Bicara Soal Kebebasan Pers, Ganjar: Jangan Baperan, Tidak Boleh Fitnah

Ganjar ingatkan kedewasaan dalam berpolitik

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, membahas soal kebebasan berekspresi khususnya di kalangan pers.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu mengaku pernah merasakan berbagai kritik hingga pujian dari awak media. Namun, dia menganggap hal itu sebagai masukan dari kebebasan pers.

"Kebebasan pers itu, kalau dihajar, saya sudah terlalu sering, dipuji juga pernah," kata Ganjar dalam Dialog Pers dan Capres PWI - Ganjar di kantor PWI pusat yang terletak di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

1. Ganjar ingatkan jangan baperan

Bicara Soal Kebebasan Pers, Ganjar: Jangan Baperan, Tidak Boleh FitnahGanjar Pranowo dalam acara IMGS 2023, Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election pada Jumat (24/11/2023). (dok. IDN Media)

Ganjar mengingatkan agar kritikan dalam kebebasan pers tersebut disikapi dengan dewasa.

"Yang perlu disikapi dari kita jangan baperan karena kita berada pada posisi itu tuh, anda itu wajib, wajib dikritik, wajib diini, jadi jangan baperan. Yang penting edukasinya dan tidak boleh fitnah," tutur dia.

Baca Juga: Ganjar: Pemilih Pemula Lebih Tertarik Gimik Ketimbang Ide

2. Ganjar singgung komedian stand up comedy banyak takut kritik

Bicara Soal Kebebasan Pers, Ganjar: Jangan Baperan, Tidak Boleh FitnahGanjar Pranowo bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Bali, pada Rabu (1/11/2023) (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyoroti kekhawatiran para komedian stand up comedy saat melayangkan kritikan. Ganjar menyebut siapapun boleh mengkritik dirinya.

"Jadi terkait dengan kebebasan dan kemerdekaan berekspresi, silakan. Bahkan anak-anak sekarang, para stand up komedian, jadi ketakutan semua. 'Mas kalau saya kritik ini gimana? Lho, saya kritik aja'. Tapi kalian nanti saya kritik jangan marah ya," ucap dia.

Baca Juga: Soal Kebocoran Data KPU, Cak Imin: Ada Upaya Ganggu Pemilu

3. Ganjar ingatkan pemerintah juga jangan baperan

Bicara Soal Kebebasan Pers, Ganjar: Jangan Baperan, Tidak Boleh Fitnah(IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ganjar juga mengimbau agar pemerintah tak mudah tersinggung saat mendapat kritikan dari berbagai pihak manapun, termasuk media.

"Dukungannya pemerintahnya gak boleh baperan kalau dikritik, itu dukung dulu, karena itu bagian dari kebebasan pers," tutur dia.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Terima Sumbangan Dana Kampanye, Mulai Rp10 Ribu

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya