Comscore Tracker

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Soviet

Menewaskan lebih dari 7 juta orang

Istilah genosida merujuk pada kekerasan yang dilakukan terhadap kelompok masyarakat dengan tujuan untuk membasmi keberadaan kelompok tersebut. Sejarah manusia telah mencatat berbagai peristiwa genosida yang sangat mengerikan dan kejam, salah satunya adalah Holodomor.

Holodomor merupakan peristiwa pembunuhan dan kelaparan massal di Ukraina pada tahun 1932—1933. Kejahatan ini dipimpin oleh Joseph Stalin, diktator asal Uni Soviet, dengan jumlah kematian mencapai 7 juta orang. Kebanyakan dari mereka meninggal akibat kelaparan parah. Ingin tahu lebih lanjut mengenai fakta-faktanya? Simak yang berikut ini. 

1. Bermula dari Uni Soviet menguasai pertanian Ukraina 

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Sovietallthatsinteresting.com

Ukraina menjadi republik Uni Soviet pada tahun 1922 dan sejak saat itu pertanian mereka menjadi bagian utama dari ekonomi Soviet.

Stalin sang pemimpin memanfaatkan kemakmuran pertanian Ukraina dengan menerapkan pertanian kolektif, yaitu dimana lahan petani dijadikan sebagai lahan bersama. Hasil panennya kemudian disebar ke negara anggota.

Dari tahun 1932 hingga 1933, Stalin menerapkan pertanian kolektif ini dan menghukum keras bagi petani yang melawan.

2. Petani yang menentang dihukum dan dikirim ke daerah terpencil

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Sovietrferl.org

Karena dianggap aturannya tidak adil, banyak petani yang menentang. Akibatnya, mereka dianggap sebagai musuh negara dan dikirim ke daerah-daerah terpencil, seperti Siberia. Beberapa dari mereka ada yang meninggal dalam perjalanan, karena kondisi kelaparan yang sangat parah.

Sementara petani yang tinggal harus menghadapi banyak aturan lain, seperti Stalin menyuruh mereka meningkatkan hasil produksi ke standar yang tidak wajar, makanan dan ternak disita, serta petani yang tertangkap mencuri dari pertanian mereka sendiri akan ditangkap, ungkap The Borgen Project.

3. Korban selamat bertahan hidup dengan makanan busuk

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Sovietencyclopediaofukraine.com

Menurut catatan saksi mata yang masih hidup, orang Ukraina selamat karena memakan apapun yang mereka temukan, seperti bunga pohon akasia hingga daging kucing dan anjing yang membusuk. Mereka berusaha bertahan hidup dengan segala cara yang memungkinkan. 

Baca Juga: Masih Berlangsung, 5 Kasus Genosida yang Belum Selesai

4. Joseph Stalin menolak bantuan dari negara lain

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Sovietfolio.ca

Komunitas internasional sangat prihatin dengan kelaparan di Ukraina. Namun, Stalin menolak segala bantuan yang ditawarkan.

Pihak Uni Soviet tidak mengakui masalah kelaparan yang telah tersebar luas tersebut dan menindas semua sensus yang membantu membuktikan bahwa mereka tengah melakukan genosida. Bahkan, pengunjung yang ingin ke Uni Soviet dibatasi di Moskow dan ditolak masuk ke Ukraina.

5. Uni Soviet membantah kasus kelaparan yang terjadi

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Soviethistory101.com

Laman The Borgen Project mengungkapkan bahwa Uni Soviet dengan tegas menyangkal kelaparan yang terjadi di Ukraina. Selama Holodomor, Uni Soviet merilis materi propaganda yang mengurangi penekanan situasi kelaparan di Ukraina.

Salah satu pejabat Soviet bernama Maxim Litvinov mengatakan bahwa tidak ada kelaparan, yang ada hanyalah rasa lapar sementara. Pandangan tersebut sama sekali tidak pernah berubah sejak 1932.

6. Pada tahun 2016, Ukraina menuntut pengakuan Rusia mengenai Holodomor

6 Fakta Tentang Holodomor, Genosida yang Dilakukan oleh Uni Sovietfinance.yahoo.com

Pada 2016, Presiden Ukraina Petro Poroshenko secara resmi menyerukan agar Holodomor diakui sebagai genosida yang dilakukan oleh Uni Soviet, yang selama beberapa dekade pemerintah Soviet selalu mencegah Ukraina untuk melakukannya.

Sekarang, tugu peringatan mengenai Holodomor tersebar di seluruh dunia dalam rangka untuk menghormati para korban dan secara resmi mengakui Holodomor.

 

Itulah beberapa fakta tentang Holodomor, genosida dengan jumlah kematian yang sangat banyak, yaitu 7 juta orang. Sepertinya dunia tidak akan melupakan peristiwa yang satu ini.

Baca Juga: 7 Fakta Mengerikan tentang Gulag, Kamp Konsentrasi Warisan Uni Soviet

Maghfirah Nur Padila Photo Verified Writer Maghfirah Nur Padila

lagi kuliah sastra inggris

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya