Comscore Tracker

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temui

Pernahkah kamu mencoba buah-buah unik berikut?

Dalam dunia flora, ada banyak tanaman yang memiliki buah-buah yang unik dan langka yang tentunya kamu jarang mendengar namanya, bahkan namanya tidak pernah terdengar sama sekali.

Selain unik, beberapa buah ini juga termasuk langka karena hanya tumbuh dan berbuah di daerah-daerah tertentu. Tidak semua orang dapat menikmati rasa unik buah-buah berikut. Nah, kira-kira, buah apa saja ya yang unik dan langka di dunia ini? Yuk, disimak.

1. Biriba atau srikaya nanas

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temuikitchengardenselfsufficiency.com

Biriba merupakan buah yang mirip dengan srikaya pada umumnya, namun konon rasanya sangat unik dan khas karena mirip nanas. Aneh, kan? Srikaya, tapi bercita rasa nanas. Buah ini merupakan buah asli Amerika Selatan yang hanya tumbuh dengan baik di dataran Brazil, Peru, Paraguay, Venezuela, Meksiko Selatan, dan Argentina.

Dilansir Growables, buah unik ini memiliki tekstur lembut, berair, dan mengandung sedikit asam pada kandungan buahnya. Buah ini juga merupakan salah satu komoditas utama di daerah Amazon karena jumlahnya yang melimpah dan dapat dibudidayakan di dataran Amerika Selatan.

2. Limau jari asal Australia

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temuinature-and-garden.com

Limau jari Australia (australian finger lime) adalah buah unik yang berasal dari Australia. Sebetulnya, rasanya mirip dengan jeruk limau biasa, namun bentuk dan teksturnya kecil-kecil mirip telur ikan.

Menurut Nature and Garden, pertumbuhan tanaman ini termasuk lambat. Pohon limau jari australia akan berbunga (calon buah) setelah berusia 3 hingga 5 tahun. Namun, 2 tahun setelah mulai berbuah, tanaman ini akan terus berbuah dalam rentang waktu yang lama pula.

Baca Juga: 8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!

3. Miracle berry

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temuisuperfoodly.com

Miracle berry atau buah beri ajaib merupakan tanaman semak yang berasal dari Afrika Selatan. Menurut laman Super Foodly, buah ini dinamakan "ajaib" karena kemampuannya yang dianggap sebagai pemanis pengganti gula sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai pemanis alternatif yang memiliki indeks glikemik tidak setinggi gula tebu.

Uniknya lagi, sebetulnya buah ini hampir tidak memiliki rasa apa pun. Namun, kemampuannya yang dapat menimbulkan efek sugesti rasa manis di lidah membuat buah ini dianggap ajaib bagi kebanyakan warga Afrika.

Makan makanan apa pun jadi terasa manis di jam-jam berikutnya setelah kamu memakan satu atau dua buah ini. Benar-benar ajaib, ya?

4. Kiwano

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temuiparade.com

Kiwano adalah melon unik dan khas yang berasal dari dataran Afrika Tengah dan Afrika Selatan. Saat matang, kulit luar kiwano berwarna kuning cerah atau kadang cenderung gelap. Dengan tekstur berair dan lembut, buah dengan nama ilmiah Cucumis metuliferus ini juga memiliki biji yang dapat dimakan.

Seperti diberitakan dalam jurnal Healthline, ternyata buah kiwano juga memiliki beberapa manfaat. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Selain itu, kandungan kiwano dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah agar selalu terjaga dalam kisaran normal.

5. Akebia

5 Buah Unik dan Langka yang Pastinya Sangat Jarang Kamu Temuitsuyukusairo.com

Akebia atau anggur akebi merupakan buah yang penyebarannya terdapat di Tiongkok, Korea, dan Jepang. Seperti diberitakan Japan Times, anggur akebi dapat ditemukan di Jepang pada musim gugur.

Pada zaman dulu, buah akebia biasa digunakan untuk sarana obat-obatan dan juga sebagai bahan dasar minuman anggur. Rasanya tidak terlalu manis seperti jenis anggur lainnya, malah cenderung hambar.

Itulah lima buah unik dan langka yang hanya tumbuh di daerah tertentu di dunia. Semoga dapat menambah wawasan kamu di bidang flora, ya!

Baca Juga: 10 Buah dan Tanaman yang Kita Tahu Ini, Bentuk Dulunya Gak Begitu!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya