Ini Deretan Diaspora dari Berbagai Dunia yang Dukung Ganjar-Mahfud

Total DPT di luar negeri mencapai 1,7 juta pemilih

Jakarta, IDN Times - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Ganjar Pranowo - Mahfud MD mendapat dukungan dari berbagai diaspora WNI di luar negeri.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah daftar pemilih tetap (DPT) secara keseluruhan terdapat 204.807.222 orang.

Total rekap nasional pemilih dalam dan luar negeri pada 514 kabupaten/kota dan 128 negara perwakilan, jumlah kecamatan 7.277, jumlah desa/kelurahan 83.731, jumlah TPS/TPSLN/Pos 823.220. Jumlah pemilih laki-laki 102.218.503, perempuan 102.588.719.

Sementara itu, untuk jumlah DPT yang berada di luar negeri tercatat ada 1.750.474. Dengan rincian jumlah pemilih laki-laki 751.260 dan perempuan 999.214.

Berikut ini dukungan diaspora WNI untuk Ganjar-Mahfud dari berbagai negara:

 

1. Diaspora Amerika Serikat

Ini Deretan Diaspora dari Berbagai Dunia yang Dukung Ganjar-Mahfudunsplash.com/charlotte harrison

Dukungan untuk pasangan Ganjar-Mahfud di Amerika Serikat (AS), datang dari Komunitas Indonesia yang berada di Negeri Paman Sam tersebut.

Dukungan terhadap Ganjar-Mahfud mereka ungkapkan dengan membacakan naskah sumpah pemuda saat menggelar acara bertajuk 'USA for Ganjar Mahfud'. Bahkan, deklarasi ini dilakukan di puluhan kota yang berada di AS.

“Kami mendeklarasikan dukungan dengan serentak untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan disiarkan beberapa menit lepas ditetapkannya Pak Mahfud sebagai pasangan Mas Ganjar," ujar Daniel Fu, salah satu anggota USA for Ganjar Mahfud, pada Jumat (27/10/2023).

Daniel menambahkan, “USA for Ganjar Mahfud” ingin menegaskan komitmennya dalam mendukung Ganjar-Mahfud sebagai pemimpin yang dipercaya untuk menjalankan amanat UUD 1945 secara jujur, adil, dan berintegritas.

Deklarasi ini juga disampaikan beriringan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda dan ulang tahun Ganjar Pranowo yang ke 55.

Baca Juga: KPU Resmi Tetapkan Tiga Paslon Presiden dan Wapres

2. Diaspora Hong Kong

Ini Deretan Diaspora dari Berbagai Dunia yang Dukung Ganjar-Mahfudilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Sementara di Hong Kong, 500 diaspora WNI pekerja menggelar deklarasi dukungan dalam upaya pemenangan nasional Ganjar Pranowo di Victoria Park, Couseway Bay Hong Kong, pada Senin (23/10/2023).

Ketua Tim Pemenangan Ganjar Hong Kong, Michale Cheng menyebut deklarasi tersebut diikuti oleh 18 organisasi relawan.

“Kami yakin Ganjar Pranowo akan meraih suara terbanyak di Hong Kong. Para Sahabat Ganjar berjanji akan mendukung kebijakan dan program yang diusung Ganjar demi kesejahteraan buruh migran,” ungkap Michale Cheng.

Michale kemudian menambahkan, dukungan terhadap Ganjar mayoritas berasal dari latar belakang seperti pekerja migran, tokoh budaya, seniman, dan pelajar.

Baca Juga: TKN Endus Akan Ada Aksi Massa Tolak KPU Tetapkan Prabowo-Gibran

3. Diaspora Australia

Ini Deretan Diaspora dari Berbagai Dunia yang Dukung Ganjar-Mahfudilustrasi Australia (unsplash.com/Stephen Tafra)

Dukungan untuk Ganjar-Mahfud juga datang dari Australia. Mereka tergabung dalam jejaring relawan Ganjar yaitu Ganjarist, Kasmaran Ganjar, dan GP-Link.

Mereka mengadakan deklarasi dukungan di sekitar pusat kota Sydney akhir pekan lalu, tepatnya di Harbour Lawn di Royal Botanic Gardens, New South Wales.

Deklarasi tersebut juga dihadiri salah satu tokoh dari Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ganjar-Mahfud, Siti Mariani.

"Saya mewakili TKRPP menyampaikan beribu terima kasih tak terhingga kepada seluruh relawan Ganjar di Australia atas gerakan dukungan yang luar biasa untuk pemenangan Ganjar-Mahfud sebagai pimpinan nasional," ungkap Siti Mariani.

Baca Juga: Gen Z, Yuk Simak Fungsi hingga Wewenang DPD RI Sebelum Memilih

4. Diaspora Eropa

Ini Deretan Diaspora dari Berbagai Dunia yang Dukung Ganjar-MahfudGanjar Pranowo dan Mahfud MD hadir dalam undangan ngunduh mantu putra ketiga KH. M Mustofa Aqil Siroj di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon (IDN Times/Istimewa)

Komunitas Diaspora Indonesia, yang dikenal dengan sebutan Eropa Bersatu, mengadakan sebuah acara besar di kota Vught, Belanda.

Acara tersebut bertajuk "Kampanye Akbar: Eropa Bersatu untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD" sebagai bentuk dukungan dan respons terhadap situasi politik yang mengkhawatirkan di Tanah Air akhir-akhir ini dengan pendekatan yang berbeda.

Acara ini berlangsung di lokasi yang bisa menampung hingga 700 pengunjung dan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, termasuk sesi siaran langsung dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden, perwakilan dari TPN Ganjar-Mahfud, hingga pertunjukan budaya, pasar seni, dan bazaar kuliner Indonesia.

Ketua Panitia Kampanye Akbar, Bambang Ponco menjelaskan bahwa komunitas Diaspora Indonesia di Eropa bertujuan untuk menginspirasi semangat para relawan.

Ini ditujukan agar para relawan memantapkan dukungan mereka pada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Akbar menginginkan agar kegiatan ini mendapatkan dukungan luas, terutama dari para pendukung Ganjar-Mahfud di wilayah Eropa.

"Kami mengajak dan mendorong semua pendukung Ganjar-Mahfud untuk menunjukkan kesetiaan sebagai relawan dengan tujuan memenangkan Ganjar-Mahfud,” ungkapnya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya