosoknya juga dikenal dekat dengan rakyat.

"Dengan memperhatikan prinsip-prinsip tersebut serta penilaian atas fakta-fakta konkret, kami gabungan dari organ-organ relawan pendukung Jokowi memandang bahwa mendukung Ganjar Pranowo sebagai penerus adalah sebuah pilihan logis dan rasional," ucap dia.

Di samping itu, kata Teddy, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang tidak terlibat dan menggunakan politik identitas atau SARA. "Ganjar Pranowo selalu berkomitmen menjaga keragaman dan toleransi," jelas dia.

"(Kita) siap memenangkan Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029," imbuh Teddy.

Baca Juga: Jokowi Ajak Rakyat Tolak Politik Identitas di Pemilu 2024

3. Mayoritas relawan Jokowi diklaim dukung Prabowo

140 Grup Relawan Jokowi Klaim 95 Persen Dukung Ganjar Capres 2024Ketua Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Ketua Umum Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer, mengatakan 90 persen relawan pendukung Prabowo Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pria yang akrab dipanggil Noel ini menuturkan, mayoritas pendukung Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 lalu kini mendukung Prabowo.

“Tak terbantahkan lagi, 90 persen relawan Pak Jokowi yang akan bahu-membahu di Pilpres 2014 dan 2019 secara bulat mendukung Prabowo untuk maju di 2024,” kata Immanuel dalam keterangannya, Senin (22/5/2023).

Hingga saat ini, banyak relawan Jokowi yang mendukung Prabowo. Bahkan belum lama ini, relawan Jokowi dan relawan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan dukungan ke Prabowo. Uniknya dalam kesempatan itu, dihadiri langsung oleh Gibran.

Dengan banyaknya dukungan itu, Noel meyakini tentu akan menambah energi dan semangat bagi simpatisan Prabowo. “Ini tambah energi dan tambah semangat kami sebagai pendukung Pak Prabowo, ” tutur dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya