Jokowi Lepas Bantuan Berupa Tenda, Makanan, Obat ke Palestina

Bantuan berasal dari pemerintah dan lembaga masyarakat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Paket bantuan kemanusiaan seberat 51,5 ton itu dikirim dengan menggunakan tiga pesawat hercules.

Jokowi menjelaskan, paket tahap pertama yang dikirim berupa perlengkapan tidur, tenda, obat-obatan, makanan, dan sejumlah kebutuhan logistik lainnya. Indonesia akan terus mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina.

"Ini adalah bantuan tahap pertama, di bawa menggunakan tiga pesawat dan berisi 51,5 ton bantuan. berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah di disesuaikan dengan kebutuhan yg ada di Gaza (Palestina). Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan," kata dia saat melepas bantuan ke Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma.

1. Bantuan dikirim ke Palestina melalui Mesir

Jokowi Lepas Bantuan Berupa Tenda, Makanan, Obat ke PalestinaPresiden Joko "Jokowi" Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari ini, Sabtu (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jokowi menuturkan, bantuan itu akan dikirim ke Bandara El-Arish, Mesir untuk kemudian dikoordinasikan ke masyarakat Palestina yang menjadi korban perang.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan menuju ke bandara El-Arish di Mesir kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza," ucap dia.

Baca Juga: 4 Potret Aksi Solidaritas untuk Warga Palestina

2. Bantuan berasal dari pemerintah dan sejumlah lembaga

Jokowi Lepas Bantuan Berupa Tenda, Makanan, Obat ke PalestinaIndonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dari Landud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun, bantuan logistik dari Indonesia yang diberikan kepada warga Palestina itu tak hanya dari pemerintah. Jokowi menyebut sejumlah lembaga kemanusiaan dan agama juga turut memberikan bantuan sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina.

"Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusian, ada dari Baznas, IHA, PMI, Kita Bisa, dan juga pemerintah, TNI Polri yang selanjutnya kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha," tutur Jokowi.

Baca Juga: Israel Bunuh 10 Warga Palestina di Tepi Barat

3. Indonesia akan terus bersama Palestina

Jokowi Lepas Bantuan Berupa Tenda, Makanan, Obat ke PalestinaIndonesia kirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dari Landud Halim Perdanakusuma, Jakarta (4/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jokowi lantas berkata, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Indonesia terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Menurutnya, peristiwa yang juga menewaskan masyarakat sipil itu tidak bisa ditolerir dan harus segera dihentikan. Dia menegaskan bahwa Republik Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan Bangsa Palestina.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusian, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin harus dihentikan. Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina," imbuh dia.

Untuk diketahui, dalam pelepasan pengiriman bantuan itu, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, turut mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Kitabisa Kumpulkan Dana Rp30 Miliar untuk Warga Palestina

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya