Sah! Raja Charles III Jadi Raja Inggris

Camilla juga sah dinobatkan jadi ratu

Jakarta, IDN Times - Raja Charles III resmi menjadi Raja Inggris usai dinobatkan hari ini, Sabtu (6/5/2023), di Westminster Abbey, London, Inggris. Raja Charles III menggantikan ibundanya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal September tahun lalu.

Mahkota resmi dipakaikan ke kepala Charles dalam prosesi penobatan yang disaksikan oleh jutaan orang, baik di dalam Abbey maupun di luar.

“Saya, Charles, dengan sungguh dan tulus di hadirat Tuhan mengaku, bersaksi, dan menyatakan bahwa saya adalah seorang Protestan yang setia. Saya akan menjunjung tinggi dan mempertahankan UU yang berlaku sesuai dengan kemampuan terbaik saya,” ucap Charles, dikutip dari BBC, Sabtu.

Raja Charles III dinobatkan sebagai Raja Inggris dan 14 negara persemakmuran lainnya di mana dia juga menjadi kepala negara. Raja Charles III menjadi raja ke-40 yang mengucapkan sumpah setia.

Raja Charles III dimahkotai dengan mahkota emas St Edward, yang awalnya dibuat untuk Raja Charles II pada 1661 dan dihiasi dengan 444 batu berharga termasuk rubi, batu kecubung, dan safir.

Baca Juga: Pangeran Harry Hadiri Penobatan Raja Charles III Tanpa Meghan Markle 

1. Camilla juga sah dinobatkan jadi ratu

Selain Charles III, istrinya Camilla juga dinobatkan menjadi ratu. Camilla memakai jubah sulaman tangan dengan menggunakan benang emas, dengan corak alam, yang memiliki arti khusus bagi dia dan Charles III.

Usai dinobatkan, Raja Charles dan Ratu Camilla akan kembali ke Istana Buckingham dengan kereta Gold State Coach.

2. Lebih dari 60 pesawat akan terbang di atas Istana Buckingham

Setelah itu, anggota keluarga kerajaan bersama dengan Charles dan Camilla akan berkumpul di balkon istana, dan menyapa warga Inggris yang menunggu.

Lebih dari 60 pesawat Angkatan Darat Inggris dilaporkan akan terbang di atas istana.

3. Ada acara amal dan konser di Kastil Windsor

Sah! Raja Charles III Jadi Raja InggrisPixabay/TeeFarm

Setelah prosesi dan kebaktian pada 6 Mei 2023, selanjutnya pada Minggu, 7 Mei 2023 bakal digelar konser penobatan di Kastil Windsor.

Andrea Bocelli, Katy Perry, Take That, dan Lionel Richie dikabarkan akan menjadi pengisi panggung di Windsor. Selain itu, penyanyi opera asal Afrika Selatan, Pretty Yende, juga dijadwalkan hadir. 

Setelah itu, pada 8 Mei 2023, Raja Charles bakal meminta masyarakat Inggris untuk terlibat dalam sejumlah acara sukarela, seperti membantu gerakan sosial di masing-masing tempat tinggalnya.

Baca Juga: Penobatan Raja Charles Digelar Hari Ini, Tonjolkan Multikultural 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya