Survei: Gus Baha Tokoh NU yang Arah Politiknya Diikuti Warga Jatim

Survei digelar 15 sampai 22 Mei 2023

Jakarta, IDN Times - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) menggelar riset terkait peta elektoral Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dalam surveinya, ASI meneliti potensi ceruk suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Hasilnya, Ahmad Bahaudin Nursalim atau yang dikenal Gus Baha, menjadi tokoh NU yang pilihan politiknya paling diikuti masyarakat Jawa Timur.

Baca Juga: Survei SRS: Warga Jatim Tak Puas dengan Jokowi karena Sembako Mahal

1. Gus Baha tokoh NU yang pilihannya paling berpengaruh di Jatim

Survei: Gus Baha Tokoh NU yang Arah Politiknya Diikuti Warga JatimAhmad Bahaudin Nursalim alias Gus Baha (Instagram/Gusbahas.official)

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rifan, menjelaskan ada beberapa tokoh dan kiai NU yang berpengaruh pada Pemilu 2024. Pertama, ada nama Gus Baha dengan torehan 24,1 persen.

Kemudian, disusul Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus 15,6 persen, Ali Masykur Musa 12,4 persen, Muhammad Luthfi bin Yahya atau Habib Luthfi 11,9 persen, dan Miftachul Akhyar 8,0 persen.

"Lima besar tokoh dan kiai NU yang diikuti pilihan politik menurut warga
Jawa Timur: KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus, KH Ali Masykur Musa, KH Muhammad Luthfi bin Yahya atau Habib Luthfi dan KH Miftachul Akhyar," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023).

Ali juga menghimpun tokoh NU yang dinilai layak maju sebagai capres atau cawapres untuk Pilpres 2024 oleh masyarakat Jawa Timur. Dia menjelaskan, preferensi latar belakang tokoh NU yang dinilai paling layak maju sebagai capres atau cawapres ialah kader yang aktivis murni NU.

"Kader yang aktivis murni NU sebanyak 25,1 persen, kader NU yang teknokrat 19,1 persen, kader NU perpaduan agama dan politik 13,5 persen, kader NU perpaduan aktivis dan kampus 12,8 persen, kader NU yang politisi murni 6,4 persen, dan kader NU yang pengusaha 5,0 persen," kata dia.

Baca Juga: Survei: Jika Anies Batal Nyapres, Prabowo Kalahkan Ganjar di 2024

2. Elektabilitas Prabowo dan Ganjar bersaing ketat di Jatim

Survei: Gus Baha Tokoh NU yang Arah Politiknya Diikuti Warga JatimGanjar Pranowo dan Prabowo Subianto (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Ali menjelaskan berdasarkan elektabilitas 10 kandidat capres di mata pemilih Jawa Timur, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat. Setelah kedua nama itu, disusul Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, dan tokoh lainnya.

"Terkait elektabilitas 10 kandidat capres, Prabowo Subianto 36,7 persen bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo 35,4 persen, disusul Anies Baswedan 8,3 persen, Abdul Muhaimin Iskandar 3,2 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 2,3 persen, Ridwan Kamil 1,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,4 persen, Sandiaga Uno 0,6 persen, Airlangga Hartarto 0,4 persen dan Erick Thohir 0,2 persen. Sementara 9,6 persen mengaku tidak tahu atau tidak jawab," ucap dia.

Survei ini juga menemukan adanya penilaian masyarakat bahwa kemenangan pada Pilpres 2024 ditentukan jika tokoh NU dinyatakan sebagai cawapres.

"Sebanyak 64 persen masyarakat mengaku menentukan kemenangan, jika tokoh NU dijadikan sebagai cawapres pada Pilpres 2024. Yang tidak menyatakan menentukan kemenangan 12 persen," tutur Ali.

Baca Juga: Megawati Sentil Lembaga Survei: Mana Ada Survei yang Gratis

3. Survei digelar 15 sampai 22 Mei 2023

Survei: Gus Baha Tokoh NU yang Arah Politiknya Diikuti Warga Jatimilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Survei bertajuk “Preferensi Suara NU dan Peta Elektoral Pilpres 2024 di Provinsi Jawa Timur” tersebut dilaksanakan pada 15 sampai 22 Mei 2023 di Provinsi Jawa Timur. Riset dilakukan dengan wawancara tatap muka.

"Metode penarikan sampel multistage random sampling. Jumlah responden 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," imbuh Ali.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/TPwR1pM70yU

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya