Comscore Tracker

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Dunia

Negara mana saja, ya?

Ada beberapa negara di dunia yang memiliki reputasi kurang menyenangkan di mata dunia, bahkan reputasi tersebut dapat dikatakan buruk. Mulai dari korupsi, tingkat kejahatan tinggi, pelanggaran HAM, hingga perang berkepanjangan dialami oleh negara-negara ini.

Nah, jika kamu penasaran dengan negara-negara tersebut, inilah tujuh negara yang memiliki reputasi terburuk di dunia, mana saja?

1. Somalia

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Dunianews.sky.com

Kekeringan, kriminalitas, dan bajak laut merupakan reputasi negatif yang disematkan pada negara berpenduduk sekitar 15 juta jiwa ini. Perompak atau bajak laut Somalia memang sangat terkenal dan ditakuti di dunia.

Bagi kebanyakan kapal asing yang berlayar melewati laut Afrika, mereka harus menambah keamanan ekstra, dan tak jarang mereka menyewa pihak keamanan swasta untuk mengamankan kargo mereka dari serangan bajak laut Somalia.

Sebetulnya para perompak tersebut pada awalnya adalah nelayan biasa, seperti diberitakan BBC. Namun karena kondisi perekonomian negara yang memburuk, ditambah dengan hasil nelayan yang sudah tidak menjanjikan, mereka beralih profesi menjadi perompak.

Hingga saat ini, perompak Somalia merupakan salah satu perompak yang paling ditakuti di perairan Afrika, karena mereka tak segan-segan untuk membunuh dan mereka memang sulit untuk dilacak.

2. Nikaragua

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Duniacnbc.com

Nikaragua memiliki keindahan alam yang cukup membuat banyak wisatawan asing datang berkunjung ke sana. Negara berpopulasi 8 juta jiwa ini memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif, membuat tanah Nikaragua subur dan dapat dijadikan sumber pangan bagi kebanyakan rakyat Nikaragua.

Namun bukan keindahan alam yang menjadi reputasi Nikaragua, melainkan tingkat aborsi yang sangat tinggi, bahkan tertinggi di dunia. Aborsi atau pengguguran kandungan adalah hal yang lazim terjadi di sini, meskipun sebetulnya itu adalah ilegal secara hukum.

Keadaan ekonomi yang kurang bagus, dan ditambah dengan rendahnya tingkat pendidikan, membuat banyak warga Nikaragua terpaksa melakukan aborsi. Mereka menganggap bahwa memiliki anak lebih dari 1 atau 2 orang, akan membuat perekonomian mereka makin memburuk.

Baca Juga: 10 Negara dengan Transportasi Umum Terbaik di Dunia, Bikin Betah

3. Sudan Selatan

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Duniatheconversation.com

Sudan Selatan adalah salah satu negara yang tengah berjuang dalam menghadapi perang saudara dan bencana kelaparan akibat kekeringan. Situasi keamanan yang ada di negara berpopulasi 11 juta jiwa ini juga memprihatinkan, di mana kriminalitas adalah hal yang sering terjadi sehari-hari.

Salah satu reputasi buruk di Sudan Selatan adalah tingkat korupsinya. Ya, bahkan reputasi korupsi di Sudan Selatan sudah sangat mendunia, dan tentu membuat semua investor asing gerah. Korupsi inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa Sudan Selatan menjadi negara yang terbelakang.

4. India

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Dunialivemint.com

India merupakan negara besar dengan kekayaan budaya dan juga secara ekonomi. Militer India juga cukup disegani di dunia karena negara berpopulasi 1,3 miliar jiwa ini telah mampu memiliki senjata nuklirnya sendiri.

Namun, sayangnya India juga memiliki reputasi buruk di mata dunia. Dilansir BBC, India merupakan negara dengan birokrasi paling tidak efisien di Asia. Ada banyak laporan tentang keluhan investor atau pengusaha asing di India, di mana mereka mengeluh tentang birokrasi yang sangat berbelit-belit dan juga fasilitas umum yang kurang memadai.

Kini India memang tengah berbenah, namun sepertinya reputasi buruk tersebut tetap akan melekat dalam kurun waktu yang sangat lama di India.

5. Korea Utara

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di DuniaANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/File Photo

Mungkin saat ini Korea Utara bisa sedikit membuka diri dengan dunia luar, tapi tidak pada saat dulu. Bahkan Korea Utara memiliki reputasi sebagai negara paling tertutup di dunia, dan sepertinya saat ini Korea Utara masih memegang rekor tersebut.

Negara berpenduduk 25 juta jiwa ini memang memiliki peraturan yang ketat dan tegas terhadap segala sesuatu yang berbau asing. Mulai dari budaya, informasi, teknologi, hingga gaya hidup, semua yang ada di Korea Utara diatur berdasarkan hukum yang berlaku di sana.

6. Nigeria

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di Duniabostonglobe.com

Human Rights Watch dalam laman resminya mencatat bahwa Nigeria merupakan negara dengan tingkat toleransinya yang sangat rendah. Kekerasan yang dilakukan oleh kelompok Boko Haram di Nigeria telah membuat keamanan dan kestabilan politik di negeri ini tidak dipercaya di mata dunia.

Sebetulnya kelompok Boko Haram lebih sering beroperasi di perbatasan Nigeria dan Kamerun. Namun semakin lama kelompok ini kerap menguasai dan meneror kota dengan aksi kekerasan mereka. Selain kekerasan, kelompok ini juga ditakuti karena sering melakukan pembunuhan dan penculikan.

7. Irak

Korupsi Hingga Perang, Ini 7 Negara dengan Reputasi Terburuk di DuniaANTARA FOTO/REUTERS/Thaier al-Sudani

Telah lama Irak menjadi negara yang babak belur akibat perang berkepanjangan. Saat ini bahkan Irak memegang reputasi sebagai negara paling berbahaya di dunia, diikuti oleh Afghanistan dan Suriah.

Pemandangan kota-kota dengan bangunan yang hancur dan luluh lantak karena bom lazim terlihat di hampir seluruh negeri. Laman Telegraph bahkan mencatat bahwa Irak adalah negara yang paling tidak bersahabat, baik terhadap warga sipil lokal maupun warga asing.

Itulah tujuh negara yang memiliki reputasi paling buruk di dunia. Ternyata ada banyak faktor yang berkorelasi dengan reputasi sebuah negara, dan kita harus bersyukur dapat hidup dengan damai di negara kita.

Baca Juga: 6 Cara Memberantas Bibit Korupsi dalam Diri Sendiri!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya