Publik yang Puas dengan Kinerja Jokowi Mayoritas Dukung Erick Thohir

Elektabilitas Erick Thohir naik usai Timnas raih emas

Jakarta, IDN Times - Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo berimbas positif terhadap sejumlah tokoh yang dekat dan berada di lingkarannya. Imbas positif tersebut juga dirasakan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir yang disebut sebagai salah satu menteri andalan Jokowi.

Berdasarkan hasil temuan terbaru dari Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, Erick Thohir merupakan cawapres terkuat saat ini dengan elektabilitas tertinggi. Eks Presiden Inter Milan ini terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,5 persen sebagai cawapres dan bertengger di posisi pertama dalam bursa Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Rakernas III PDIP, Jokowi dan Megawati Akan Pidato Tertutup

1. Mayoritas masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi dukung Erick Thohir

Publik yang Puas dengan Kinerja Jokowi Mayoritas Dukung Erick Thohir(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Hasil survei tersebut juga menunjukkan Erick Thohir mendapatkan dukungan dari masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Jokowi. Terlihat dari survei, mayoritas masyarakat yang puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi mendukung Erick Thohir.

Dari total keseluruhan, Erick Thohir mendapatkan dukungan paling besar di antara kandidat lainnya, yakni di angka 16,2 persen. Sedangkan di belakangnya, ada Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil dengan total dukungan sebesar 15,0 persen.

Baca Juga: Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan Partai

2. Elektabilitas Erick Thohir meningkat usai Timnas Indonesia dapat medali emas

Publik yang Puas dengan Kinerja Jokowi Mayoritas Dukung Erick ThohirKetua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan, elektabilitas yang dimiliki oleh Erick Thohir terekam tengah melonjak naik. Hal itu berbanding terbalik dengan pesaingnya, Ridwan Kamil.

Dia menjelaskan, elektabilitas cawapres Erick Thohir terekam naik lantaran keberhasilannya di dunia sepak bola yang telah berhasil memenangkan medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023. Keberhasilan ini mengakhiri puasa medali emas Indonesia di ajang SEA Games dalam 32 tahun terakhir.

“Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas menjadi 15,5 persen dan memuncaki klasemen cawapres,” kata dia dalam konferensi pers bertajuk ‘Saling Salip Elektabilitas Capres Cawapres Jelang Pemilu 2024’, Senin (5/6/2023).

"Erick Thohir seperti stating the obvious atau menjelaskan yang sudah jelas yakni karena momentum medali emas sepak bola Indonesia,” sambung dia.

Baca Juga: Muncul Baliho 'Menang Bersama' Prabowo dan Jokowi, Ini Kata Gerindra

3. Jadi loyalis Jokowi, Erick Thohir disebut layak jadi cawapres

Publik yang Puas dengan Kinerja Jokowi Mayoritas Dukung Erick Thohirilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Burhanuddin juga menjelaskan, Erick Thohir semakin banyak dilirik karena statusnya yang disebut sebagai loyalis Jokowi.

Status tersebut dinilai mampu mendukung upaya pemenangan calon presiden (capres) di kontestasi demokrasi 2024 mendatang.

“Di antara nama yang menguat menurut saya adalah Erick Thohir. Karena Erick Thohir ini satu loyalis Pak Jokowi,” kata Burhanuddin dalam keterangannya pada Minggu (4/6/2023).

Burhanuddin menuturkan, Erick Thohir dapat memuluskan restu dari Jokowi untuk capres yang didampingi pada Pilpres 2024 mendatang.

Dia memberikan contoh, capres Gerindra yang membutuhkan restu dari Jokowi agar memperoleh kemenangan di ajang pilpres ketiganya.

“Pak Prabowo sedang mendekat untuk mendapatkan blessing-nya (restunya) Pak Jokowi dan banyak sinyalemen yang menunjukkan kedekatan antara Prabowo dan Erick Thohir,” imbuh Burhanuddin.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, mengatakan bahwa Erick Thohir memang punya hubungan dekat dengan Jokowi.

Erick Thohir sempat dipercaya jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi pada Pemilu 2019 lalu.

“Erick Thohir memang dekat dengan Jokowi. Erick Thohir jasanya besar ke Jokowi karena ketua tim pemenangan dulu,” kata Ujang dalam keteranganya.

Oleh sebab itu, Ujang menuturkan, bukan tidak mungkin Jokowi mendukung Erick Thohir sebagai cawapres.

“Saya sih meyakini Jokowi mendukung Erick Thohir tapi dalam konteks cawapres,” kata Ujang.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis Jokowi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya