Zulhas dan Yusril Silaturahmi Politik Bahas Kerja Sama PAN-PBB di 2024

Silaturahmi politik Yusril dan Zulhas digelar di DPP PAN

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menggelar silaturahmi politik dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Kalibata, Pancoran, Jakarta, Kamis (13/4/2023) malam.

Yusril menjelaskan, dalam pertemuan sekitar satu jam antara PAN dan PBB itu membahas adanya kemungkinan kedua parpol bernapaskan Islam itu bekerja sama di Pemilu 2024.

"Mungkin gak kita kerja sama saksi-saksi karena saksi-saksi itu banyak sekali diperlukan dan biayanya juga lumayan mahal," kata Yusril kepada awak media.

Baca Juga: PBB Silaturahmi Politik ke DPP PAN, Yusril: Bahas Capres dan Cawapres

1. PBB dan PAN usulkan kerja sama soal tim saksi di TPS

Zulhas dan Yusril Silaturahmi Politik Bahas Kerja Sama PAN-PBB di 2024Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Yusril mengatakan, salah satu kerja sama yang berpotensi dibangun ialah membentuk tim saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Misalnya, tim saksi TPS dari PBB turut melakukan perhitungan suara untuk PAN, demikian pula sebaliknya.

"Apakah bisa misalnya bekerja sama tentang saksi-saksi PBB kemudian juga mencatat perhitungan suara untuk PAN. Apa, PAN mencatat juga buat PBB, ketika tak kuat di daerah itu," ujar Yusril.

Baca Juga: Zulhas Tegaskan PAN Belum Dukung Sosok Capres Koalisi Besar

2. Yusril dan Zulhas bahas tantangan Indonesia ke depan

Zulhas dan Yusril Silaturahmi Politik Bahas Kerja Sama PAN-PBB di 2024Partai Bulan Bintang (PBB) menggelar silaturahmi politik ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN pada Kamis (13/4/2023) malam (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, Yusril memastikan dirinya juga bersama Zulhas membahas mengenai tantangan dan masalah bangsa Indonesia ke depan. Bagaimana cara Indonesia menghadapi krisis dunia yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

"Jangan sampai terjadi krisis dan kalau itu terjadi, bagaimana kita harus antisipasi mengatasi dari krisis itu," jelas dia.

Baca Juga: Di Hadapan Yusril, Prabowo: Kalau PBB Tak Dukung Saya Kebangetan

3. Silaturahmi politik antar parpol dinilai sangat penting

Zulhas dan Yusril Silaturahmi Politik Bahas Kerja Sama PAN-PBB di 2024Partai Bulan Bintang (PBB) menggelar silaturahmi politik ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN pada Kamis (13/4/2023) malam (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan yang sama, Zulhas menegaskan silahturahmi antar partai politik sangat penting untuk membangun demokrasi, terlebih kegiatan itu dilakukan di bulan suci ramadan.

"Dengan silaturahmi itu paling tidak separuh persoalan selesai kalau ketua-ketua partai saling berkunjung, saling ketemu," ungkap Zulhas dalam kesempatan itu.

Dia juga menyebut dalam diskusinya dengan Yusril juga membahas pentingnya komitmen kebangsaan.

"Agar kita ini menjadi hangsa yang produktif. Karena kita ingin menjadi negara maju pada 2045," tegas Zulhas.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya