TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Fakta Sejarah Mahjong, Permainan yang Berasal dari Tiongkok

Sering dimainkan kala kebosanan melanda~

cbc.ca

Jika kamu pengguna PC dengan OS Windows 7, pasti tak akan asing dengan permainan satu ini: Mahjong! Game Mahjong disertakan dalam Windows 7 dan sering kita mainkan apabila sedang bosan. Mahjong dimainkan dengan 144 set ubin dengan berbagai karakter dan simbol khas Tiongkok, masing-masing memiliki makna tersendiri.

Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah permainan Mahjong? Ketahui lebih lanjut lewat artikel berikut ini! Geser layarmu ke bawah untuk membaca, ya!

1. Diperkirakan, Mahjong diciptakan pada akhir abad ke-19

thoughtco.com

Rumor menyebut bahwa permainan Mahjong telah berusia lebih dari 2.500 tahun. Namun, catatan sejarah tertua yang pernah ditemukan mengungkap bahwa Mahjong diciptakan pada tahun 1880-an, jelas laman Roundhouse Community Arts & Recreation Centre.

Para peneliti menyebut bahwa permainan ini berasal dari akhir abad ke-19 di Provinsi Kiangsu, Anhwei dan Chekiang yang terletak di dekat Shanghai. Mahjong dikaitkan dengan permainan Mah-tiae karena memiliki set ubin dan aturan tradisional yang sama.

2. Mengalahkan popularitas catur

pwcf.org

Berkat keunikannya, dalam sekejap Mahjong menjadi populer dan digemari oleh banyak orang. Setelah tahun 1905, permainan ini menyebar ke seluruh Tiongkok dan menyalip popularitas catur. Padahal, sebelum itu catur adalah permainan yang paling terkenal.

Tak lama, Mahjong pun menyebar ke negara-negara lain. Hal ini berkat kontribusi ekspatriat yang tinggal di Tiongkok dan menyukai permainan itu. Mahjong dimainkan di kafe-kafe oleh para ekspatriat lalu diperkenalkan ke negara mereka.

3. Pada tahun 1920, buku tentang Mahjong terbit

worthpoint.com

Popularitas Mahjong mulai menyebar ke berbagai negara. Salah satunya berkat Joseph Park Babcock. Di tahun 1920, ia menerbitkan buku tentang aturan permainan Mahjong. Buku ini disebut sebagai red book dan berperan dalam memperkenalkan aturan Mahjong.

Rupanya, Joseph Babcok telah mempelajari Mahjong semenjak ia tinggal di Tiongkok. Dalam bukunya, ia menyederhanakan aturan permainan supaya pembacanya (yang berasal dari Amerika) lebih memahami permainan ini.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Permainan Catur, Perjalanan Menarik bagi Penggemarnya

4. Di tahun yang sama, perusahaan asal Amerika Serikat berhasil menjual hingga 12.000 set Mahjong

picturepush.com

Meskipun ada antropolog asal Amerika Serikat bernama Stewart Cullen yang menulis makalah tentang Mahjong di tahun 1895, permainan ini tidak sepenuhnya diperkenalkan hingga tahun 1920-an. Lantas, siapa yang berjasa mengenalkan Mahjong di Amerika?

Perusahaan Abercrombie & Fitch adalah yang pertama menjual set Mahjong. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil menjual hingga 12.000 set Mahjong! Saking larisnya, mereka mengirim utusan ke Tiongkok agar membeli semua set Mahjong yang tersedia.

5. Seperti apa aturan tradisional Mahjong?

brooklinelibrary.org

Seperti apa aturan tradisional dalam bermain Mahjong? Pertama, empat ubin mata angin diletakkan menghadap ke bawah, sementara masing-masing permain mengambil satu untuk menentukan tempat duduk mereka, yakni di utara, selatan, timur dan barat. Total orang yang bermain berjumlah empat orang.

Lalu, setiap pemain diberi 14 ubin. Untuk mendapatkan Mahjong, pemain harus mengatur ubin menjadi empat set dan sepasang. Setelah itu, ubin yang tersisa dibentuk menjadi dinding dengan panjang 17 ubin dan tinggi 2 ubin di depan setiap pemain, ungkap laman Roundhouse Community Arts & Recreation Centre.

6. Karakter apa saja yang ada dalam Mahjong?

eventbrite.com

Seperti yang diutarakan sebelumnya, Mahjong memiliki karakter dan simbol khas Tiongkok. Masing-masing memiliki makna yang spesial. Misalnya, batu yang disebut juga sebagai roda, lingkaran atau kue. Bentuk bulat mewakili 筒 (tóng), yakni koin dengan lubang persegi di tengah, terang laman Thought.co.

Ada pula karakter bunga yang berjumlah delapan set. Ada empat ubin bunga yang mewakili empat musim, yakni musim dingin (dōngtiān), musim semi (chūntiān), musim panas (xiàtiān) dan musim gugur (qiūtiān). Sementara, empat ubin yang tersisa mewakili tanaman konfusianisme, yaitu anggrek, bambu, krisan dan prem. Unik!

7. Mahjong sempat dilarang di tahun 1940-an

liveabout.com

Di tahun 1940-an, Mahjong dilarang di Tiongkok setelah peristiwa Revolusi Komunis. Pemerintah Tiongkok beranggapan bahwa Mahjong mendorong perjudian dan dianggap sebagai hiburan kaum borjuis. Jika terlihat Mahjong dimainkan, para pemain akan ditangkap oleh polisi, jelas laman Roundhouse Community Arts & Recreation Centre.

Namun, larangan ini dicabut pada tahun 1985 dan Mahjong kembali bebas dimainkan. Pertandingan Mahjong kembali digelar dan permainan ini populer lagi seperti sediakala. Lalu, pada 1 November 2007, kejuaraan dunia resmi Mahjong diselenggarakan di Chengdu, Sichuan, Tiongkok dan berlangsung selama 5 hari.

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Sudoku, Permainan Teka-Teki yang Menuntut Logika

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya