Comscore Tracker

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! 

Mereka adalah hewan-hewan terbesar di dunia saat ini

Kebanyakan orang pasti sudah mengetahui bahwa hewan terbesar di dunia adalah paus. Dengan panjang hingga puluhan meter dan berat hingga ratusan ton, ukuran paus memang sangat menakjubkan. Paus sendiri terdiri dari banyak spesies dan setiap spesies memiliki ukuran yang luar biasa.

Nah, dari antara seluruh spesies paus, spesies mana saja yang terbesar? Berikut ini daftar spesies paus terbesar di dunia yang pasti membuatmu kagum.

7. Paus sei 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! worldwildlife.org

Urutan ke-7 paus terbesar di dunia adalah paus sei alias Balaenoptera borealis. Laman World Wildlife menyebut bahwa paus ini bisa tumbuh hingga sepanjang 20 meter dan berat 20 ton. Selain itu, keistimewaan lain paus ini adalah kecepatannya. Mereka adalah salah satu paus tercepat karena bisa mencapai kecepatan 48 km per jam.

6. Paus bungkuk 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! time.com

Paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) memiliki ukuran panjang hingga 19 meter, lebih kecil dibanding paus sei. Namun, bobot mereka jauh lebih berat, yaitu bisa mencapai 40 ton. Paus ini adalah salah satu paus paling akrobatik. Mereka sering melompat keluar dari air dan masuk kembali ke air sambil melengkungkan badannya sehingga mendapat sebutan paus bungkuk.

Nama genus paus bungkuk, yaitu Megaptera, secara harfiah berarti "sayap besar" yang mengacu pada sirip gerak mereka yang sangat besar. Dengan panjang hingga 5 meter, sirip mereka bahkan tercatat sebagai alat gerak terbesar yang dimiliki hewan di dunia. Paus yang menakjubkan ini bisa ditemukan di semua samudra di dunia.

5. Paus sperma 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! naturalworldsafaris.com

Berikutnya, ada paus sperma (Physeter macrocephalus) atau disebut juga paus kepala kotak. Ini mengacu pada bentuk kepala mereka yang seperti kotak besar. Ukuran panjang paus ini mencapai 18 meter dan berat 45 ton, seperti dilansir National Geographic. Termasuk paus bergigi, paus sperma adalah hewan bergigi terbesar yang ada di dunia.

Makanan paus sperma adalah ikan dan cumi-cumi raksasa. Mereka diketahui bisa menyelam hingga kedalaman 1 kilometer untuk mencari cumi-cumi raksasa yang hidup di kedalaman samudra. Keunikan lain yang paus ini miliki adalah mereka pemilik otak terbesar di dunia dengan volume 8 liter dan berat hingga 8 kilogram.

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

4. Paus right

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! pewtrusts.org

Namanya unik, ya? Secara harfiah diterjemahkan menjadi "paus benar", pada zaman perburuan paus dahulu, mereka sering disebut sebagai paus yang benar alias tepat untuk diburu. Sayangnya, hal itu pula yang menyebabkan populasi mereka terus berkurang dan kini mereka termasuk salah satu jenis paus paling langka.

Ada tiga spesies paus right yang tergabung dalam genus. Semuanya memiliki ciri khas berupa kepalanya yang sangat besar hingga sepertiga ukuran tubuhnya. Berapa besar ukuran paus ini? National Geographic menyebut bahwa panjang mereka bisa mencapai 15 meter dan berat 70 ton.

3. Paus kepala busur 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! nytimes.com

Di urutan ketiga, ada paus kepala busur (Balaena mysticetus) yang panjangnya mencapai 18 meter dan berat hingga 100 ton. Paus ini berhabitat di kawasan Arktik di Kutub Utara, tempat lapisan es tebal sering kali menyelimuti lautan. Namun, itu bukan masalah karena mereka mampu memecahkan es dengan kepalanya yang besar.

Keunikan lain paus ini adalah mereka merupakan hewan dengan mulut terbesar di dunia, seperti dicatat laman Guinness World Record. Sementara, dilansir laman World Wildlife, mereka adalah salah satu hewan dengan umur terpanjang karena bisa hidup hingga 200 tahun. Luar biasa!

2. Paus sirip 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! whalesense.org

Adapun, paus sirip (Balaenoptera physalus) adalah spesies paus terbesar kedua di dunia dengan panjang mencapai 27 meter dan berat hingga 120 ton. Selain ukurannya yang luar biasa besar, paus sirip memiliki keunikan lain dalam penampilannya. Laman Whales menyebut bahwa bagian kiri rahang bawah mereka berwarna hitam, sementara sisi kanannya putih.

Beberapa ilmuwan memperkirakan perbedaan warna tersebut berguna dalam strategi berburu mereka. Paus sirip termasuk paus yang sangat pemalu. Mereka bahkan jarang terlihat muncul ke permukaan untuk mengambil napas. Namun, dengan sesama paus, mereka justru gak pemalu, bahkan kawin dengan spesies paus lain, yaitu paus biru!

1. Paus biru 

7 Spesies Paus Terbesar di Dunia, Ukurannya Bikin Takjub! worldwildlife.org

Spesies paus terbesar di dunia sudah pasti adalah paus biru (Balaenoptera musculus) dengan panjang mencapai 32 meter dan berat hingga 200 ton. Bukan saja paus terbesar di dunia, mereka juga adalah hewan terbesar yang pernah hidup di dunia dari zaman purba hingga saat ini!

Bagian-bagian tubuh mereka saja punya ukuran yang luar biasa. National Geographic menyebut bahwa lidah mereka memiliki berat setara gajah dewasa. Sementara, jantung mereka sebesar mobil. Meskipun hanya makan krill yang kecil, gak heran jika paus biru bisa mengonsumsi hingga 4 ton makanan per harinya!

Itulah daftar paus terbesar yang ada di dunia. Gimana, ukuran mereka benar-benar bikin takjub, kan?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Ekor Hewan, Ada Hewan yang Berekor Enam 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya