Virus Zombi Purba Bangkit dari Es di Siberia? Ini Faktanya!

Tunggu, jangan panik dulu

Bukan rahasia kalau dunia tidak sesejuk dahulu kala. Pemanasan global telah menyebabkan lapisan es dunia mencair secara signifikan.

Selain meningkatkan permukaan air laut, lapisan es yang mencair dikhawatirkan melepaskan berbagai mikroorganisme yang dulunya terperangkap. Hasilnya, bakteri atau virus baru!

Meneliti ibun abadi di Siberia

Virus Zombi Purba Bangkit dari Es di Siberia? Ini Faktanya!ilustrasi permafrost (bbc.com)

Dimuat dalam jurnal bioRxiv pada 10 November 2022, para peneliti Prancis, Rusia, dan Jerman mencatat bahwa seperempat belahan bumi utara adalah ibun abadi atau permafrost. Namun, pemanasan iklim global membuat permafrost mencair.

"Cairnya ibun abadi melepaskan materi organik yang beku selama jutaan tahun, kebanyakan terurai menjadi karbon dioksida dan metana, meningkatkan efek rumah kaca," tulis para peneliti.

Selain mikroba, para peneliti mengatakan bahwa virus dari masa prasejarah juga ikut bangkit. Dikarenakan jumlah studi mengenai virus yang bangkit dari mencairnya lapisan es dunia, para peneliti khawatir hal ini membuat dunia abai dan meremehkan virus-virus tersebut.

Para peneliti kemudian "membangkitkan" berbagai virus dari ibun abadi Siberia. Menurut para peneliti, virus-virus yang bangkit akibat pemanasan iklim global bisa berbahaya untuk dunia. Jadi, perlu studi lebih lanjut untuk mengetahui risiko penyebaran virus masa lampau yang hadir akibat pencairan lapisan es dunia.

Disclaimer: Studi bertajuk "An update on eukaryotic viruses revived from ancient permafrost" ini masih pracetak dan belum melewati ulasan sejawat (peer-review). Hasil penelitian ini belum bisa dijadikan patokan absolut dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Masih berpotensi menyebabkan penyakit menular

Dari virus-virus yang ditemukan oleh para peneliti, salah satu virus berusia hampir 50.000 tahun (48.500 tahun). Ditemukan di bawah danau beku, usia virus tersebut memecahkan rekor virus beku yang bisa langsung menginfeksi organisme lainnya.

Virus amuba berusia 48.500 tersebut sebenarnya adalah satu dari 13 virus yang ditemukan di ibun abadi dalam studi pracetak tersebut. Sembilan dari 13 virus tersebut berusia puluhan ribu tahun, dan para peneliti mencatat bahwa tiap virus memiliki ciri genome khas yang berbeda dari virus lainnya.

Dengan kultur amuba sel tunggal hidup, tim peneliti menunjukkan bahwa para virus masih bisa menjadi patogen yang berpotensi menjadi penyakit menular. Meski bakteri yang juga lepas ke dunia masih bisa ditangkal dengan antibiotik, SARS-CoV-2 menjadi contoh bagaimana manusia masih kurang siap menghadapi ancaman kesehatan baru.

"Situasinya bisa lebih berbahaya saat penyakit tanaman, hewan, dan manusia disebabkan oleh bangkitnya virus asing dari masa lampau," tulis para peneliti.