Gerindra dan PAN Berharap Koalisi Berlanjut di Pemilu 2024 

PAN dan Gerindra pernah berkoalisi pada pemilu 2014 dan 2019

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra menggelar silaturahmi politik ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) di Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan Gerindra dan PAN sudah lama berhubungan dekat. Keduanya pernah berkoalisi dalam dua Pemilihan Umum (Pemilu) terakhir, yakni pada 2014 dan 2019.

Baca Juga: Baru Sekali Bertemu, PAN Klaim Hubungan dengan PDIP Teman tapi Mesra

1. Kerja sama politik PAN dan Gerindra di 2024 dimatangkan dalam pembicaraan

Gerindra dan PAN Berharap Koalisi Berlanjut di Pemilu 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muzani mengatakan kedua parpol terbuka untuk berkoalisi kembali pada Pemilu 2024 mendatang. Namun saat ini kedua partai masih melakukan pematangan.

"Kita sepakat kerja sama politik yang pernah dilakukan PAN dan Gerindra, 2014 dan 2019 diharapkan bisa dilanjutkan dalam pembicaraan-pembicaraan ke depan," kata Muzani.

Baca Juga: Jokowi Cawe-Cawe di 2024, Gerindra: Itu Hak Politik!

2. Gerindra dan PAN sepakat dukung sistem pemilu proporsional terbuka

Gerindra dan PAN Berharap Koalisi Berlanjut di Pemilu 2024 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain membahas peluang koalisi di 2024, Gerindra dan PAN juga sepakat mendukung sistem pemilu proporsional terbuka. Saat ini, sistem pemilu menuai polemik dan masih dilakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Gerindra dan PAN sepakat perlu melanjutkan pileg dengan sistem terbuka karena itu diharapkan memperkuat sistem demokrasi, dan posisi-posisi partai kepada anggota legislatifnya masing-masing," tutur Muzani.

Baca Juga: PAN Beri Sinyal Merapat ke PDIP, Gimana Nasib Golkar?

3. PAN nilai koalisi dengan Gerindra sangat mungkin

Gerindra dan PAN Berharap Koalisi Berlanjut di Pemilu 2024 Partai Gerindra gelar silaturahmi politik ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara Sekjen PAN, Eddy Soeparno, juga menyinggung rekam jejak PAN dan Gerindra. Bahkan pada Pemilu 2014 lalu, PAN mengusung kadernya, yakni Hatta Rajasa, sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

"Kita dengan Gerindra karena sudah dua pemilu kemarin bekerja sama dengan sangat baik, kalau mau bekerja ke depan kembali, tinggal klik saja, jadi memang inilah bentuk kerja sama yang memang sudah panjang terjalin bersama-sama," imbuh dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: PAN Beri Sinyal Merapat ke PDIP, Gimana Nasib Golkar?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya