Comscore Tracker

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di Dunia

Bisa melacak sesuatu dalam radius puluhan kilometer

Beberapa jenis fauna ternyata memiliki kemampuan hebat dalam mendeteksi bau atau aroma melalui indra penciuman mereka. Kemampuan tersebut bisa mereka gunakan untuk banyak hal, seperti berburu, melacak keberadaan predator, melacak anak-anak mereka, sampai memilih makanan yang mereka sukai.

Hebatnya lagi, indra penciuman mereka bisa mendeteksi sesuatu yang jaraknya sangat jauh. Namun beberapa dari jenis hewan tersebut juga memiliki penglihatan yang tidak begitu baik. Inilah lima hewan yang memiliki penciuman paling tajam di dunia. Apa saja, ya?

1. Hiu

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di DuniaUnsplash/David Clode

Meskipun kehebatan indra penciuman hiu yang luar biasa tajam sering dibesar-besarkan oleh banyak kalangan, faktanya kebanyakan hiu memiliki kemampuan mencium aroma yang lebih baik daripada hewan laut lainnya.

Melansir Sharktrust.org, dua pertiga dari total kapasitas otak hiu digunakan untuk penciuman. Hiu juga dapat membedakan bau atau aroma di dalam air, seperti aroma mangsa, sesama predator, maupun aroma di musim kawin.

Hiu juga dapat mendeteksi bau setetes darah dari jarak yang sangat jauh. Ini mengindikasikan bahwa hiu memiliki indra penciuman yang sensitif terhadap objek cair yang menggugah selera mereka.

2. Anjing

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di DuniaUnsplash/Berkay Gumustekin

Tentu kamu sudah mengetahui bahwa anjing merupakan hewan sahabat manusia yang memiliki kemampuan penciuman yang sangat tajam. Ditulis dalam Sciencenetlinks.com, bahwa anjing memiliki penciuman 10.000 - 100.000 kali lebih tajam dibandingkan dengan manusia.

Menurut penelitian, anjing diketahui memiliki sekitar 300 juta reseptor pada indra penciumannya. Sedangkan manusia hanya memiliki sekitar 6 juta reseptor.

Hal inilah yang menjadikan anjing berguna bagi banyak kepentingan manusia seperti pelacak narkoba, mendeteksi kanker, membantu keamanan tempat-tempat publik, sampai digunakan untuk berburu.

3. Ular

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di DuniaUnsplash/Waldemar Brandt

Ular memiliki pandangan atau penglihatan yang buruk, namun ular dapat mendeteksi bau atau aroma apapun secara sempurna. Ular mencium sesuatu melalui Jacobson atau vomeronasal, yakni organ penting yang terdapat pada langit-langit mulut.

Dalam mendeteksi sesuatu, ular juga selalu menjulurkan lidahnya. Lidah ular tersebut yang dapat membantu ular menganalisa bau atau aroma yang tertangkap dalam radar penciuman ular.

Karena penciuman ular sangat sensitif, sampai-sampai ular sangat tidak suka dengan bau atau aroma yang menyengat seperti parfum dan obat anti serangga.

4. Gajah

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di DuniaUnsplash/Nam Anh

Hewan besar ini juga memiliki kemampuan penciuman terbaik dibanding dengan hewan besar lainnya. Dilansir dari Worldatlas.com, gajah merupakan salah satu hewan yang termasuk memiliki penciuman dan naluri yang sangat tajam.

Gajah juga dapat mendeteksi keberadaan air sejauh 12 mil atau sekitar 19 kilometer. Ini merupakan salah satu kemampuan gajah dalam mempertahankan hidup di tengah ganasnya alam, terutama di benua Afrika.

5. Beruang

5 Hewan yang Memiliki Penciuman Paling Tajam di DuniaUnsplash/Zdenek Machacek

Hewan yang memiliki kemampuan penciuman tertajam di dunia adalah beruang. Ya, hewan buas ini dapat mendeteksi aroma yang terbawa angin dari jarak sejauh 20 mil atau setara 32 kilometer, seperti ditulis dalam Sectionhiker.com.

Beruang memiliki penciuman yang jauh lebih baik daripada anjing terlatih, dan bahkan penciuman beruang adalah tujuh kali lebih kuat ketimbang anjing pemburu.

Bukan hanya digunakan untuk mencari makanan atau berburu, beruang dapat melacak keberadaan anak-anak mereka dari jarak yang sangat jauh. Hal ini membuat anak-anak beruang dapat selalu aman jika berada dalam radius penciuman induk mereka.

Itulah lima hewan dengan indra penciuman terbaik di dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu di bidang fauna, ya!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya