Comscore Tracker

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zaman

Selalu ada kebaikan dan kejahatan; terang dan gelap

Dalam sains, iblis atau demon atau devil merupakan interpretasi kejahatan yang dilakukan oleh banyak orang di Bumi ini. Namun, dalam pandangan sosial, budaya, dan agama, keberadaan iblis bisa dikatakan ada secara nyata dalam balutan fisik yang mampu berinteraksi dengan alam manusia.

Bahkan, ada banyak kalangan ilmuwan cerdas yang pernah menemukan teori-teori sains hebat juga percaya dengan keberadaan atau eksistensi dari iblis ini, dicatat dalam laman Nature. Akan tetapi, pandangan mereka terhadap iblis mungkin agak berbeda dengan pandangan orang awam pada umumnya.

Nah, terlepas dari itu semua, pada sistem budaya dunia ini, ada banyak nama iblis yang dipercaya eksis, bahkan sudah menjadi bagian penting dalam kultur manusia. Siapa saja mereka? Yuk, disimak!

1. Mammon

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanbritannica.com

Dicatat dalam laman Britannica, iblis bernama Mamon atau Mammon merupakan iblis yang berkaitan dengan kekayaan dan harta duniawi. Dalam agama Kristen, kata Mamon sendiri ada dalam Alkitab Perjanjian Baru dalam kitab Matius. Sejarawan dan kalangan akademisi meyakini bahwa Mamon merupakan interpretasi dari orang-orang yang serakah akan uang.

Masih dalam laman Britannica, sejak abad ke-16, Mamon sering digunakan oleh bangsa Eropa untuk menyebut atau merujuk pada orang-orang yang mencari kekayaan dengan cara-cara yang jahat. Uniknya, selain dipercaya dalam lingkup agama, keberadaan Mamon juga dipercaya dalam lingkup sekuler bangsa Eropa di era abad pertengahan.

2. Behemoth

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanpinimg.com

Tidak dijelaskan secara detail bagaimana gambaran dari sosok Behemoth, iblis yang juga ada dalam kultur bangsa Eropa sejak zaman dulu. Namun, kalangan sejarawan meyakini bahwa Behemoth merupakan makhluk purba yang terkenal buas dan ganas meskipun tidak diketahui dari spesies apa.

Dilansir Mythology, Behemoth disebut-sebut sebagai raja di daratan, terutama memimpin hewan-hewan buas di muka Bumi. Keberadaan makhluk ini sudah dicari oleh banyak ilmuwan, filsuf, dan ahli agama sejak zaman dulu. Konsep akan Behemoth berbeda dengan iblis pada umumnya.

Yup, Behemoth justru dipercaya oleh akademisi sebagai hewan purba yang masih tersisa di zaman Ayub pada kisah Perjanjian Lama. Dalam kepercayaan kuno, Behemoth dikaitkan dengan "kekuatan tanpa tanding" yang kadang juga dihubungkan dengan kesombongan.

3. Azazel

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanartstation.com

Seperti diulas dalam laman Britannica, Azazel dalam kepercayaan Yahudi kuno dimaksudkan untuk merujuk pada iblis atau roh jahat yang disebut-sebut sebagai iblis yang menyebabkan manusia jatuh ke dalam dosa untuk pertama kalinya. Itu sebabnya, dalam kepercayaan kuno, ada ritual persembahan yang melibatkan dua ekor kambing jantan yang merepresentasikan kebaikan dan kejahatan.

Dalam laman New World Encyclopedia, menurut ilmuwan dan ahli sejarah teologi, Azazel diserap dari dua kata Ibrani kuno, yakni Azaz yang berarti kuat atau lancang dan El yang berarti Tuhan. Jika kata majemuk ini digambarkan secara utuh, makna Azazel bisa diartikan sebagai "makhluk yang diciptakan kuat dan perkasa" atau bisa juga "gunung yang kokoh".

Sementara, pada Alkitab Perjanjian Lama dijelaskan bahwa konsep Azazel merujuk pada kambing hitam yang dikorbankan (dilepaskan di padang gurun atau tebing) untuk acara ritual Yahudi kuno. Namun, kini banyak pihak meyakini bahwa Azazel merupakan konsep atau analogi dari perbuatan manusia dan tidak merujuk pada sosok tertentu.

4. Asmodeus

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanthousandwonders.net

Asmodeus digambarkan sebagai salah satu raja iblis yang dikaitkan dengan sifat-sifat berahi dan kemarahan, dikutip dalam laman Encyclopedia. Asmodeus atau Ashmedai juga konon disebut-sebut menguasai dosa yang menjadi salah satu dosa paling mematikan.

Kisah-kisah Asmodeus pernah muncul dalam kepercayaan-kepercayaan kuno sebagai simbol nafsu berahi. Dalam sebagian kisah, Asmodeus dikaitkan dengan perselisihan antara suami dan istri atau raja dengan ratunya yang menyebabkan peperangan dahsyat.

Baca Juga: 5 Fakta Sains Bayi Manusia, Kenapa Tampak Menggemaskan?

5. Beelzebub

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang ZamanPixabay.com/DAA

Sebetulnya, tidak ada kejelasan mengenai sosok iblis yang satu ini. Namun, pada beberapa literatur kuno, disebut bahwa Beelzebub digambarkan sebagai iblis keserakahan dan ketamakan. Pada kisah-kisah yang tercatat dalam demonologi (ilmu yang mempelajari tentang iblis), Beelzebub dianggap sebagai salah satu penguasa neraka dengan pengikut terbanyak.

Dalam kepercayaan kuno lainnya, Beelzebub dikonotasikan sebagai persembahan berhala yang direpresentasikan dengan gambaran hewan lalat, dilansir laman Occult World. Selain itu, Beelzebub sering digambarkan sebagai iblis yang pandai menyamar meskipun pada umumnya bisa dikatakan penyamarannya sangat buruk.

6. Abaddon

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanartstation.com

Disebut-sebut sebagai iblis terkuat di bawah Lucifer, iblis Abaddon diyakini pernah ada dan memerintah sebagian besar neraka. Dalam beberapa kepercayaan dan agama besar di dunia, Abaddon juga dikenal sebagai Apollyon--secara harfiah bermakna kehancuran dan penderitaan.

Menurut ceritanya, konon Abaddon merupakan pemimpin dari semua iblis yang ada di neraka dan alam semesta. Namun, dengan segala kengeriannya tersebut, bahkan kekuasaannya tidak sepadan dengan Lucifer.

7. Leviathan

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanwikia.nocookie.net

Dalam legenda (atau mitosnya), Leviathan merupakan makhluk besar penguasa lautan. Menurut laman Smithsonian Magazine, makhluk-makhluk besar di zaman prasejarah memang pernah ada. Dengan konsep dan penyebutan nama yang berbeda, spesies purba penguasa lautan pernah eksis akibat masifnya jumlah oksigen di zaman Bumi purba.

Namun, bisa juga sebagian lainnya hanya sekadar mitos. Misalnya, kisah-kisah naga raksasa yang muncul dari dalam lautan dianggap sebagai mitos bagi kebanyakan sejarawan. Kisah mengenai Leviathan hampir mirip dengan kisah iblis Behemoth. Keduanya menguasai dua unsur dunia yang berbeda, yakni lautan dan daratan.

8. Lucifer

8 Iblis Paling Terkenal yang Kisahnya Melegenda Sepanjang Zamanlooper.com

Berbeda dengan iblis-iblis lainnya, Lucifer atau Satan digambarkan sebagai iblis yang berparas tampan dan gagah. Dalam dunia kekristenan, Lucifer merupakan pimpinan tertinggi dari semua iblis yang ada. Nama Lucifer merujuk pada nama Bintang Fajar yang ada di Alkitab karena memang Lucifer diambil dari bahasa Latin, yakni Lux atau Lucis yang artinya cahaya dan Ferre yang maksudnya sebagai pembawa.

Dilansir laman History, kisah-kisah mengenai iblis--termasuk Lucifer--bagi ilmuwan dan akademisi lebih mengacu pada seluruh tindakan jahat, kriminal, dan keburukan dalam diri manusia. Kisah mengenai iblis juga selalu diidentikkan dengan hawa nafsu dan perlawanan manusia terhadap Sang Pencipta.

Itulah beberapa iblis yang kisahnya masih melegenda hingga kini. Ternyata, iblis dan konsep akan kejahatan itu terdiri dari banyak jenis, ya!

Baca Juga: Fakta Sains: Membedah Sejarah tentang 5 Makhluk Mitos Yunani Kuno

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya