Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Mei

Happy Menstrual Day 2019!

Tahukah kamu bahwa tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi atau lebih dikenal dengan sebutan Menstrual Hygiene Day (MHD)? Hari peringatan ini memang tidak sepopuler hari peringatan lainnya, terutama di Indonesia. Selain karena memang masih baru, menstruasi merupakan hal yang masih tabu untuk dibicarakan secara terbuka dalam masyarakat.

Tapi Menstrual Hygiene Day itu sangat penting, loh. Pasalnya, hari peringatan ini bisa menjadi momen kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang cara menjalani menstruasi benar, sehat dan nyaman. Nah, berikut ini hal-hal yang perlu kamu tahu seputar Menstrual Hygiene Day.

1. Awal lahirnya Menstrual Hygiene Day

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Meiinstagram.com/periodsandmoreng

Menstrual Hygiene Day baru mulai dilaksanakan pada tahun 2013 yang diinisiasi oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat di Jerman yaitu Wash United. Tujuan mulia di balik peringatan MHD yaitu untuk menciptakan dunia di mana perempuan bisa menjalani siklus menstruasinya dengan nyaman, bersih, dan percaya diri.

Untuk mencapai tujuan di atas, kampanye MHD fokus pada dua hal. Pertama, meningkatkan kesadaran soal Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) dan mengubah pandangan negatif soal menstruasi. Kedua, mendorong pemerintah untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas penting terkait kebersihan menstruasi di tempat umum, terutama di toilet-toilet sekolah.

2. Alasan mengapa Menstrual Hygiene Day diperingati pada 28 Mei

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Meisusana.org

Seperti hari peringatan lain, tanggal peringatan Menstrual Hygiene Day juga memiliki alasan tersendiri. Angka 28 dipilih sesuai dengan siklus mentruasi yang rata-rata terjadi dalam 28 hari. Sementara Mei atau bulan ke-5 dikaitkan dengan lama menstruasi yaitu rata-rata lima hari setiap bulan. Jadilah, Menstrual Hygiene Day diperingati setiap 28 Mei.

Baca Juga: 5 Hal yang Kerap Dirasa Cewek Saat Alami Menstruasi di Hari Pertama

3. Tema Menstrual Hygiene Day tahun ini adalah It’s Time For Action, yuk ramaikan di media sosial!

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Meiinstagram.com/voice4girls

Menstrual Hygiene Day memiliki tema yang berbeda setiap tahun. Tahun ini temanya adalah It’s Time For Action. Kita semua bisa turut memperingatinya dengan menceritakan pengalaman pribadi atau pandangan kita soal menstruasi di media sosial. Jangan lupa gunakan tiga tagar yaitu #ItsTimeForAction #MHD2019 #HariKebersihanMenstruasi.

4. Sekilas tentang permasalahan kebersihan menstruasi dalam masyarakat

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Meistylist.co.uk

Menstruasi masih dianggap sebagai hal yang tabu sehingga informasi terkait bagaimana menjalani menstruasi yang sehat dan nyaman sangat kurang. Akibatnya, banyak perempuan terutama remaja yang tidak tahu Manajemen Kebersihan Menstruasi, misalnya terkait frekuensi mengganti pembalut.

Selain itu, banyak yang tidak mengganti pembalutnya saat di sekolah akibat kurangnya air bersih dan alat kebersihan lainnya. Banyak dari mereka yang juga terpaksa harus bolos atau menunggu jam pulang dengan tidak nyaman.

5. Alasan penting mengapa menstruasi perlu dibicarakan secara terbuka

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Menstrual Hygiene Day 28 Meitodaysparent.com

Hingga saat ini, menstruasi dianggap tabu dan kotor. Misalnya, ada kepercayaan dalam masyarakat Indonesia bahwa perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh membuat tape karena bisa menggagalkan fermentasi. Dalam masyarakat Toraja, masih ada kepercayaan bahwa perempuan yang sedang menstruasi tidak boleh ikut dalam pengambilan keputusan penting.

Cerita di atas hanyalah sebagian kecil dari berbagai tabu soal menstruasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk membicarakan menstruasi secara terbuka agar wawasan masyarakat bisa lebih berkembang dan tidak meminggirkan perempuan. Dengan begitu pula, permasalahan-permasalahan kebersihan menstruasi dapat lebih diperhatikan.

Itulah lima hal seputar Menstrual Hygiene Day yang perlu kamu ketahui.  Apa kamu punya cerita soal menstruasi yang bisa kamu bagi? Yuk, bagikan pengalamanmu dan turut peringati MHD 2019!

Baca Juga: 7 Perubahan pada Otak dan Mental Inilah yang Terjadi Saat Menstruasi

Resty Photo Verified Writer Resty

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya