Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo pada 2 September

Akan dihadiri Prabowo secara langsung

Jakarta, IDN Times - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia akan menggelar deklarasi dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Acara tersebut akan digelar di Djakarta Theater, di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Sabtu (2/9/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gelora, Mahfuz Sidik, memastikan, deklarasi juga akan dihadiri oleh para kader partai.

"Deklarasi Partai Gelora Indonesia mendukung Prabowo Subianto sebagai capres akan dilaksanakan pada Sabtu, 2 September 2023," kata dia dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Cawapres Kompetitif Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

1. Akan dihadiri langsung Prabowo Subianto

Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo pada 2 SeptemberMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mahfuz menegaskan, deklarasi tersebut akan dihadiri secara langsung oleh Prabowo.

Dalam deklarasi ini, kata Mahfuz, Partai Gelora juga akan mengundang pimpinan partai koalisi pendukung Prabowo Subianto, yakni Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar, PAN dan PBB, serta partai politik yang akan masuk barisan koalisi

"Deklarasi akan dihadiri langsung oleh Pak Prabowo. Kami juga akan mengundang para pimpinan parpol koalisi," ujar Mahfuz.

Baca Juga: Partai Ummat Luruskan Pernyataan Amien Rais soal Kans Dukung Prabowo

2. Jajaran pengurus daerah hadir secara langsung dan daring

Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo pada 2 SeptemberSilaturahmi politik jajaran Partai Gerindra dan Partai Gelora (dok. Humas Partai Gelora)

Mahfuz menuturkan, seluruh pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) dan seluruh pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari 38 provinsi akan hadir dalam deklarasi dukungan tersebut.

Sementara, 514 pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari kabupaten/kota seluruh Indonesia akan mengikuti acara deklarasi secara daring.

"Seluruh pimpinan pusat dan provinsi Partai Gelora hadir dalam deklarasi, dan diikuti pula oleh seluruh pimpinan kota/kabupaten melalui aplikasi daring," ucap dia.

Baca Juga: Ribuan Kader Gerindra dan Relawan Prabowo Gelar Konsolidasi di Condet

3. Alasan Partai Gelora dukung Prabowo

Partai Gelora Deklarasi Dukung Prabowo pada 2 SeptemberSekjen Partai Gelora Mahfuz Sidiq saat pertemuan teknis Partai Gelora dan Partai Gerindra, Jakarta, Sabtu (19/8/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Keputusan Partai Gelora untuk mendukung Prabowo dilakukan setelah proses komunikasi intensif dengan Prabowo Subianto dan pimpinan Gerindra lainnya sejak Maret 2023 lalu.

Setelah ada kesepakatan prinsip, Partai Gelora melakukan sosialisasi ke seluruh pimpinan wilayah (tingkat provinsi) dan daerah (kabupaten/kota) untuk memastikan dukungan sikap yang sama.

"Alhamdulillah, pada pertengahan Agustus lalu, kami sudah menerima surat dukungan dari 38 pimpinan wilayah tingkat provinsi yang mewakili 514 pimpinan daerah tingkat kabupaten/kota. Mereka semua bulat bersepakat mendukung Prabowo Subianto sebagai capres dukungan Partai Gelora Indonesia," katanya.

Dia menuturkan, keputusan Partai Gelora mendukung Prabowo di antaranya karena memiliki kesamaan ideologi dan narasi sehingga memiliki pemahaman yang sama terhadap situasi geopolitik. Termasuk perlunya Indonesia menjadi negara yang kuat.

Selain itu, Partai Gelora juga memiliki misi bersama Prabowo untuk menggalang kekuatan tengah untuk menyukseskan Pemilu 2024 dan menguatkan demokrasi Indonesia.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani dan para petinggi Partai Gerindra melakukan silaturahmi ke Partai Gelora pada Sabtu (19/8/2023).

Kedatangan mereka diterima oleh Sekjen Partai Gelora Mahfuz Sidik di Kantor Gelora Media Center di Jalan Patra Kuningan, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Partai Gerindra menyampaikan secara langsung ajakan kepada Partai Gelora untuk mendukung Prabowo pada Pilpres 2024.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Jurkamte, Strategi Gerindra Menangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya