Comscore Tracker

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uang

Hayo kamu seperti ini gak guys?

Di dunia ini segala sesuatunya membutuhkan uang, baik untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Hal tersebut membuat semua orang menyukai uang, dan berlomba-lomba untuk mendapatkan uang yang banyak, demi bisa mencukupi kebutuhan dan gaya hidup mereka.

Namun ternyata, terdapat sebuah gangguan psikologis yang bisa menyebabkan seseorang takut dengan uang lho. Gangguan psikologis tersebut dinamakan dengan Chrometophobia. Nah, berikut ini ulasan lengkap dari Chrometophobia.

1. Phobia langka yang membuat penderitanya takut dengan uang

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uangaol.com

Chrometophobia berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'chrimata' yang berarti uang, dan 'phobos' yang berarti ketakutan, sehingga jika digabungkan artinya adalah takut dengan uang. Para penderita Chrometophobia, akan kesulitan untuk menggunakan uang.

Mereka takut akan tanggung jawab yang muncul karena uang, maupun kekuatan yang bisa dimiliki oleh uang, sehingga membuat mereka benar-benar tidak bisa membeli apapun, sehingga akan sulit bagi mereka untuk mengurus diri mereka sendiri.

Hal tersebut membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan mereka, mengingat uang adalah hal yang penting untuk dapat bertahan hidup di dunia. Chrometophobia ini merupakan phobia yang cukup langka lho, dibandingkan dengan phobia lainnya, seperti aerophobia (takut terbang) atau cynophobia (takut anjing), karena mengingat fakta bahwa uang adalah hal yang penting untuk dapat bertahan hidup di dunia.

2. Sebagian besar penderitanya hidup di jalanan dan orang yang memiliki sedikit uang

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uangdollarsandsense.sg

Sebagian besar penderita dari Chrometophobia adalah orang-orang yang tinggal di pinggir jalan,seperti pengemis. Mereka cenderung cemas dengan sedikit uang yang mereka miliki, sehingga mereka memiliki beranggapan bahwa uang adalah sesuatu yang buruk. Akibatnya, mereka akan lebih menerima bantuan berupa makanan daripada uang untuk membeli makanan.

Selain orang yang tinggal di pinggir jalan, orang yang memiliki sedikit uang juga rentan lho terkena phobia langka ini, karena pola pikir mereka juga tidak berbeda jauh dengan orang-orang yang tinggal di pinggir jalan tersebut, bahwa uang adalah sesuatu yang buruk, karena nilai uang yang mereka miliki hanya sedikit dan takut akan dampak buruk dari kekuatan uang tersebut pada kehidupan mereka nantinya.

Baca Juga: 7 Tanda Agoraphobia dan Fakta Ilmiah tentang Kecemasan pada Keramaian

3. Penderitanya akan menunjukkan gejala seperti kecemasan yang ekstrem, pusing, berkeringat, dan mual

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uangkurio.id

Seperti dengan phobia lainnya, gejala yang dimiliki oleh penderita Chrometophobia, tergantung pada tingkat ketakutan mereka. Gejala yang biasa muncul pada penderita phobia takut uang ini yaitu kecemasan yang ekstrem bila melihat atau memegang uang, yang akhirnya akan membuat mereka merasakan gejala-gejala lainnya seperti pusing, berkeringat, dan mual.

4. Faktor lingkungan, genetik, kimia otak, dan pengalaman hidup berperan besar dalam perkembangan Chrometophobia

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uangpexels.com/pixabay

Meski penyebab utama dari phobia ini masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor seperti genetik, lingkungan, kimia otak, dan pengalaman hidup, memberikan perkembangan yang cukup besar pada Chrometophobia.

Contohnya saja seperti seseorang yang memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat gangguan mental seperti gangguan kecemasan, maka orang tersebut beresiko lebih tinggi menderita phobia langka ini. Begitu juga dengan faktor lainnya seperti pengalaman hidup. Seseorang yang mengalami pengalaman traumatis di masa lalunya, juga beresiko tinggi lho terkena phobia ini.

5. Chrometophobia bisa diatasi dengan terapi pemaparan bertahap dan terapi perilaku kognitif

Kenali Chrometophobia, Phobia yang membuat Orang Takut dengan Uangconsumer.healthday.com

Meski phobia ini memberi pengaruh yang sangat besar pada kehidupan sehari-hari dan cukup langka, bukan berarti phobia ini tidak bisa diatasi lho. Sama halnya dengan gangguan mental lainnya, yang ditangani dengan terapi, begitu juga dengan Chrometophobia.

Para penderita Chrometophobia bisa mendapatkan bantuan medis seperti terapi pemaparan yang dilakukan secara bertahap, atau juga bisa dengan terapi prilaku kognitif. Kedua terapi tersebut dapat mengurangi banyak gejala yang timbul akibat gangguan mental ini.

Selain itu, terapi-terapi tersebut juga lebih efektif mengatasi gangguan mental tersebut, dibandingan dengan penanganan medis yang menggunakan obat, yang memiliki efek samping, yang dikhawatirkan bisa memperparah kondisi penderitanya. Selain itu, obat-obatan juga tidak bisa menyembuhkan phobia, karena hanya bersifat sementara saja.

Nah, itulah ulasan dari Chrometophobia, yaitu phobia uang. Wah, ternyata ada juga ya yang gak suka uang!

Baca Juga: 5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias Gamophobia

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You