Pecinta Sepak Bola Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran dinilai bisa majukan sepakbola Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ratusan pecinta sepak bola di Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. 

Tokoh Suporter Pasuruan Jawa Timur, Sumardi, menuturkan jika dukungan itu diberikan lantaran gagasan Prabowo-Gibran dianggap lebih konkret mendorong kemajuan sepak bola tanah air ke depan.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam aksi deklarasi dukungan kepada Prabowo dan Gibran dalam acara bertajuk Deklarasi Dukungan Mantan Pemain dan Suporter Sepak Bola Indonesia Pilih Prabowo-Gibran.

Acara dihadiri para eks pemain Timnas Indonesia serta pecinta sepak bola Jawa Timur.

Baca Juga: KPU, Anwar Usman, Jokowi Digugat ke PN Jakpus Imbas Pendaftaran Gibran

1. Dinilai bisa majukan sepakbola di kancah internasional

Pecinta Sepak Bola Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

Sumardi meyakini, kepemimpinan Prabowo-Gibran akan semakin membawa kejayaan sepak bola di tanah air. Pihaknya optimis bawah kepemimpinan keduanya, sepak bola Indonesia bisa menjadi lebih berprestasi di kancah internasional.

"Di tangan Pak Prabowo dan Mas Gibran bisa memajukan Timnas Indonesia dan membawa sepakbola Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depannya," kata Sumardi dalam keterangannya, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga: Pengembalian KTA Gibran Jadi Drama, PDIP: Bukan Skenario Kami

2. Dinilai mampu tampung potensial anak muda

Pecinta Sepak Bola Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-Gibranilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, mantan Penjaga Gawang Timnas Indonesia U-16 Yusuf Wahyu Prayudha mengatakan, kepemimpinan Prabowo-Gibran membuka peluang para pemain sepak bola muda potensial di Indonesia. Bahkan, semakin mendekatkan pada cita-cita Timnas Indonesia masuk ke Piala Dunia.

"Semoga dengan adanya Pak Prabowo dan Mas Gibran nantinya bisa menjawab cita-cita bangsa Indonesia yaitu bisa berdiri di puncak tertinggi sepakbola, yaitu Piala Dunia," ujarnya.

Oleh sebabnya, Yusuf berharap agar seluruh masyarakat khususnya di Jawa Timur dapat dengan yakin memberikan dukungan kepada duet Prabowo - Gibran pada Pilpres 2024 mendatang.

"Sehingga semakin mendorong hadirnya kemajuan terkhusus bagi sepak bola Indonesia di masa depan," beber dia.

Baca Juga: DPR Berharap Jokowi Lantik Panglima TNI Baru Sebelum 26 November 

3. Kunci kemenangan Prabowo-Gibran di kalangan anak muda dan pendukung Jokowi

Pecinta Sepak Bola Jawa Timur Deklarasi Dukung Prabowo-GibranPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, memprediksi bahwa pemilih kuat Prabowo-Gibran berasal dari kalangan anak muda dan simpatisan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Bahkan segmentasi dukungan itu jadi penentu peluang kemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kunci kemenangan Prabowo memang selain kaum gen Z dan milenial akan datang dari pemilih tradisional hingga pendukung garis keras Jokowi,” ujar Jerry dalam keterangannya.

Jerry juga menjelaskan, dukungan dari kalangan muda dan milenial tersebut menjadi sentimen positif bagi duet KIM di Pilpres 2024. Sebab, suara pemilih muda hingga generasi Z mencapai 56 persen dari total pemilih pada pesta demokrasi mendatang.

Dia menambahkan, terpilihnya Gibran sebagai pendamping Prabowo memberi dampak positif. Sebagai seorang yang masih berusia 36 tahun Gibran dinilai sebagai sosok yang mewakili eksistensi anak muda di kancah nasional.

“Suara yang akan menentukan kemenangan Prabowo-Gibran yakni suara milenial dan generasi Z hampir mencapai 56 persen dari total pemilih 2024,” kata dia.

Sementara itu, dalam survei yang dihimpun oleh Polling Institute periode 25 sampai 8 Oktober 2023.

Berdasarkan hasil survei tersebut Prabowo-Gibran terbanyak dipilih generasi muda. Terbukti di segmentasi pemilih di bawah umur 21 tahun, pasangan ini mendapatkan dukungan sebesar 46 persen.

Dukungan tersebut melebihi pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar di angka 24,5 persen dan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 23,7 persen.

Hasil tak jauh berbeda terlihat dari temuan survei pada kelompok rentan umur 22 sampai 25. Hasilnya memperlihatkan Prabowo-Gibran tetap unggul dengan perolehan 46,8 persen.

Sementara Ganjar-Mahfud memperoleh 33,7 persen dan Anies-Muhaimin 15,2 persen. Dukungan masif tidak hanya datang dari generasi muda, Jerry melanjutkan, dukungan terhadap Prabowo-Gibran juga akan semakin menguat dengan adanya pendukung garis keras Jokowi.

Baca Juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran Tinggi, Peluang Menang Satu Putaran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya