Segini Biaya yang Dikeluarkan Baim Wong Urus HAKI Citayam Fashion Week

Biaya yang dibayarkan masuk pendapatan negara bukan pajak

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Razilu, menyebutkan biaya yang dibayarkan Baim Wong untuk mengajukan permohonan merek Citayam Fashion Week.

Razilu menuturkan, untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) memang perlu mengeluarkan biaya sebagai pendapatan negara bukan pajak (PNBP). Biaya tersebut berbeda dengan pendaftar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan umum.

Baca Juga: Keuntungan Baim Wong Jika Jadi Pemegang Merek Citayam Fashion Week

1. Baim Wong dikenakan biaya Rp1,8 juta

Segini Biaya yang Dikeluarkan Baim Wong Urus HAKI Citayam Fashion WeekIlustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Baim masuk kategori umum saat mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week. Karena itu, dia mengeluarkan dana Rp1,8 juta.

"(Biaya yang dibayarkan) Rp1,8 juta, itu bukan dipungut, jadi dia sendiri yang bayar, ya. Dia yang bayar melalui bank, jadi gak ada uang cash. Artinya dia sendiri yang transfer uangnya ke rekening," ucap Razilu dalam konferensi pers DJKI di Gedung Eks-Sentra Mulia, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

2. Ada empat pemohon merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham

Segini Biaya yang Dikeluarkan Baim Wong Urus HAKI Citayam Fashion WeekKonferensi Pers DJKI di Gedung Eks-Sentra Mulia terkait merek Citayam Fashion Week (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Razilu menjelaskan, hingga Senin (25/7/2022), tercatat sudah ada empat permohonan merek Citayam Fashion Week yang masuk Kemenkumham. Dia menyebutkan, tiga pemohon menggunakan kata Citayam Fashion Week, sedangkan satu pemohon lainnya hanya menggunakan kata Citayam.

"Terkait merek Citayam, ada empat permohonan merek yang diajukan. Dari permohonan itu, ada dua jenis, di jasa dua merek dan di barang ada dua merek. Yang menyebut secara langsung Citayam Fashion Week ada tiga, satu hanya menggunakan kata Citayam," ujar dia.

Baca Juga: Baim Wong Akan Cabut Citayam Fashion Week, Ini Alasannya

3. Baim Wong tegaskan Citayam Fashion Week milik masyarakat Indonesia

Segini Biaya yang Dikeluarkan Baim Wong Urus HAKI Citayam Fashion Weekpotret model Citayam Fashion Week (instagram.com/citayamfashionweeks)

Sebelumnya, Baim Wong melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment, diketahui mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Gegara ini, Baim Wong dihujat netizen. Bahkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut bersuara dan meminta Baim Wong mencabut pendaftaran merek tersebut. Terkait hal ini, melalui akun Instagramnya seperti dikutip IDN Times, Senin (25/7/2022), Baim Wong mengakui Citayam Fashion Week bukan miliknya. 

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal, dan gak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tulis Baim.

Baim menjelaskan, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke HAKI bertujuan untuk mengembangkan fesyen Indonesia. Terlebih, kata Baim, istrinya paham dunia fesyen.

Melalui video di akun YouTube miliknya, Baim Wong mengatakan akan melepas Citayam Fashion Week (CFW), karena tidak ingin masalah ini menjadi besar dan berkelanjutan.

"Jadi, memang kita mau melepaskan. Karena menurut saya gak mau jadi kaya seperti ini ya, dari pada berkelanjutan," kata Baim Wong.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya