Comscore Tracker

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia I

Biang kerok "Perang untuk Mengakhiri Perang"!

Dalam sejarah militer modern, dunia telah menjadi saksi bisu dua Perang Dunia. Perang Dunia I (PD1) terjadi di awal abad ke-20, tepatnya 1914, dan berjalan selama 4 tahun hingga 1918. Melibatkan sekitar 70 juta pasukan, perang antara blok sentral dan blok sekutu ini melenyapkan sekitar 40 juta jiwa!

Selain peperangan, PD1 nyatanya juga diperparah oleh pandemi Flu Spanyol yang merenggut nyawa masyarakat dan tentara. Tetapi, apakah faktor di balik meletusnya PD1? Inilah beberapa kejadian yang melatarbelakangi PD1.

1. Persekutuan Prancis-Rusia (1894)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ibendera tanda Aliansi Rusia-Prancis (wikimedia.org)

Pada 1870-1871, Prancis takluk dari Kerajaan Prussia dan menjadi cikal bakal Jerman. Melihat keganasan Jerman semakin menjadi-jadi setelah bekerja sama dengan Austria-Hongaria dan Italia, Prancis mengajak Rusia untuk berkongsi. Saat itu, Rusia juga tengah bersitegang dengan Jerman!

Koalisi Rusia dan Prancis adalah cikal bakal blok Sekutu di PD1 atau Tiga Entente/Triple Entente yang kemudian melibatkan Britania Raya. Secara bertahap, Triple Entente terbentuk lewat tiga persetujuan:

  • Koalisi Rusia-Prancis (1894)
  • Entente Cordiale Britania Raya-Prancis (1904)
  • Entente Britania Raya-Rusia (1907)

Dalam peperangan, sistem aliansi amat penting, bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya perang. Selain menetapkan ekspektasi, sistem aliansi perang menentukan jenis perang dan persiapan yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

2. Jerman menetapkan Undang-undang AL (1898)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ilaksamana Alfred von Tirpitz (wikimedia.org)

Disahkan oleh Menteri Angkatan Laut (AL) Kekaisaran Jerman pada 1898, Laksamana Alfred von Tirpitz, dan Kaisar Jerman Wilhelm II, Undang-Undang (UU) AL Jerman memperbesar ukuran armada perangnya. UU ini adalah yang pertama dari lima seri UU untuk memperkuat militer AL Jerman agar mengungguli AL Kerajaan Britania Raya!

Apa jawaban Britania Raya? Memperbesar armadanya! Britania Raya juga mengakhiri politik splendid isolation (tidak mau beraliansi) dan bekerja sama dengan Jepang pada 1902, lalu Prancis (1904) dan Rusia (1907). Pertanyaannya, apakah Jerman siap?

3. Perang Rusia-Jepang (1904-1905)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ilukisan Perang Rusia-Jepang (1904) (wikimedia.org)

Tsar Rusia, Nikolai II, bermaksud untuk mencari akses ke Samudra Pasifik yang hangat untuk angkatan laut dan kapalnya. Ia pun membidik Korea. Tetangga Korea, Jepang, melihat tindakan Rusia sebagai ancaman dan melancarkan serangan terhadap pasukan Rusia di Pelabuhan Arthur, Tiongkok. Jepang pun keluar sebagai pemenang.

Kemenangan Jepang mengguncang keseimbangan kekuatan militer Eropa. Masalahnya, Britania Raya baru bekerja sama dengan Jepang, sementara Prancis dengan Rusia! Tidak mau ikut campur, sekutu Rusia, Britania Raya dan Prancis, menandatangani Entente Cordiale pada 1904.

Agar reda, Prancis membujuk Rusia untuk berkoalisi dengan Britania Raya juga, hingga mereka berjabat tangan pada 1907. Inilah dasar-dasar blok Sekutu pada PD1.

4. Krisis Bosnia (1908)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ikomik satir Le Petit Journal: Bulgaria merdeka (Tsar Ferdinand), Austria-Hongaria (Kaisar Franz Joseph) mencaplok Bosnia-Herzegovina, dan Utsmaniyah (Sultan Hamid II) pasrah (wikimedia.org)

Menurut Perjanjian Berlin 1878, Bosnia-Herzegovina, yang ada di bawah Kesultanan Utsmaniyah/Ottoman, juga dikuasai oleh Austria-Hongaria. Namun, saat pemerintah Austria-Hongaria menduduki Bosnia-Herzegovina, protes keras dilayangkan oleh negara besar Eropa dan tetangga Austria-Hongaria, Serbia dan Montenegro.

Setelah Penjanjian Berlin direvisi pada 1909, memang krisis tersebut berhenti. Tetapi, insiden ini memperburuk hubungan diplomatik antara Austria-Hongaria dan Serbia, Italia, serta Rusia. Tensi antar negara pun memuncak hingga bermulanya PD1 pada Juli 1914 dengan Serbia dan Austria-Hongaria saling mengumandangkan perang satu sama lain.

Baca Juga: Epik, Ini 10 Pertempuran Penting yang Terjadi Selama Perang Dunia I

5. Krisis Maroko II/Krisis Agadir (1911)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Itentara Prancis di Maroko memicu krisis Agadir (wikimedia.org)

Sebelumnya, pada 1905-1906, krisis terjadi di Maroko saat Kaisar Jerman Wilhelm II mengunjungi Tangier. Saat itu, Wilhelm II "mendukung" kesultanan Maroko, tindakan yang memprovokasi Prancis. Britania Raya membela Prancis. Berdasarkan Konferensi Algeciras 1906, Prancis yang menang, sementara yang mendukung Jerman hanya Austria-Hongaria.

Pada 1909, Prancis dan Jerman setuju bahwa sementara Prancis menguasai Maroko, kedua negara harus menjaga kepentingan ekonomi masing-masing. Tetapi, pada 1911, terjadi sebuah demonstrasi di Maroko. Jerman menyangka hal tersebut adalah upaya Prancis untuk menduduki Maroko dan mengirim pasukannya ke Pelabuhan Agadir!

Seperti biasa, Britania Raya mendukung Prancis dan mengatakan bahwa "harga diri negara lebih berharga dari perdamaian". Jadi, Jerman mengakui kedaulatan Prancis di Maroko (setelah mendapatkan Kongo dari Prancis dan menamainya Neukamerun). Kedua krisis di Maroko ini semakin mendekatkan Britania Raya dan Prancis, serta melukai Jerman.

6. Pendudukan Libya oleh Italia (1911)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ifoto tentara Italia menginjakkan kaki di Tripoli (1911) (wikimedia.org)

Pada 1911, Italia "iri" dengan Prancis dan Britania Raya yang berhasil mendapatkan negara di benua Afrika bekas Kesultanan Utsmaniyah. Prancis mengatakan bahwa Italia bisa "mengambil" Libya, negara di Afrika Utara yang berada di bawah Kesultanan Utsmaniyah. Utsmaniyah ingin menyerahkan Libya tanpa perang. Italia maunya perang!

Terjadilah perang Turki-Italia pada 1911-1912. Fakta menarik, perang ini menampilkan penggunaan pertama pesawat tempur! Penyelesaiannya, Libya jatuh ke tangan Italia dan berdirilah koloni Italia Tripolitania dan Cyrenaica. Pendudukan Libya menunjukkan kegoyahan Kesultanan Utsmaniyah.

7. Perang Balkan (1912-1913)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ilukisan tentara Bulgaria di Pengepungan Lozengrad selama Perang Balkan (1914) (wikimedia.org)

Setelah memisahkan diri dari Kesultanan Utsmaniyah, Serbia, Bulgaria, Montenegro, dan Yunani bersatu jadi Liga Balkan. Didukung oleh Rusia, Liga Balkan ingin menduduki wilayah Utsmaniyah di kawasan Balkan. Kesultanan Utsmaniyah pun goyah setelah Italia menduduki Libya.

Melihat kesempatan tersebut, Liga Balkan memulai Perang Balkan I meletus pada 1912-1913, dan Utsmaniyah pun kalah. Tetapi, Liga Balkan kemudian bubar dan Perang Balkan II terjadi pada 1913 antara Bulgaria dan Yunani serta Serbia untuk mendapatkan Makedonia. Bahkan, Utsmaniyah dan Rumania pun ikut melawan Bulgaria.

Tentu saja, Bulgaria kalah. Selain itu, Utsmaniyah berhasil merebut sedikit daerah. Melihat Serbia yang mengganas, Austria-Hongaria dan Jerman terpaksa turun tangan! Jerman juga menganggap Serbia "bawahan" Rusia. Jadi, Austria-Hongaria bersama Jerman pun memaklumkan perang melawan Serbia untuk mempertahankan wilayahnya!

8. Pembunuhan Franz Ferdinand (1914)

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Ihistory.com

Atas perintah Kaisar Austria-Hongaria Franz Joseph I, Archduke Franz Ferdinand (calon penerus takhta Austria-Hongaria) berangkat ke Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, bersama istrinya, Sophie, untuk memantau persiapan militer pada 1914. Naasnya, Franz Ferdinand dan istri tewas di tangan Gavrilo Princip!

Princip sendiri adalah anggota dari organisasi rahasia Black Hand/Црна рука dari Serbia yang bertujuan memerdekakan provinsi Slavia Selatan. Selain itu, Serbia seolah tidak ingin disalahkan dan hanya menyetujui beberapa persyaratan Austria-Hongaria.

Pembunuhan Franz Ferdinand dan istrinya membuat tensi di Eropa memuncak! Rusia tetap mempertahankan gengsi sebagai "pelindung Serbia", sehingga Austria-Hongaria meminta bantuan Jerman. Jerman pun setuju, dengan syarat Austria-Hongaria berperang melawan Serbia. Austria-Hongaria pun menyatakan perang terhadap Serbia pada 28 Juli.

Pada 30 Juli, Rusia mengerahkan pasukannya. Jerman sendiri takut terhadap Rusia dan Prancis. Jadi, pada 1 Agustus, Jerman menyatakan perang melawan Rusia, dan lusanya melawan Prancis. Pasukan Jerman bermaksud melintasi Belgia untuk menyerang Prancis.

Belgia meminta bantuan Britania Raya, dan Britania Raya - sebagai kawan Prancis dan Rusia - ikut menyatakan perang melawan Jerman pada 4 Agustus. Perang Dunia I pun dimulai!

Daftar 8 Kejadian Penting yang Menyebabkan Perang Dunia Irapat pertama Liga Bangsa-Bangsa di Jenewa, Swiss (1920) (wikimedia.org)

Perang Dunia I berlangsung selama 4 tahun hingga November 1918 dengan runtuhnya blok Sentral. Empat pentolan blok Sekutu, Britania Raya, Prancis, Amerika Serikat (baru berperang pada 1917), dan Italia, naik daun. Sementara, negara-negara blok Sentral harus menerima konsekuensi, terutama Jerman di bawah Perjanjian Versailles pada 1919.

Lalu, berdirilah Liga Bangsa-Bangsa (sekarang PBB) pada 1919 untuk mencegah peperangan seperti ini terjadi. Oleh karena itulah, PD1 juga tadinya disebut "Perang untuk Mengakhiri Segala Perang". Namun, apa yang terjadi? Sekitar dua dekade kemudian, Perang Dunia II meletus. Penyebabnya? Jerman lagi.

Baca Juga: Legendaris! 6 Penemuan dari Perang Dunia I Ini Dipakai hingga Kini

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya