Comscore Tracker

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumi

Wah, sudah kebetulan melihat planet yang mana nih?

Planet bukan benda langit yang asing di telinga kita. Pasalnya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar kita sudah diajari tentang planet-planet yang menjadi tetangga bumi. Dibandingkan dengan benda langit lainnya, planet yang ada di tata surya memang memiliki jarak yang cukup dekat dengan planet tempat kita tinggal.

Namun tentu saja jarak planet-planet ini tidak seperti jarak antara rumah kamu dan tetangga kamu. Saking jauhnya, beberapa planet hanya bisa dilihat dengan menggunakan teleskop. Tapi tidak semua planet membutuhkan teleskop, seperti yang dilansir dari farmersalmanac.com berikut ini lima planet yang bisa kamu lihat dari langit bumi.

1. Merkurius

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumimsureporter.com

Merkurius adalah planet terkecil dan terdekat dengan matahari. Karena letaknya yang berdekatan dengan matahari, kamu hanya bisa melihat Merkurius di pagi dan senja saja. Untuk bisa melihat Merkurius, kamu wajib bangun subuh karena Merkurius akan muncul satu jam sebelum matahari terbit dan penampakannya akan terlihat seperti bintang berwarna keemasan.

Tapi kalau kamu malas bangun pagi, kamu bisa melihatnya sore hari. Di langit barat, Merkurius akan muncul satu jam setelah matahari terbenam.

2. Venus

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumihttps://uk.news.yahoo.com

Di antara planet tetangga lainnya, Venus adalah planet paling akrab dengan bumi. Venus seringkali menyambangi langit bumi dan "menyamar" menjadi bintang paling terang setelah bulan. Sama seperti Merkurius, planet Venus juga sering muncul di pagi hari sebelum matahari terbit. Dan dia akan kembali muncul di ufuk barat setelah matahari terbenam.

Bahkan di waktu tertentu, Venus juga muncul di langit malam dan membentuk formasi bersama bulan dan planet lainnya. Nah untuk kamu yang ingin melihat Venus, waktu senja adalah waktu terbaik untuk melihatnya. Saat senja, penampakan Venus akan terlihat sangat terang dan indah karena berlatarkan langit berwarna jingga.

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!

3. Mars

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumilaverdaddemonagas.com

Meski Venus adalah planet yang paling sering menyambangi bumi, namun Mars adalah planet yang paling mudah dikenali. Meski begitu, planet ini tidak terlalu sering mengunjungi kita sehingga kamu harus mencari informasi mengenai waktu kemunculannya.

Jika kamu sudah tahu waktu kedatangan Mars, yang perlu kamu lakukan hanyalah keluar dan mencari bintang berwarna merah di langit malam. Percaya deh, kamu pasti akan dengan mudah menemukan planet satu ini karena penampakannya akan terlihat berbeda dengan bintang di sekitarnya.

Planet Mars sendiri pernah berada sangat dekat dengan bumi kita pada tahun 2003 lalu. Saat itu, jarak antara bumi dan Mars 'hanya' 55,7 juta kilometer.

4. Jupiter

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumibritannica.com

Jarak bumi dan Jupiter sebenarnya cukup jauh. Namun karena ukurannya yang besar, kamu masih bisa melihat planet ini di langit malam sebagai objek ketiga paling terang setelah bulan dan Venus. Namun sama seperti Mars, planet ini tidak selalu bisa dilihat dengan mudah. 

Di tahun 2019, Jupiter muncul di bulan Juni. Sedangkan pada tahun 2020 nanti, Jupiter akan terlihat pada bulan Juli. Kalau kamu ingin melihat Jupiter, planet ini akan muncul sebagai bintang berwarna putih.

5. Saturnus

Gak Perlu Teleskop, 5 Planet Ini Bisa Kamu Lihat dari Langit Bumikeralakaumudi.com

Planet Saturnus menjadi planet terakhir yang bisa kita lihat dengan mata telanjang. Planet ini biasanya berada di langit bagian selatan bersama dengan tetangganya, Jupiter. Sayangnya karena jaraknya yang jauh kamu tidak akan bisa menyaksikan Saturnus lengkap dengan cincin karena di langit Saturnus hanya akan tampak seperti bintang.

Itu dia planet-planet yang bisa kamu lihat dengan mata telanjang di langit bumi. Karena jaraknya yang sangat jauh, planet ini akan terlihat seperti bintang. Lalu bagaimana caranya membedakan bintang dan planet? 

Nyatanya membedakan dua objek ini cukup mudah karena bintang akan terlihat berkelip di langit malam, sedangkan planet tidak. Atau kamu juga bisa menggunakan teleskop untuk melihatnya lebih jelas, hanya saja pastikan kamu tidak mengarahkannya ke matahari ya!

Baca Juga: 9 Mitos Tentang Planet yang Kita Yakini Sebagai Kebenaran

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya