Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Modal Jadi Cawapres

PAN dorong Erick Thohir maju di Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi salah satu sosok yang digadang-gadang layak maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Pengamat Politik UIN Jakarta Ahmad Bakir Ihsan menilai, kondisi tersebut tak terlepas dari sejumlah keunggulan yang dimiliki Erick Thohir sampai saat ini.

1. Erick disebut punya modal kuat di 2024

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Modal Jadi CawapresIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menjelaskan, Erick Thohir punya modal kuat menghadapi Pilpres 2024. Ketua Umum PSSI itu dinilai punya citra yang baik di mata masyarakat.

"Semua modal yang dimiliki Erick Thohir baik posisi maupun identitas lainnya," kata Bakir dalam keterangannya, Kamis (8/6/2023).

Menurut dia, modal tersebut bisa membawa imbas besar secara elektoral. Sehingga peluang kemenangan di Pilpres 2024 terbuka.

Namun, kata Bakir, modal tersebut harus dibarengi dengan dukungan dari partai politik. Belakangan berbagai sinyal positif semakin kuat diberikan sejumlah parpol terhadap Erick Thohir.

Menurut Bakir, perlu ada tim khusus yang konsisten berkomunikasi dengan partai politik untuk membahas peluang pada Pilpres 2024 mendatang.

"Sejatinya pintu elektoral yang dapat diakumulasi," ujar Bakir menerangkan.

"Tinggal apakah modal tersebut mendapat ruang di partai politik untuk dipasarkan, di sinilah perlu tim khusus yang intens melobi partai untuk membuka pintunya lebar-lebar untuk Erick Thohir," lanjut dia.

Baca Juga: PAN Pertimbangkan Duet Airlangga-Zulhas pada Pilpres 2024

2. PAN sebut Erick Thohir masuk menu wajib dibahas setiap pertemuan parpol

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Modal Jadi CawapresSekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) semakin gencar menyodorkan nama Erick Thohir bersaing dalam Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno yang menegaskan, nama Erick Thohir menjadi menu wajib untuk dibahas dalam setiap pertemuan dengan parpol lain.

Oleh sebabnya, dia memastikan nama Erick Thohir juga dibahas saat PAN bertemu dengan PDIP maupun dengan Partai Gerindra.

"Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra)," kata dia kepada awak media usai menggelar pertemuan dengan Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan pada Senin, 5 Juni 2023.

Eddy menjelaskan, PAN sendiri memang memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir. Bahkan Ketua Umum PSSI itu kerap hadir dalam kegiatan dan acara besar bersama PAN.

Dia juga menyoroti gaya berbusana Erick Thohir yang belakangan sering mengenakan kemeja bernuansa biru. Menurutnya, hal itu senada dengan warna khas dari PAN.

"Bahkan akhir-akhir ini kok kelihatan sering menggunakan kemeja bernuansa biru, pakaian bernuansa biru. Jadi kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir itu sudah sangat kental," kata dia.

Baca Juga: Sekjen PAN: Saya Yakin Hati Erick Thohir Sudah Biru

3. PAN usulkan Erick Thohir jadi cawapres Ganjar atau Prabowo

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Modal Jadi CawapresMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengatakan partainya mengusulkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Yandri usai pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 2 Juni 2023.

"Ya antara (capres) Ganjar dan Prabowo, tentu kita ngusung wakilnya Erick," ujar Yandri.

Yandri mengatakan, setelah pertemuan dengan PDIP, PAN juga berencana bertemu dengan Partai Gerindra.

"Ya InsyaAllah dalam waktu dekat Gerindra ke DPP PAN," kata dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Puan Ungkap Mahfud, Erick hingga AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya