Comscore Tracker

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Dunia

Dipakai seniman maupun ilmuwan

Ada banyak warna di dunia ini. Bahkan banyak yang mengatakan bahasa atau kata-kata tidak cukup mendeskripsikan semua warna yang ada. Sebagai contoh untuk warna merah saja, terdapat warna merah darah, merah maroon, merah candy, merah muda, dan lainnya. Hal ini berlaku pula untuk warna hitam.

Dari sekian banyaknya warna hitam yang ada, terdapat satu warna hitam yang bisa dibilang sebagai raja dari warna tersebut, yaitu vantablack. Disebut seperti itu karena warna hitam ini merupakan yang tergelap ketimbang warna hitam lainnya dan selain itu, dikatakan warna ini tak hanya banyak menarik hati para seniman, tetapi juga para ilmuwan.

Mengapa bisa begitu? Berikut ini jawabannya.

1. Vantablack bisa menyerap cahaya lebih dari yang bisa kamu bayangkan

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniapameran vantablack (touchofclass.com.br)

Apakah kamu mengenal lubang hitam? Lubang yang ada di angkasa tersebut dikatakan mampu menyerap apa pun yang ada di sekitarnya, termasuk cahaya hingga waktu. Vantablack memiliki sedikit unsur tersebut.

Dikatakan dalam salah satu video The Action Lab di YouTube, vantablack mampu menyerap 99,965 persen cahaya. Itu berarti saat kamu mengarahkan senter atau lampu ke arah warna tersebut, kamu tidak akan melihat cahaya sama sekali pada objek tersebut mengingat cahaya hampir tidak dipantulkan. Bahkan laser berwarna merah pun tidak akan muncul di permukaan yang dilapisi warna vantablack ini.

2. Ini menyebabkan adanya ilusi optik bagi yang melihat

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniapengaplikasian vantablack pada topeng (siliconrepublic.com)

Begitu gelapnya vantablack sampai-sampai mereka yang melihatnya akan mendapatkan ilusi optik. Sebagai contoh, dengan memberikan warna vantablack di lantai dengan bentuk lingkaran, kamu bisa melihat satu lubang tak berujung yang memberikan kesan sangat dalam.

Contoh menarik lagi adalah ketika kamu mengecat vantablack pada sebuah topeng. Ketika dilihat dari depan, topeng tersebut tampak datar. Namun saat menatapnya dari samping, kamu bisa mengetahui ada lekukan hidung dan sebagainya pada topeng tersebut. Mudahnya, vantablack mempunyai kemampuan meratakan objek 3D.

3. Terbuat dari tabung karbon nano

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniailustrasi tabung karbon nano (caranddriver.com)

Situs thecut.com menjelaskan bagaimana terciptanya vantablack. Warna hitam paling gelap itu bisa ada akibat adanya material yang tercipta dari tabung karbon nano. Jika ditanyai lebih lanjut tentang tabung karbon nano lebih lanjut, kurang lebih itu seperti struktur yang terbuat dari kumpulan lapisan grafena yang dibentuk dari semacam jutaan rambut manusia.

Struktur ini menyerap setiap cahaya yang menyentuh permukaan dengan menjebak sinar foton sampai hampir sepenuhnya diserap. Hal ini yang menyebabkan munculnya ilusi optik tersebut.

Baca Juga: 10 Potret Serangga dengan Warna yang Tak Biasa, Unik dan Cantik!

4. Orang-orang berlomba menciptakan warna hitam paling gelap yang pernah ada

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniailustrasi vantablack (coating.co.uk)

Baik seniman maupun ilmuwan begitu tertarik dengan warna vantablack ini. Ketertarikan tersebut membawa mereka untuk mencari warna hitam yang paling hitam. Alasan mengapa warna ini begitu menarik untuk dikejar adalah karena warna hitam sendiri sebenarnya bukan warna.

Menurut seniman bernama Stuart Semple yang diwawancarai WIRED, hitam selalu menarik mata orang-orang. Hal itu dikarenakan hitam sendiri bukanlah warna, melainkan kondisi absennya cahaya. Jadi, saat seorang seniman membuat pameran karya yang berhubungan dengan warna hitam, sebenarnya mereka tidak memamerkan warna melainkan mereka memamerkan situasi tidak adanya cahaya.

5. Tidak hanya digunakan untuk seni, vantablack juga bisa digunakan untuk ilmu pengetahuan

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniailustrasi vantablack (ko-pro.black)

Jika seniman berpikiran menggunakan vantablack sebagai karya mereka, maka berbeda lagi dengan para ilmuwan. Dikatakan para ilmuwan bisa menggunakan vantablack untuk tujuan ilmu pengetahuan, yaitu mengukur temperatur bumi. Sudah ada satu satelit diluncurkan ke luar angkasa yang membawa komponen vantablack.

Lebih dari itu, terdapat tujuan lain mengapa para ilmuwan masih berusaha untuk menciptakan warna hitam yang lebih hitam daripada vantablack. Mereka penasaran dan ingin mengetahui sebenarnya apa yang terhitam dari warna hitam. Hal ini sangat susah untuk dinilai mengingat cahaya yang terefleksi pada warna hitam ultra yang sudah ada juga sangat kecil untuk diukur.

6. Ada 2 pesaing warna hitam tergelap selain vantablack

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di Duniailustrasi perbandingan warna hitam (ko-pro.black)

Selain vantablack, sejauh ini ada beberapa warna hitam yang diakui sebagai yang tergelap. Itu adalah black 3.0 dan musou black. Walaupun hanya beda beberapa persen dalam menyerap cahaya (black 3.0 menyerap 97,5 persen cahaya, musou black menyerap 99,4 persen cahaya), kamu bisa melihat perbedaan bila kedua warna hitam disejajarkan.

7. Ada beberapa produk yang diberikan warna vantablack

Fakta Unik Vantablack, Warna Hitam Tergelap di DuniaBMW X6 vantablack (caranddriver.com)

Begitu uniknya vantablack sampai beberapa orang menginginkan warna tersebut. Alhasil, muncul beberapa produk yang dilapisi dengan vantablack. Mulai dari mobil sampai jam tangan. Untuk mobil sendiri, BMW X6-lah yang sempat mendapatkan cat berwarna ultra hitam tersebut.

Bagimana? Mau mencoba vantablack? Bila kamu aplikasikan vantablack ke pakaianmu, kamu bisa menjadi ninja, lho. Tidak akan ada orang yang bisa melihatmu.

Baca Juga: Jarang Ditemukan di Alam, Ini 6 Penjelasan Ilmiah tentang Warna Biru

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya