Protes, Pengemudi Truk Slovakia Blokir Perbatasan Ukraina

Tolak keistimewaan pengemudi truk Ukraina

Jakarta, IDN Times - Pengemudi truk di Slovakia resmi memblokir akses masuk di pintu perbatasan Ukraina pada Selasa (21/11/2023). Aksi ini untuk memrotes pengemudi truk Ukraina yang dapat beroperasi tanpa izin resmi yang menyebabkan persaingan tidak sehat di Slovakia.  

Pekan lalu, pengemudi truk Slovakia telah memblokir pintu perbatasan Ukraina selama 1 jam. Langkah itu juga dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada pengemudi truk di Polandia, yang lebih dahulu memrotes aktivitas pengemudi truk Ukraina di negaranya. 

Baca Juga: Ukraina Akan Evakuasi 3 Ribu Pengemudi Truk dari Perbatasan Polandia

1. Penutupan sudah dimulai sejak siang hari

Pemblokiran pengemudi truk ini dilakukan di pintu perbatasan Vyšné Nemecké mulai pukul 13.30 siang waktu setempat. Dalam aksinya, sekitar 300 truk memblokade jalan masuk menuju ke Slovakia dari Ukraina dan sebaliknya. 

Dilansir Ukrinform, Penjaga Perbatasan Ukraina (SBGS) yang bekerja sama dengan Penjaga Perbatasan Slovakia mengatakan bahwa belum diketahui secara pasti sampai kapan berlangsungnya pemblokiran ini. 

Pemerintah lokal di Ukraina dan Slovakia sudah diberitahukan terkait pemblokiran ini. Meski ditutup, tetapi mobil penumpang dan bus dari kedua teritori tetap diperbolehkan melintas di pintu perbatasan. Hanya truk berpelat nomor Ukraina yang dilarang melintas. 

Baca Juga: Sopir Truk Polandia Blokir Perbatasan Ukraina

2. UNAS tidak ikut dalam aksi pemblokiran ini

Pemimpin Asosiasi Pengemudi Truk Slovakia (UNAS), Stanislav Skala mengatakan bahwa salah satu oknum pengemudi truk saja yang telah memblokade pintu perbatasan Vysne Nemecke dan bukan atas perintah dari persatuannya.

Ia menekankan bahwa UNAS tidak ikut dan akan menunggu negosiasi bersama Uni Eropa, pemerintah Polandia, dan Ukraina sebelum ikut memblokade perbatasan. 

Sementara itu, Penjaga Perbatasan Ukraina menyebut bahwa seseorang memang memblokade pintu perbatasan khusus untuk kendaraan berat. Namun, mereka tidak memberitahu terlebih dahulu dan tidak ada keterangan dari otoritas Slovakia. 

Penjaga Perbatasan Slovakia yang melakukan negosiasi dengan pengemudi truk di pintu perbatasan mengatakan bahwa truk diperbolehkan melintas kembali pada pukul 20.00. Namun, hanya lima truk yang diperbolehkan melintas dalam waktu 1 jam, dilaporkan Reuters

3. Perbatasan Slovakia-Ukraina sudah dibuka kembali

Mulai Rabu (22/11/2023) dini hari, perbatasan Slovakia-Ukraina kembali dibuka. Truk kontainer yang hendak melintas perbatasan kedua negara pun sudah diperbolehkan melewati seperti semula. 

Menurut keterangan dari juru bicara Bea Cukai Ukraina di Zakarpattia, Viktoriia Senhetovska, dilansir Ukrinform, mengatakan bahwa truk memang sudah diperbolehkan melintas sejak tengah malam. 

"Pintu perbatasan Uzhhorod-Vysne Nemecke sudah dibuka kembali sejak pukul 00.00. Layanan bea cukai sudah diaktifkan kembali seperti semula. Dalam beberapa hari terakhir, 173 truk tercatat sudah masuk dan 104 lainnya keluar dari Ukraina," tambahnya. 

Ia menambahkan sekitar 400 truk sekarang sudah menungggu di perbatasan sisi Slovakia untuk melintas ke Ukraina. 

Baca Juga: Habiskan Biaya, Slovakia Batalkan Penjagaan Perbatasan Hungaria 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya