Partai Bulan Bintang Deklarasi Dukung Prabowo Capres pada 30 Juli 

Yusril sebut PBB dan Gerindra punya kesamaan pandangan

Jakarta, IDN Times - Partai Bulan Bintang (PBB) akan segera menyatakan dukungan terhadap Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2023) malam.

Baca Juga: Jokowi Alasan PBB Dukung Prabowo Subianto Jadi Presiden 2024

1. Deklarasi dukung Prabowo akan digelar 30 Juli 2023

Partai Bulan Bintang Deklarasi Dukung Prabowo Capres pada 30 Juli Pertemuan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Yusril menegaskan, deklarasi dukungan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra itu akan dilaksanakan pada 30 Juli 2023.

Dengan begitu, hingga saat ini ada tiga partai yang mendeklarasikan Prabowo sebagai capres, yaitu Partai Gerindra, PKB, dan PBB.

"Bersama dengan itu PBB akan melakukan deklarasi dukungan terhadap Pak Prabowo tanggal 30 Juli yang akan datang. Itu bersamaan dengan hari ulang tahun PBB yang sebenarnya jatuh pada hari ini dan malam ini kita adakan kegiatan di sini," kata Yusril.

Baca Juga: Yusril dan Putranya Ikut Nyaleg, Berharap Lolos di Pileg 2024 

2. Jajaran pimpinan PBB beberapa kali bertemu dengan Gerindra

Partai Bulan Bintang Deklarasi Dukung Prabowo Capres pada 30 Juli Pertemuan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis, 6 April 2023 (dok. Tim Media Prabowo)

Yusril menuturkan, pimpinan pusat PBB sudah beberapa kali bertemu dengan Prabowo. Setelah silaturahmi dan berdiskusi, PBB yakin akan bergabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra dan PKB.

"Kami dengan Pak Prabowo sudah ada beberapa kali pertemuan kebangsaan dan diskusi. Dan sampai pada kesimpulan bahwa PBB bersama dengan Gerindra dan PKB," jelas dia.

Baca Juga: Zulhas dan Yusril Silaturahmi Politik Bahas Kerja Sama PAN-PBB di 2024

3. PBB punya banyak kesamaan dengan Gerindra

Partai Bulan Bintang Deklarasi Dukung Prabowo Capres pada 30 Juli Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Yusril lantas menjelaskan alasan PBB mendukung Prabowo sebagai Capres 2024. Dia mengatakan, Prabowo merupakan sosok yang nasionalis sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan rakyat.

Selain itu, kata Yusril, Gerindra dan PBB punya banyak kesamaan. PBB juga sempat bergabung ke dalam koalisi pendukung Prabowo pada Pilpres 2014 lalu.

"Kita memilih yang lebih nasional bagi kami sebenarnya, lebih menjangkau keseluruhan rakyat Indonesia yang beragam, dibandingkan dengan calon-calon yang lain," tutur dia.

"Kesamaan pandangan itu sebenarnya sudah lama, ya, karena dalam Pilpres 2014 kami mendukung Pak Prabowo, tapi Pilpres 2019 kami gak mendukung karena waktu itu negosiasinya tidak tuntas," lanjut Yusril.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya