Comscore Tracker

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karang

Hati-hati dengan jarimu

Belut Moray adalah spesies belut yang hidup di lautan lepas. Mereka adalah spesies belut terbesar yang hidup di Bumi. Moray lebih suka hidup di bawah karang untuk bersembunyi dan dengan cepat memangsa ikan yang mendekati sarangnya. Hewan ini lebih menyukai lautan yang mempunyai suhu hangat sehingga akan dengan mudah dijumpai di Indonesia. Berikut beberapa fakta menarik tentang Belut Moray.

1. Memiliki sekitar 200 spesies

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karangaqua.org

Belut Moray terbagi menjadi dua divisi yaitu True Moray dan Snake Moray. Divisi pertama adalah yang paling umum ditemui dan memiliki sekitar 166 spesies. Perbedaan utama dari kedua divisi ini adalah sirip dibagian dorsal dari belut ini.

2. Spesies terbesar bisa mencapai 30 kilogram

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karangnews.scubafish.com

Spesies terbesar dari Belut Moray adalah giant moray (Gymnothorax javanicus). Dengan panjang mencapai 8 kaki dan beratnya lebih dari 30 kilogram menjadikanna spesies terbesar di keluarga Moray. Giant Moray dapat ditemukan di Laut Merah, Afrika bagian timur, hingga Laut Indo Pasifik.

3. Kebanyakan adalah hewan nocturnal

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karangblueplanet-liveboards.com

Jika kamu ingin melihat Belut Moray, maka menyelam pada malam hari adalah waktu yang tepat. Karena kebanyakan dari spesies Moray adalah hewan nocturnal yang banyak beraktivitas pada malam hari. Namun ada juga spesies yang aktif di siang hari seperti Echidna catenata.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Belut Listrik, Ikan Air Tawar yang Bisa Membunuh Manusia!

4. Moray mempunyai penglihatan yang buruk

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karangmnn.com

Belut moray ternyata mempunyai penglihatan yang buruk. Sehingga mereka lebih mengandalkan indra penciuman dan gerakan mangsanya untuk berburu di bawah air. Karena itu kita harus hati-hati jika memberi makan belut ini, karena bukan hanya makanan melainkan jari kamu juga bisa ikut tergigit oleh moray 

5. Belut ini ternyata mempunyai dua rahang

5 Fakta Moray, Belut yang Suka Sembunyi di Balik Karangreddit.com

Hal yang paling mengejutkan adalah Belut Moray ternyata mempunyai dua rahang yang masing-masing dilengkapi dua set gigi yang sangat tajam. Rahang pertama terletak di mulut Belut Moray dan rahang lainnya terletak pada tenggorokan yang berfungsi untuk memecah makanan yang kemudian masuk ke sistem pencernaannya.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Belut Moray, predator ganas yang suka bersembunyi di balik karang. 

Baca Juga: Yummy! Ini 7 Hidangan Berbahan Dasar Belut dari Berbagai Negara

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya