Sambut Tawaran PDIP, Zulhas Akui Ganjar Calon Kuat di 2024 

PAN dan PDIP gelar penjajakan politik

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkapkan rasa senang dan puasnya dalam melakukan penjajakan kerja sama politik dengan PDI Perjuangan (PDIP), pada Jumat,(2/6/2023).

Pria yang akrab dipanggil Zulhas itu mengakui sosok Ganjar Pranowo merupakan calon kuat capres PAN di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut disampaikan Zulhas kepada jajaran Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalimantan Tengah (Kalteng) di sela-sela Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) II di Ballroom M. Bahalap Hotel, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga: Megawati Beberkan PDIP Punya Tim Koordinasi Relawan Ganjar ke Zulhas

1. PAN apresiasi tawaran Ganjar nyapres

Sambut Tawaran PDIP, Zulhas Akui Ganjar Calon Kuat di 2024 Ganjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Dia mengungkapkan urusan capres dan cawapres juga dibicarakan dalam pertemuan PDIP dan PAN tersebut. Menurutnya, PDIP menawarkan PAN bersama-sama mendukung Ganjar.

Zulhas mengapresiasi tawaran diusungnya Ganjar sebagai bakal calon presiden (bacapres).

“Tentu PAN sangat mengapresiasi dan menghormati tawaran tersebut. PAN selama ini kan juga sudah dekat dengan Pak Ganjar. PAN sudah lama mengenal dan mengikuti jejak kepemimpinan Pak Ganjar,” ucap Zulhas.

Baca Juga: Zulhas: KIB Masih Bersama, Tapi Mimpinya Mulai Beda

2. PAN akan mendengar aspirasi dari kader

Sambut Tawaran PDIP, Zulhas Akui Ganjar Calon Kuat di 2024 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berorasi di depan Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam memutuskan mendukung salah satu capres, kata Zulhas, PAN perlu merumuskan dan menyampaikan secara detail ke internal partai. Dia menegaskan, pandangan dan semua masukan dari kader PAN perlu didengar.

“Pandangan dan masukan semua kader perlu didengar. Tujuannya, agar semua mesin politik yang dimiliki PAN bisa berjalan seirama,” ujar mantan Ketua MPR RI ini.

Pria yang menjabat Menteri Perdagangan RI ini memastikan, PAN akan melakukan komunikasi lanjutan dengan PDIP, didukung dengan rencana lawatan PDIP ke kantor PAN.

“Dalam konteks itulah, PAN akan tetap melakukan komunikasi lanjutan dengan PDI Perjuangan. Apalagi, kemarin disepakati bahwa PDI Perjuangan juga akan melakukan kunjungan ke DPP PAN,” tutur dia.

Baca Juga: PAN Usulkan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar atau Prabowo

3. PAN dan PDIP juga sepakat jaga pemilu terlaksana dengan baik

Sambut Tawaran PDIP, Zulhas Akui Ganjar Calon Kuat di 2024 Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Zulhas lantas menuturkan pertemuan dengan PDIP juga menyepakati agar mengawal Pemilu 2024 terlaksana dengan baik, mengingat pilpres, pileg, hingga pilkada secara serentak pada 2024.

“Sebagai teman dan sahabat, dalam pertemuan kemarin banyak kesepakatan yang dirumuskan. Antara lain, kesepakatan untuk menjaga agar pemilu terlaksana dengan baik. Tidak hanya untuk pilpres, tetapi juga untuk pileg dari pusat sampai ke kabupaten/kota. Kemarin juga disepakati agar semua berkontribusi bagi pelaksanaan pilkada yang bermartabat, berkeadilan, dan berkualitas,” imbuh dia.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay, Ketua DPW PAN Provinsi Kalteng, H. Achmad Diran, Ketua Bappilu PAN Kalteng Muhammad Syauqie, serta caleg DPR RI PAN Surya Utama alias Uya Kuya dan Siti KDI.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya