Singapura Siapkan Medali Emas untuk Trump dan Kim Jong-un

Terbuat dari emas senilai Rp 13,8 juta

Singapura, IDN Times - Pemerintah Singapura merilis sebuah desain medali dalam rangka menyambut pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un. Dikutip dari Reuters, terdapat tulisan World Peace atau Perdamaian Dunia di salah satu sisinya.

1. Medali itu terbuat dari emas senilai Rp 13,8 juta

Singapura Siapkan Medali Emas untuk Trump dan Kim Jong-unSingapura/Handout via REUTERS

Medali yang dibuat khusus untuk acara besar tersebut muncul di toko online Singapore Mint. Pada satu sisi terlihat tulisan dan bendera kedua negara: Republik Demokratik Korea dan Amerika Serikat. Selain tertera lokasi dan tanggal acara, terlihat juga gambar tangan yang sedang bersalaman. Medali tersebut dibuat dari emas senilai Rp 13,8 juta.

2. Gedung Putih juga merilis koin peringatan

Singapura Siapkan Medali Emas untuk Trump dan Kim Jong-unSingapura/Handout via REUTERS

Selain Singapura, pada bulan lalu pemerintah Gedung Putih juga mempublikasikan koin peringatan spesial untuk pertemuan antara Trump dan Kim. Gedung Putih merilisnya sesaat sebelum Trump sempat mengumumkan bahwa pihaknya membatalkan pertemuan itu pada 24 Mei.

Kedua negara akhirnya kembali membicarakan tentang pertemuan Kim dan Trump dengan diawali oleh pengiriman masing-masing delegasi. Salah satunya Amerika Serikat yang mengirimkan beberapa diplomat top mereka ke Pyongyang untuk membicarakan substansi pertemuan pada akhir Mei lalu.

3. Singapura pernah menjadi tuan rumah pertemuan penting lainnya

Singapura Siapkan Medali Emas untuk Trump dan Kim Jong-unSingapura/Handout via REUTERS

Ini bukan pertama kalinya negara paling kecil di Asia Tenggara itu menjadi lokasi pertemuan dua kepala pemerintahan yang negaranya saling bermusuhan. Pada 2015, pemimpin Taiwan dan Republik Rakyat Tiongkok bertatap muka di Singapura dan menjadikan pertemuan tersebut yang pertama sejak perang sipil 1949.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya