Menlu Retno: Evakuasi WNI dari Gaza Mulai Dilakukan 

Tim Kemlu dari Kairo sudah ada di perbatasan Rafah

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan bahwa kemungkinan evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Jalur Gaza akan dilakukan hari ini.

"Persiapan evakuasi salah satunya adalah menggerakkan tim kita dari Kairo ke perbatasan Rafah. Satu-satunya pintu yang terbuka adalah perbatasan Rafah di Mesir. Soal waktunya kapan, saya garis bawahi, kemungkinan hari ini," kata Retno, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Retno membeberkan, tim Kemlu dari Kairo sudah tiba di di perbatasan Rafah pada 15.53 waktu Indonesia.

"Saya terus berkomunikasi dengan mereka, saya memantau, saya berikan semangat juga untuk mereka karena mereka harus mengalami antrean dan pemeriksaan berkali-kali," ujar Retno.

1. Jaringan komunikasi on-off

Menlu Retno: Evakuasi WNI dari Gaza Mulai Dilakukan Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Sementara itu, Retno juga mengakui bahwa komunikasi pemerintah Indonesia dengan para WNI di Gaza juga sempat hilang karena jaringan internet yang terputus.

"Sejauh ini, kita memperoleh informasi bahwa kondisi WNI kita dalam kondisi baik. Baik di sini bukan berarti baik seperti kita. Tapi mereka baik di tengah kondisi yang tidak baik," tutur Retno.

"Komunikasi kami dengan mereka juga putus nyambung, kadang on kadang off. Tapi kami terus berupaya berkomunikasi dengan mereka," lanjut dia.

Baca Juga: RS Indonesia di Gaza Hanya Mampu Beroperasi 48 Jam Lagi, Duh! 

2. Retno terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait

Menlu Retno: Evakuasi WNI dari Gaza Mulai Dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberi penjelasan soal evakuasi WNI dari Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Retno juga mengaku terus melakukan komunikasi dengan semua pihak yang memiliki aset di Gaza.

"Kemungkinan pergerakan evakusi warga negara asing, termasuk WNI melalui Rafah, kemungkinan akan dilakukan secara bertahap," katanya.

Retno kembali menegaskan bahwa keselamatan menjadi faktor utama untuk evakuasi WNI.

"Kita pastikan kalau ada perjalanan (evakuasi), berarti sudah ada jaminan keamanan dari semua pihak," tegas dia.

3. Bantuan kemanusiaan dari Indonesia ke Gaza dikirim pekan ini

Menlu Retno: Evakuasi WNI dari Gaza Mulai Dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Media Forum. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno menekankan bahwa bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan dikirim ke Jalur Gaza pekan ini.

"Bantuan akan diberangkatkan pekan ini tapi kita sedang cari waktu yang pas untuk pemberangkatan. Semua sudah dibahas di kabinet (kemarin). Pemberangkatan minggu ini bukan pertama dan terakhir. Jadi akan ada lanjutan pemberangkatan ke Gaza via Mesir," kata Retno, kemarin. 

Retno juga mengungkapkan bahwa bantuan akan dikirim ke Mesir terlebih dahulu, baru selanjutnya akan dibawa ke perbatasan Rafah, satu-satunya jalur yang dibuka untuk mengirimkan bantuan ke Gaza.

"Saya sudah komunikasi dengan Menlu Mesir. Untuk bantuan dikirim ke Al Arish, 40 kilometer dari Rafah. Tapi sekali lagi, rutenya harus diubah karena harus lewat banyak pemeriksaan," ucap Retno.

Bantuan yang akan dikirim Indonesia ini, lanjut dia, tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari organisasi kemanusiaan seperti PMI dan Baznaz.

Baca Juga: Dubes Palestina di PBB: Gaza Sekarang Menjadi Neraka di Dunia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya