Comscore Tracker

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! 

Kamu pasti sering lihat, tapi tidak tahu tipe-tipenya...

Ketika hujan akan turun, biasanya cuaca menjadi gelap karena mendung sekaligus disusul oleh petir yang menyambar. Selain itu, petir juga identik muncul dengan disertai hujan ketika badai sedang berlangsung. Saat petir menyambar, tidak jarang banyak orang yang mengabadikan momen karena terkagum-kagum dengan keindahan petir.

Namun, di balik keindahannya tersebut, petir juga menghasilkan suara yang besar nan menggelegar sehingga membuat kita kaget, apalagi kalau kamu punya riwayat penyakit jantung. Tak jarang pula petir mendatangkan petaka dengan membuat hutan kebakaran atau menimbulkan kerusakan pada bangunan. 

Tanpa kamu sadari, petir pun mempunyai jenis yang berbeda. Berikut beberapa tipe petir yang ada di alam, menakjubkan tapi berbahaya!

1. Petir cloud to ground atau dari awan ke tanah

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! flickr.com

Petir 'cloud to ground' adalah tipe petir bermuatan negatif yang bertemu dengan permukaan bumi yang notabene bermuatan positif. Dari namanya, dapat digambarkan kalau tipe petir yang satu ini muncul dari awan, kemudian barulah dia menyambar ke daratan. 

Petir ini pun sangat umum muncul di antara petir-petir lain, apalagi di wilayah benua. Petir cloud to ground menjadi salah satu petir paling berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan pada bangunan hingga kebakaran, demikian dilansir dari video yang diunggah oleh Met Office.

2. Petir intracloud atau di dalam awan

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! mnn.com

Mengutip Sciencemag, petir intracloud sering terlihat sedang berada di dalam awan. Rupanya, tipe petir yang satu ini memang hanya muncul di antara dua awan yang memiliki muatan berbeda. Jadi, ketika kedua awan ini bersatu, maka mereka akan menciptakan petir intracloud.

Kalau dilihat-lihat, petir intracloud seolah-olah menimbulkan cahaya seperti di dalam diskotik, namun bedanya ini berada di dalam awan. Di setiap daerah, kamu dapat dengan mudah menemukan petir jenis ini.

3. Petir vulkanik

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! newswest9.com

National Geographic melaporkan bahwa petir vulkanik hanya bisa terbentuk apabila terjadi letusan dari sebuah gunung berapi. Tipe petir ini akan muncul tepat di atas gunung yang meletus dan kemunculannya berkaitan dengan teori fisika sehari-hari. Coba lihat gambar di atas, keren banget kan?

Petir vulkanik memang jarang terjadi, karena tidak semua gunung berapi memiliki gas serta asap yang tebal ketika meletus. Contohnya adalah ketika petir vulkanik muncul di Islandia pada 2010 silam. Berbeda dengan gunung berapi di Hawaii yang relatif mengeluarkan cairan vulkanik lebih banyak dibandingkan asapnya.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh ketika Disambar Petir, Mengerikan!

4. Petir cloud to cloud atau dari awan ke awan

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! flickr.com

Petir cloud to cloud terlihat sangat mirip dengan petir tipe intracloud. Pasalnya, petir ini juga terlihat berada di dalam awan, namun bedanya petir ini melewati dua awan yang berbeda. Alasannya karena awan yang satu memiliki muatan positif, sedangkan yang kedua memiliki muatan negatif. 

5. Dry lightning atau petir kering

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! sciencemag.org

Dilansir dari ThoughtCo, dry lightning atau petir kering biasa terjadi di kala musim panas. Bayangkan, petir ini bisa muncul tanpa disertai hujan! Pantas saja kalau tipe petir yang satu ini dinamakan petir kering. 

Mungkin petir kering terdengar tidak terlalu mengerikan, karena tidak disertai badai. Namun, kamu perlu tahu kalau petir kering lah yang justru sering menghasilkan kebakaran hutan. Sudah cuaca sedang panas, tersambar petir pula. Maka dari itu, ini adalah tipe petir yang ditakuti di daerah barat Amerika Serikat.

6. Petir red sprites

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! strangesounds.org

Petir red sprites memiliki penampakan yang berbeda dari petir-petir pada umumnya. Bagaimana tidak, petir tipe ini memiliki warna merah dan hanya berlangsung selama beberapa detik saja. Petir ini menjadi semakin unik karena bentuknya yang menyerupai wortel, ubur-ubur, atau seperti kolom.

Berhubung warna dari petir red sprites sangat cerah, maka petir ini tidak bisa dilihat secara sembarang. Mereka hanya bisa terlihat di malam hari. Bahkan, untuk melihatnya secara jelas, kamu harus menggunakan kamera dengan lensa yang sensitif.

7. Space lightning atau petir luar angkasa

Ini 7 Jenis Petir yang Ada di Alam, Terlihat Keren tapi Berbahaya! sciencemag.org

Tidak semua orang pernah melihat tipe petir yang satu ini. Usut punya usut, ini merupakan tipe petir yang dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Adapun pelaku di balik visualisasi ini adalah NASA. Jadi, NASA berusaha melihat petir dari posisi yang sangat berbeda, yakni dari atas awan. 

Contohnya adalah ketika mengambil gambar petir yang berada di Bolivia pada 2011. Gambar petir tersebut diambil dari International Space Station (ISS).

Itulah beberapa tipe petir yang ada di alam. Semuanya terlihat menakjubkan sih, tapi tetap saja seindah-indahnya petir semuanya sama-sama berbahaya! 

Baca Juga: Perhatikan, Ini 7 Persiapan untuk Menyelamatkan Diri dari Badai Petir

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya