Comscore Tracker

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewas

Mereka bisa mengajarimu pentingnya "personal space"

Tidak ada yang lebih mengerikan daripada hewan karnivora mengingat mereka memakan daging dan bisa jadi kamu adalah mangsanya. Tapi benarkah demikian?

Faktanya mereka yang memakan tumbuhan pun tetap bisa membunuhmu dengan berbagai alasan. Berikut ini adalah hewan-hewan herbivora yang dikenal sebagai pembunuh jitu.

1. Babun

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasnationalgeographic.com

Walaupun memakan buah-buahan, babun memiliki taring yang besar. Jika kamu berurusan dengan mereka, maka bersiap-siaplah dengan gigitannya.

2. Bison

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasnewsweek.com

Ada fakta bison membunuh turis lebih banyak daripada beruang dan serigala. Alasannya cukup mudah: para turis tersebut melanggar privasi bison.

3. Gorila

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasft.com

Gorila berpunuk perak (biasanya pejantan dan pemimpin grup) memiliki berat 200 kilogram dan berkekuatan 10 pria dewasa. Mereka tidak akan sungkan menyerang pendatang yang mengusik keluarganya.

4. Kasuari

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasmynews13.com

Salah satu burung terbesar di dunia ini ternyata ahli bela diri. Kasuari akan melakukan tendangan kung-fu kepada mereka yang dianggap musuh. Permasalahannya di kaki mereka terdapat jari yang panjang dan tajam seperti pisau, dan itu bisa merobek organ tubuh manusia.

5. Badak

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewaspeta.org

Diketahui badak India memiliki gigi yang tajam dan cukup sering menggigit. Jika mengganggu mereka, tak hanya ditabrak dengan kecepatan tinggi tetapi juga digigit.

Baca Juga: 7 Hewan Ini Terlihat Imut Namun Ternyata Predator Andal!

6. Babi hutan

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewaspolitico.eu

Fakta babi hutan tidak sepenuhnya vegetarian (karena masih makan serangga, kadal, dan kodok) perlu kamu takuti, karena itu berarti kamu tidak menjadi pengecualian sebagai makanan. Taring yang dimiliki babi hutan dapat dengan mudah merobek perut makhluk hidup lain.

7. Banteng

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasworldatlas.com

Ada satu tipe banteng yang ada di Afrika dan hewan itu dikenal pemarah. Sekalinya kamu mengganggu salah satu dari mereka, kamu bisa merasakan tanduk besar dari satu kawanan.

8. Gajah

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasnypost.com

Dikenal ramah, gajah sebenarnya sangat mematikan. Beberapa kasus kematian penjaga kebun binatang datang dari kelakuan hewan berbelalai tersebut. Alasan yang membuat mereka bisa menyerang adalah melindungi kawanannya, menjaga area, hingga semata-mata karena mereka sedang bad mood.

9. Peccary berbibir putih

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasanimals.sandiegozoo.org

Hidup di hutan hujan Meksiko dan Amerika Selatan, peccary memiliki taring yang tajam. Satu kawanan yang berisi 500 hingga seribu ekor tersebut bisa menyerangmu hanya karena kamu mengusik salah satunya. Solusi dari masalah ini dengan memanjat pohon.

10. Kuda nil

10 Hewan Herbivora Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Tewasnationalgeographic.com

Sebagai herbivora, kuda nil adalah hewan paling mematikan di Afrika. Ada data yang mengatakan mereka membunuh lebih banyak orang daripada singa, macan tutul dan buaya. Walaupun tampak berat, mereka bisa berlari dengan cepat di darat.

Herbivora di daftar ini sebenarnya adalah hewan yang baik-baik saja. Tetapi sekali kamu mengganggu privasinya, nasibmu bisa naas. Maka dari itu belajarlah menghargai "personal space", daripada dirimu menjadi korban.

Baca Juga: Tak Hanya Karnivoranya, 5 Herbivora Afrika Ini Sangat Berbahaya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya