Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan Partai

Erick Thohir selalu jadi menu utama pembahasan dengan parpol

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, menegaskan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi menu wajib untuk dibahas dalam setiap pertemuan partai politik (parpol).

Karena itu, Eddy memastikan, Erick Thohir dibahas saat PAN bertemu PDIP maupun Partai Gerindra. PAN selalu menyodorkan Erick sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

"Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah, itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra)," kata dia kepada awak media, usai menggelar pertemuan dengan Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis Jokowi

1. Erick Thohir dan PAN punya kedekatan khusus

Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan PartaiMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Eddy menjelaskan, PAN memang memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir. Bahkan, Ketua Umum PSSI itu kerap hadir dalam kegiatan dan acara besar bersama PAN.

Eddy juga menyoroti gaya berbusana Erick Thohir yang belakangan sering mengenakan kemeja bernuansa biru. Menurutnya, hal itu senada dengan warna khas PAN.

"Bahkan akhir-akhir ini kok kelihatan sering menggunakan kemeja bernuansa biru, pakaian bernuansa biru. Jadi kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir itu sudah sangat kental," ucap dia.

Baca Juga: PAN Tegaskan Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

2. PAN gelar silaturahmi politik dengan Gerindra

Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan Partai(IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sekadar informasi, Partai Gerindra menggelar silaturahmi politik ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) di Jalan Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan, Gerindra dan PAN sudah lama punya hubungan dekat. Keduanya pernah berkoalisi dalam dua pemilihan umum (pemilu), yakni pada 2014 dan 2019.

Muzani mengatakan, Gerindra dan PAN terbuka jika nantinya akan kembali berkoalisi pada Pemilu 2024. Namun, kata dia, tentu akan dimatangkan dalam berbagai pembicaraan ke depan.

"Kita sepakat kerja sama politik yang pernah dilakukan PAN dan Gerindra, 2014 dan 2019, diharapkan bisa dilanjutkan dalam pembicaraan-pembicaraan ke depan, sehingga kerja sama politik PAN-Gerindra di 2024 dimatangkan dalam pembicaraan-pembicaraan yang akan datang," kata dia.

Selain membahas peluang koalisi pada Pemilu 2024, Gerindra dan PAN juga sepakat mendukung sistem pemilu proporsional terbuka. Saat ini, sistem pemilu menuai polemik dan masih dilakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Baik Gerindra dan PAN, sepakat perlu melanjutkan pileg dengan sistem terbuka, karena itu diharapkan memperkuat sistem demokrasi, dan posisi-posisi partai kepada anggota legislatifnya masing-masing," tutur Muzani.

Baca Juga: Baru Sekali Bertemu, PAN Klaim Hubungan dengan PDIP Teman tapi Mesra

3. PAN usulkan Erick Thohir jadi cawapres Ganjar atau Prabowo

Sekjen PAN: Erick Thohir Menu Wajib Pembahasan Pertemuan PartaiKetua Umum PSSI, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengatakan partainya mengusulkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Yandri usai pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Mei 2023.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/TPwR1pM70yU

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya