Doa Setelah Membaca Surat Yasin

Penuh pahala dan keberkahan

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran yang memiliki 83 ayat dan masuk ke dalam golongan surat Makkiyah. Surat ini merupakan jantungnya Al-Quran yang membahas keesaan Allah SWT, keimanan, dan juga pengetahuan yang bisa diambil hikmahnya.

Surat ini sangat baik dibaca pada malam jumat karena dapat mengabulkan doa dan permintaanmu, HR Abu Daud yang berbunyi:

"Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya".

Agar bacaan yasin dan doa menjadi sempurna, dianjurkan untuk melanjutkan dengan doa setelah baca surat Yasin. Berikut ini doa setelah membaca surat yasin yang bisa kamu ketahui.

1. Doa setelah membaca Surat Yasin

Doa Setelah Membaca Surat YasinSeorang umat Muslim membaca Al Quran di Star Mosque saat bulan Ramadhan di Dhaka, Bangladesh, Minggu (26/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Doa setelah membaca surat yasin akan menyempurnakan bacaanmu dan juga menambah pahala. Doa ini berisi permohonan ampun, keselamatan, dan pujian kepada Allah SWT. Berikut ini bacaan doa setelah membaca surat yasin:

اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَسْتَحْفِظُكَ وَ نَسْتَوْدِعُكَ اَدْيَانَنَا وَاَنْفُسَنَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وَاَمْوَالَنَا وَكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَيْتَنَا. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِى كَنَفِكَ وَاَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَذِى عَيْنٍ وَذِى بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. اَللّٰهُمَّ جَمِّلْنَا بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَامَةِ وَحَقِّقنَا بِالتَّقْوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَاَعِذْناَ مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدَامَةِ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِاَوْلَادِنَا وَمَشَايِخِنَا وَلِاِخْوَانِنَا ِفِى الدِّينِ وَلِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَلِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَلِمَنْ اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ يَارَبَّ العَالَمِيْنَ. وَصَلِّ اَللّٰهُمَّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَابَعَةِ لَهُ وَظَاهِرًا وَبَاطِنًا فِي عَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma inna nastahfidzhuka wa nastaudi'uka diinana wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa.

Allahummaj'alnaa wa iyyaa hum fii kanafika wa amaanika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin' aniid wa dzii 'ainin wa dzii baghyin wa min syarri kulli dzii syarrin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Allahumma jamilnaa bil'aafiyati was salaaati wa haqqiqnaa bit taqwaa wal istiqaamati wa a'idznaa min muujibaatin nadaamati innaka samii'ud du'aa'i.

Allahummaghfirlanaa wa li waalidiina wa li aulaadinaa wa li masyaa-yikhinaa wa li ikhwaaniaa fiddiini wa li ashhaabinaa wa ahbaabinaa wa liman ahabbanaa fiika wa liman ahsana ilainaa wa lil mukminiina wal mukminaati wal musliminiina wal muslimaati ya rabbal 'aalamiin.

Wasalallahumma ala abdika warasulika saiyadinaa wamaulanaa muhammadin wa ala lihi wasabihi wasallam. war zuqna kamalal mutaba'ati lahu dhohiron wa bathinan fi 'afiyatin wa salamatin birohmatika ya arhamar rohimina.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami mohon pemeliharaan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan syetan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kedhaliman dan dari pada kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, perindahkanlah kami dengan keselamatan dan kesejahteraan. Karuniakanlah kepada kami ketakwaan dan istiqomah. Lindungilah kami dari perkara-perkara yang menyebabkan kami mendapat penyesalan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar sesuatu doa.

Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama kami, sahabat-sahabat karib kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kami, dari kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang mengatur alam semesta.

Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan kepada hamba-Mu dan utusan-Mu, junjungan kami dan tuan kami Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan para sahabatnya. Karuniakanlah kepada kami kesempurnaan mengikuti ajarannya, secara dhahir dan batin, di dalam kesejahteraan dan keselamatan dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihi."

Baca Juga: Doa Setelah Tahiyat Akhir agar Terhindar dari Fitnah Dajjal

2. Keutamaan membaca yasin

Doa Setelah Membaca Surat Yasinilustrasi Al-Qur'an (unsplash.com/Ali Burhan)

Membaca surat yasin memiliki banyak keutamaan baik, mulai dari menambah pahala, dianggap mati syahid, dan masih banyak yang lainnya. Sebagai jantungnya Al-Quran, berikut keutamaan surat yasin:

1. Diampuni Dosanya. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi).

2. Dianggap Mati Syahid. Dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid,” (HR At-Thobroni).

3. Mendapatkan Ketenangan Hati. Membaca Alquran sama halnya dengan berzikir. Seseorang yang memperbanyak zikir maka hatinya akan tenang. Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

“(yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah.

4. Meningkatkan Keimanan dan Pahala. Rasulullah SAW bersabda,

“Surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

5. Memberi Cahaya di Kegelapan. Hal ini sesuai dengan hadis dari Rasulullah SAW:

“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Alquran sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari, maka bacalah dengan sungguh-sungguh,” (HR Baihaqi).

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Bahasa Arab, Latin Lengkap Dengan Terjemahannya

3. Waktu yang tepat untuk membaca yasin

Doa Setelah Membaca Surat Yasinilustrasi membaca maulid ad diba (unsplash.com/andri helmansyah)

Waktu yang tepat untuk membaca surat yasin adalah setiap malam setelah salat maghrib atau isya. Selain itu, kamu juga bisa membaca surat yasin setiap malam jumat. Hal Ini berdasarkan hadis Nabi SAW:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yasin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298].

Itu dia penjelasan lengkap mengenai doa sesudah membaca yasin, keutamaan membaca yasin, dan waktu yang tepat membaca yasin setiap malam atau malam jumat.

Baca Juga: Doa Setelah Iqomah, Bisa Menambah Pahala

Topik:

  • Zihan Berliana Ram Ghani
  • Anata Siregar
  • Stella Azasya
  • Deti Mega Purnamasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya