7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nanti

Tenang, gak akan menabrak kok!

Banyak peristiwa luar angkasa yang terjadi selama miliaran tahun ini. Salah satunya yang menghasilkan dampak luar biasa di Bumi adalah tabrakan asteroid di zaman dinosaurus.

Di tahun-tahun selanjutnya, ada banyak asteroid dan benda luar angkasa lain yang melintas cukup dekat dengan Bumi. Namun untungnya tidak sampai menabrak dan menimbulkan dampak yang serius.

Sepuluh tahun dari sekarang, diprediksi ada sebuah asteroid yang akan melintas sangat dekat dengan Bumi. Ia bernama 99942 Apophis. Untuk mengenalnya lebih lanjut, berikut ini fakta-fakta yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Apophis diprediksi akan melewati jalur orbit Bumi di tahun 2029

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantipopsci.com

Banyak rumor beredar bahwa Apophis akan menabrak Bumi dan terjadi kiamat di tahun 2029. Namun para ilmuwan mengatakan bahwa asteroid tersebut tidak akan menabrak. Hanya melewati jalur orbit Bumi dengan cukup dekat.

2. Informasi tentang Apophis

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nanticdn.disclose.tv

Apophis adalah batu luar angkasa yang memiliki diameter sekitar 350 meter. Asteroid ini memiliki bentuk yang tidak beraturan dan berwarna gelap. Walaupun begitu ia akan terlihat terang saat diamati dari Bumi.

3. Jarak antara Apophis dan Bumi akan menjadi sangat dekat pada saat itu

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantiphotojournal.jpl.nasa.gov

Ilmuwan mencatat bahwa di tanggal tersebut, Apophis hanya akan berjarak sekitar 19 ribu mil atau 31 ribu kilometer. Ini adalah jarak antara Bumi dan benda asing terdekat dalam sejarah.

Baca Juga: Baru Saja Tiba, OSIRIS-REx NASA Langsung Temukan Air di Asteroid Bennu

4. Fenomena ini tidak menyebabkan ketakutan

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantiearth.com

Bukannya takut, nampaknya warga Bumi malah gembira menyambut Apophis. Sebab fenomena ini dapat dibilang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Ilmuwan dapat mengamati asteroid dengan lebih dekat.

5. Apophis dapat dilihat dengan mata telanjang

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantikiowacountypress.net

Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Richard Binzel mengatakan bahwa Apophis dapat dilihat oleh mata telanjang. Ia memperkirakan sekitar dua juta orang akan melihatnya melintasi Bumi.

6. Sering dikaitkan dengan kejadian sial

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantiamazonaws.com

Ini karena fenomena tersebut jatuh tepat pada hari Jumat, tanggal 13 April 2029. Friday the 13th dikenal sebagai hari yang membawa kesialan. Selain itu Friday the 13th adalah judul dari film thriller yang menceritakan tentang pembunuhan.

7. Masih ada kemungkinan Apophis bisa menabrak Bumi

7 Fakta Apophis, Asteroid yang Akan Melewati Bumi di Tahun 2029 Nantidiscovermagazine.com

Ilmuwan meyakini bahwa Apophis tidak akan menabrak Bumi di tahun 2029. Akan tetapi mereka belum bisa memastikan akankah ada potensi tabrakan di tahun-tahun berikutnya.

Sebagian ilmuwan memprediksi bahwa di tahun 2036, jarak antara Apophis dan Bumi dapat mencapai 23 kilometer. Ini terlampau dekat dan dapat mengakibatkan tabrakan.

Wah kira-kira bisakah kita menyaksikan fenomena ini di 2029 mendatang? Catat tanggalnya ya!

Baca Juga: 10 Pesawat Antariksa Terbaik yang Terbang Mengejar Komet dan Asteroid

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You