KPU Ralat Jadwal Debat Capres dan Cawapres

Debat akan digelar di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meralat jadwal debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Komisioner KPU RI, August Mellaz, memastikan jadwal debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024 digelar sebanyak lima kali. Jadwal debat capres - cawapres tersebut dimulai pada Selasa, 12 Desember 2023. Kemudian ditutup pada Minggu, 4 Februari 2024.

Mellaz meralat jadwal debat capres dan cawapres yang sebelumnya diumumkan oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

"Debat akan dilaksanakan sebanyak lima kali dan dilaksanakan di Jakarta," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

1. Jadwal lengkap debat capres dan cawapres

KPU Ralat Jadwal Debat Capres dan CawapresIlustrasi calon presiden (capres) saat berkampanye (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berikut ini jadwal lima debat capres dan cawapres:

  1. Selasa, 12 Desember 2023
  2. Jumat, 22 Desember 2023
  3. Minggu, 7 Januari 2024
  4. Minggu, 21 Januari 2024
  5. Minggu, 4 Februari 2024

"Demikian informasi dan sekaligus mengklarifikasi sejumlah berita yang beredar," ucap Mellaz.

Baca Juga: Bawaslu Putuskan KPU Langgar Aturan Kuota Caleg Perempuan

2. Debat capres cawapres akan dibuat lebih menarik

KPU Ralat Jadwal Debat Capres dan CawapresKetua KPU RI Hasyim Asy'ari bersama sejumlah komisioner di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, KPU menggelar diskusi dengan sejumlah pihak untuk merumuskan tema dan isu strategis terkait pelaksanaan debat pasangan capres dan cawapres dalam Pemilu 2024.

Adapun sejumlah lembaga yang diundang di antaranya perwakilan dari Kemendagri, Walhi, Kemenaker, Menko PMK, IESR, Fisipol UGM, Bappenas, Kemenko Perekonomian, hingga perwakilan paslon.

Hasyim menuturkan, pihaknya meminta masukan dari berbagai pihak agar jalannya debat lebih berkualitas. Dia tak memungkiri, debat capres dan cawapres yang digelar KPU kerap menuai kritik dari masyarakat.

"Oleh karena itu, mohon bantuan bapak ibu untuk memberikan masukan kepada kami tentang metode yang pas, yang tepat. Yang kemudian debatnya sering kali kan dikritik debatnya kayak cerdas cermat ya kira-kira begitu," kata Hasyim dalam sambutan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga: Soal Kebocoran Data KPU, Cak Imin: Ada Upaya Ganggu Pemilu

3. Tema debat membahas isu nasional hingga global

KPU Ralat Jadwal Debat Capres dan CawapresKetua KPU RI, Hasyim Asy'ari bersama jajaran Anggota KPU dalam konferensi pers Penetapan dan Pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR RI Pemilu Tahun 2024. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPU berharap debat calon presiden dan wakil presiden berjalan realistis dan keberlanjutan. Sebab, tema yang dibahas harus sesuai dengan situasi geopolitik regional maupun global.

"Demikian juga isu-isu kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dan seterusnya itu juga supaya mohon maaf ya, sekali lagi para calon itu tidak bicara sembarangan, karena program sudah ada, uangnya juga sudah ditentukan, supaya kemudian nanti syukur-syukur bapak ibu dari Kementerian Bappenas, Kemenkeu dapat memaparkan sebagai bahan nanti kami berbicara kepada pasalon mengenai situasi keuangan seperti apa," jelas Hasyim.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya