Deretan Negara yang Siap Ulurkan Tangan usai Gempa Maroko

Jumlah korban tewas lebih dari 2 ribu dan terus bertambah

Jakarta, IDN Times - Korban tewas akibat bencana gempa bumi dahsyatdi Maroko terus bertambah. Gempa itu menguncang wilayah Marrakesh dan sekitarnya pada Jumat (8/9/2023) lalu.

Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan jumlah korban tewas mencapai 2.012 orang per Sabtu malam (9/9/2023). Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah karena tim penyelamat masih terus mencari korban yang berada di darah-daerah terpencil yang terkena dampak.

Kementerian juga mengatakan bahwa kematian tertinggi akibat gempa tercatat di provinsi Al-Haouz dengan jumlah 1.293 korban tewas dan di Taroudant, dengan 452 orang tewas. Berikut dukungan dan reaksi dari beberapa pemimpin dunia atas bencan gempa Maroko.

Melihat dampak gempa yang parah ini, komunitas internasional pun mengulurkan bantuan. Negara mana saja yang sudah siap terlibat dalam penanganan dampak gempa Maroko?

Baca Juga: 5 Fakta Gempa Maroko yang Tewaskan Lebih dari 2 Ribu Orang

1. Eropa

Dilansir France24, Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, menyatakan solidaritas dan dukungannya kepada rakyat Maroko setelah gempa dahsyat tersebut. Kanselir Jerman, Olaf Scholz, mengatakan pihaknya turut prihatin kepada seluruh korban gempa.

Presiden Prancis, Emmanuel Marcon, megatakan, bahwa dia terpukul atas kejadian itu dan mengatakan Prancis siap membantu dengan pertolongan pertama. Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, menggarisbawahi ketersediaan Italia untuk mendukung Maroko dalam keadan darurat tersebut.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von de Leyen, menyatakan rasa simpatinya pada rakyat Maroko yang mengalami dahsyat. Negara-negara Uni Eropa (UE) mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui Dewan Eropa bahwa mereka sangat sedih atas dampak buruk bencana tersebut.

“Sebagai teman dekat dan mitra Maroko, kami siap membantu dengan cara apa pun yang Anda anggap berguna,” demikian pernyataan yang ditujukan kepada Raja Mohammed bin Salman, kata Dewan tersebut.

Baca Juga: Korban Tewas Gempa Maroko Lebih dari 2.000 Orang

2. Aljazair membuka wilayah udaranya untuk Maroko

Dilansir Associated Press, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan Israel ingin membantu Maroko sebanyak yang diperukan. Dia juga memerintahkan militer Israel untuk bersiap memberikan bantuan kemanusiaan ke Maroko.

Turki yang juga dilanda gempa pada awal tahun, termasuk di antara negara yang mengusulkan bantuan. Qatar juga menawarkan menyediakan semua bantuan yang diperlukan ke daerah yang terkena dampak gempa. Kantor Berita Emirates melaporkan bahwa tim penyelamat polisi Dubai telah mengirimkan bantuan. Raja Abdullah II dari Yordania juga menawarkan bantuan.

Aljazair telah menawarkan bantuan kemanusiaan ke Maroko. Aljazair juga menawarkan untuk membuka wilayah udaranya agar bantuan kemanusiaan atau penerbangan evakuasi medis dapat melakukan perjalanan dari dan ke Maroko.

3. Joe Biden dan Paus Fransiskus berbelasungkawa

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden juga mengungkapkan kesedihan atas gempa yang melanda Maroko. Sabtu kemarin, Biden mengatakan bahwa pejabat AS telah melakukan kontak dengan Maroko dan menawarkan bantuan.

“Kami bekerja secepatnya untuk memastikan warga Amerika di Maroko aman, dan siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan bagi rakyat Maroko. Amerika Serikat mendukung Maroko dan teman saya Raja Mohammed VI pada saat yang sulit ini.” kata pejabat tersebut, dikutip Associated Press News.

Paus Fransiskus, melalui pesan telegramnya mengatakan rasa belangsukawanya dan solidaritas yang mendalam kepada mereka yang terkena dampak tersebut. Paus sempat mengunjungi Maroko pada 2019 lalu.

4. Beberapa negara siap mengirimkan bantuan kemanusiaan

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan bahwa India siap memberikan bantuan yang diperlukan. Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan, rasa simpatinya kepada keluarga korban.

“Tolong sampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan sahabat para korban, serta harapan agar cepat sembuh kepada semua pihak yang menderita akibat bencana alam ini.” kata Putin, dikutip Swissinfo.

Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, mengatakan duka yang mendalam kepada para korban dan orang-orang yang mereka cintai. KantorPerdana Menteri Irak Mohammed Shia Al-Sudani, mengatakan, Irak siap memberikan segala bantuan.

Tunisia akan mengarahkan bantuan medesak dan mengirim perlindungan sipil untuk mendukung pencarian dan penyelamatan kerajaan. Presiden Tunisia, Kais Saied juga mengizinkan fasilitas delagasi Bulan Sabit Merah Tunisia untuk berkontribusi pada operasi bantuan.

Perdana Menteri Rumania, Marcel Ciolaci mengatakan, siap memberikan bantuan untuk Maroko. Taiwan telah mengerahkan tim penyelamat yang terdiri dari 120 tim yang akan berangkat ke Maroko setelah mendapat instruksi dari kementerian luar negeri Taiwan.

Baca Juga: Gempa Maroko, Kemlu Pastikan Tak Ada Korban WNI

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya