Comscore Tracker

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!

Ada yang punya bunga terbesar, buah terbesar, dan sebagainya

Selain hewan, salah satu hal yang paling menyenangkan untuk diamati dari alam sekitar yaitu tumbuhan. Dunia ini berisi begitu banyak jenis tumbuhan dan banyak di antaranya yang memiliki keunikan yang luar biasa dan bisa membuat kita kagum.

Beberapa tumbuhan bahkan sangat luar biasa sampai tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk berbagai kategori. Mau tahu apa saja tumbuhan hebat itu? Ini dia delapan di antaranya.

1. Pohon terbesar: sequoia raksasa

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!californiabeat.org

Pertama-tama, kamu pasti penasaran pohon apakah yang terbesar di dunia? Jawabannya yaitu pohon sequoia raksasa (Sequoiadendron giganteum) atau disebut juga redwood raksasa. Live Science menyebut bahwa pohon terbesar yang pernah dicatat yaitu sebuah pohon di Taman Nasional Sequoia di California.

Pohon tersebut dinamai Jenderal Sherman dan ia pantas disebut sebagai pohon terbesar karena volumenya hampir mencapai 1.500 meter kubik! Jenderal Sherman juga punya tinggi luar biasa yaitu lebih dari 83 meter. Namun demikian, ia bukanlah pohon tertinggi di dunia.

2. Pohon tertinggi: sequoia pantai

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!inhabitat.com

Kalau begitu pohon apa yang tertinggi di dunia? Masih dari keluarga sequoia, tapi jenis yang berbeda yaitu sequoia pantai (Sequoia sempervirens). Tinggi rata-rata pohon ini yaitu 90 meter. Namun, Live Science mencatat bahwa satu pohon bernama Hyperion yang juga hidup di California memegang rekor dengan tinggi mencapai 115,7 meter!

3. Pohon paling cepat tumbuh: pohon bambu

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!scottishbamboo.com

Seandainya pohon bambu bisa tumbuh tanpa batas, pasti mereka bisa dengan mudah merebut status tumbuhan tertinggi di dunia. Itu karena pohon bambu merupakan pohon dengan pertumbuhan paling cepat di dunia.

Laman Bamboos Plant HQ menyebut bahwa bambu dari genus Phyllostachys mampu tumbuh dengan kecepatan 1 meter per hari. Itu sama dengan lebih dari 4 cm per jam, lho!

4. Pohon tertua: Pinus longaeva

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!pinterest.com

Sebatang pohon Pinus longaeva di Pegunungan White di California tercatat berumur 5.062 tahun, seperti dilansir dari Live Science. Namun, jika berbicara tentang pohon klonal alias beberapa pohon yang tergabung dalam satu sistem akar yang sama, umurnya bisa mencapai puluhan ribu tahun!

Baca Juga: 5 Fakta Mandrake, Tumbuhan Berbentuk Manusia di Film Harry Potter

5. Tumbuhan dengan bunga terbesar: Rafflesia arnoldii

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!harvardmagazine.com

Kamu pasti tahu betul spesies tumbuhan yang juga disebut bunga bangkai ini. Ya, tumbuhan ini adalah endemik Indonesia, tepatnya Pulau Sumatra. Laman CNN melaporkan bahwa baru saja pada 4 Januari 2020 kemarin, ditemukan bunga Rafflesia arnoldii yang mekar dengan diameter hampir 1,2 meter. Besar banget, ya!

6. Tumbuhan dengan bunga tertingg: titan arum

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!science.kew.org

Meski terbesar, bunga Rafflesia arnoldii bukanlah yang tertinggi di dunia. Predikat itu dipegang oleh titan arum alias Amorphophallus titanum. Bunga ini juga endemik Indonesia dan disebut bunga bangkai karena baunya yang menyengat. Berapa tinggi bunga ini ketika sedang mekar? Laman World Atlas menjawabnya sekitar 3,1 meter!

7. Tumbuhan dengan daun terbesar: palem raffia

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!plantsoftheworldonline.com

Bagaimana dengan daun terbesar? Daun terbesar dimiliki pohon palem raffia (Raphia regalis). Pohon yang hidup di Afrika ini pernah tercatat memiliki daun sepanjang 25 meter dan lebar 3 meter.

Namun, jangan bayangkan sebuah daun individual yang superbesar karena daun palem raffia tersebut menjadi 180 leaflet di kiri dan kanan tangkai daunnya.

8. Tumbuhan dengan buah terbesar: labu raksasa Atlantik

8 Tumbuhan Pemegang Rekor Dunia, Ada yang dari Indonesia, lho!twincities.com

Mendengar nama labu raksasa, kamu mungkin bertanya-tanya seberapa besar buah labu ini bisa tumbuh. BBC menyebut bahwa buah dari spesies labu Cucurbita maxima ini pernah dicatat memiliki bobot 1.056 kg alias lebih dari satu ton!

Sementara, diameter maksimal labu ini bisa mencapai 1,8 meter. Wah, buah sebesar itu bisa dimakan berapa orang, ya?

Itulah delapan tumbuhan luar biasa yang tercatat sebagai pemegang rekor dunia. Yang mana yang menurutmu paling menakjubkan?

Baca Juga: 5 Tumbuhan Unik di Dunia, dari yang Terkecil sampai Terbesar

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya