Comscore Tracker

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Dunia

Mangsa tak bisa luput!

Burung adalah salah satu makhluk yang memiliki kecepatan gerak luar biasa. Bukan di darat, burung adalah penguasa udara. Dari langit, mereka melihat mangsa, lalu menukik dengan cepat dan secara akurat, menerkam mangsa!

Ada berbagai jenis spesies burung di dunia, dan mereka memiliki kecepatannya sendiri-sendiri. Namun, tidak dengan lima burung ini. Bagaikan "Lamont Jacobs" di udara, inilah 5 burung yang juara di segi kecepatan terbang!

Juara 5: Elang ekor merah

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Duniaelang ekor merah/Buteo jamaicensis (wikimedia.org)

Endemik di Amerika Utara dari Alaska hingga Panama, burung elang ekor merah (Buteo jamaicensis) terkenal sebagai burung pemangsa. Sebagai hewan oportunistis yang makan apa saja, makanan favorit elang ekor merah adalah hewan pengerat dan mamalia kecil.

Di tempat ke-5, elang ekor merah memiliki kecepatan terbang horizontal 32-64 kilometer per/jam. Terkesan lambat? Saat ia melihat mangsa, elang ekor merah dapat menukik dengan kecepatan 190 km/jam! Ditambah lagi, matanya yang 8 kali lebih tajam dari manusia dapat melihat makhluk sekecil tikus dari jarak 30,5 meter!

Juara 4: Gyrfalcon

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Duniaburung gyrfalcon/Falco rusticolus (wikimedia.org)

Di tempat ke-4, burung gyrfalcon (Falco rusticolus) adalah spesies elang terbesar di keluarga Falco! Ditemukan di Arktika dan Amerika Utara, burung gyrfalcon adalah lambang Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat (AS).

Dari segi kecepatan, gyrfalcon dapat terbang secara horizontal dengan kecepatan 80-110 km/jam tanpa henti. Beda cerita lagi saat melihat mangsa burung Lagopus dan Anseriformes. Saat menukik untuk "menjemput" mangsa, gyrfalcon dapat mencapai kecepatan 187-209 km/jam!

Baca Juga: Jarang Mengudara, 10 Hewan Ini Ternyata Bisa Terbang

Juara 3: Elang emas

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Duniaelang emas/Aquila chrysaetos (audubon.org)

Dengan lebar sayap 1,8-2,4 meter, elang emas (Aquila chrysaetos) adalah burung tercepat selanjutnya. Datang dari belahan bumi Utara, elang emas memangsa tupai hingga kelinci untuk makanannya.

Dari segi kecepatan terbang horizontal, elang emas memang kalah cepat dibandingkan dengan gyrfalcon, yaitu 45-51 km/jam. Namun, saat melihat mangsa, elang emas dapat menukik dengan kecepatan 322 km/jam! Elang emas mengorbankan kelincahan dan manuver untuk mencaplok mangsa secara tiba-tiba.

Juara 2: Elang saker

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Duniaburung elang saker/Falco cherrug (wikimedia.org)

Diakui sebagai burung nasional Hongaria, Uni Emirat Arab, dan Mongolia, elang saker (Falco cherrug) sebenarnya datang dari Eropa Tengah. Sayangnya, status elang saker saat ini adalah "terancam punah" karena penurunan populasi drastis!

Elang saker mengintai hewan pengerat dan burung yang lebih kecil sebagai makanannya. Memiliki kecepatan terbang horizontal 150 km/jam, burung dengan sayap berukuran 97–126 sentimeter ini dapat menukik dan menyergap mangsanya di kecepatan 320 km/jam!

Juara 1: Elang peregrine

Top 5 Burung dengan Kecepatan Terbang Tertinggi di Duniailustrasi elang peregrine/Falco peregrinus, burung tercepat di dunia, sedang menukik (thekidshouldseethis.com)

Di juara pertama, burung elang peregrine (Falco peregrinus) adalah burung tercepat di dunia saat ini! Burung ini datang dari Amerika Utara dan dikenal dunia sebagai ikon hewan pemburu yang efektif. Meski kalah dengan gyrfalcon di kecepatan horizontal (65–90 km/jam), elang peregrine mencatatkan kecepatan menukik di kisaran 389 km/jam!

Kecepatan menukik yang ekstrem tersebut adalah berkat kemampuan sang burung untuk melipat sayapnya ke belakang, sehingga tak ada hambatan. Saat menukik pun, elang peregrine tetap menyesuaikan tubuh agar bisa meluncur lebih cepat dan tepat sasaran! Bukan main-main, mangsa elang peregrine adalah burung merpati atau bebek.

Itulah lima burung jawara yang kecepatan terbangnya diakui dunia! Saat mereka terbang dan mengunci mangsa sebagai target, dijamin tepat sasaran. Dari burung-burung ini, manakah yang kamu suka?

Baca Juga: 15 Hewan Terkenal yang Dikira Punah, padahal Masih Ada

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya