Comscore Tracker

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang Tahu

Bunga Tulip bisa dimakan juga lho ternyata!

Apa yang pertama kali ada di pikiranmu, ketika mendengar kata bunga tulip? Pasti, kamu akan langsung teringat dengan warnanya yang cantik dan juga negara Belanda. Ternyata, bunga tulip masih menyimpan banyak fakta unik lainnya, lho. Nah, biar pengetahuan kamu semakin meningkat tentang bunga tulip, berikut adalah 10 fakta uniknya yang wajib kamu ketahui. 

1. Berasal dari daerah Asia Tengah dan Turki

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Aaron Burde

Bunga tulip terkenal sebagai bunga nasional dari negara Belanda. Bahkan, banyak orang berbondong-bondong datang ke Belanda untuk menyaksikan keindahan bunga tulip secara langsung. Meskipun begitu, bunga tulip ternyata berasal dari Asia Tengah dan Turki. 

2. Arti kata tulip

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Lisa Verena Pape

Tahukah kamu, jika tulip ternyata berasal dari bahasa Persia, yaitu dulband yang berarti turban? Hal ini dikarenakan bentuk bunga tulip yang dianggap seperti turban. Apakah menurut kamu, bunga tulip memiliki bentuk seperti turban? 

3. Memiliki bentuk yang simetris

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Lucija Ros

Tanpa kamu sadari, bunga tulip ternyata memiliki ukuran yang simetris. Bentuk dari kelopak bunga tulip memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama. Bahkan, hal ini terjadi di sebagian besar varietas bunga tulip, lho.

4. Tulip bisa dimakan 

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Brigitte Tohm

Pernahkah, kamu membayangkan bahwa tulip ternya bisa dimakan? Ternyata, selama Perang Dunia II, tulip dan roti tulip sering dimakan oleh mereka yang tak mampu membeli makanan lain. Bahkan, beberapa bunga tulip bisa menggantikan bawang dalam memasak dan bisa digunakan untuk membuat wine. 

5. Pernah menjadi bunga termahal

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Louise Pilgaard

Pada tahun 1600-an bunga tulip pernah menjadi bunga termahal. Bahkan, harganya bisa mencapai 10 kali lipat dari penghasilan rata-rata para pekerja. Tak heran jika sejak saat itu, bunga tulip pun terkenal sebagai salah satu bunga dengan harga yang cukup mahal. 

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Bunga Iris, Tanaman Invasif Bunga Nasional Prancis

6. Tumbuh dengan mandiri 

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Pascal van de Vendel

Beda halnya dengan jenis bunga pada umumnya yang tumbuh dari benih, bunga tulip tumbuh dari umbi. Nutrisi yang ada pada umbi bunga tulip pun dapat membuat mereka tumbuh secara baik. Setelah bunga tulip mekar, umbi yang tertinggal pun bisa disimpan atau dijual kembali. 

7. Tulip bisa beracun bagi beberapa hewan 

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Leigh Kendell

Bagi beberapa hewan bunga tulip bisa menjadi racun. Hal ini dikarenakan bunga tulip mengandung zat tulipalin A dan B. Zat ini tidak cocok bagi hewan kuda, anjing dan kucing. Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan tersebut, jauhkan dari bunga tulip, ya. 

8. Warna setiap tulip memiliki arti yang berbeda

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Brigitte Tohm

Meskipun bunga tulip terkenal sebagai arti cinta. Ternyata, masing-masing warna juga memiliki artinya tersendiri. Misalnya tulip merah melambangkan cinta sejati, tulip putih melambangkan kata maaf dan tulip kuning melambangkan harapan dan kebahagiaan. 

9. Hanya mekar dalam waktu yang singkat

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Brandi Redd

Jika kamu ingin melihat bunga tulip, segeralah pergi untuk mengunjunginya pada musim semi. Bunga tulip hanya dapat mekar pada kurun waktu satu hingga dua minggu. Karena waktu mekarnya yang singkat, jangan sampai kamu ketinggalan menyaksikan keindahan bunga tulip saat mekar. 

10. Jenis tulip mencapai lebih dari 3.000 spesies

10 Fakta Unik Bunga Tulip yang Gak Banyak Orang TahuUnsplash.com/Bianka Csenki

Tanpa kamu sadari jumlah spesies dari bunga tulip lebih banyak dari perkiraan mu, lho. Ada lebih dari 14 spesies yang dikenal oleh orang. Namun, kenyataannya ada lebih dari 3.000 spesies tulip yang terdaftar.

Ternyata bunga tulip menyimpan banyak fakta unik, kan? Bagi kamu para pecinta bunga tulip pasti sangat terkejut dengan beberapa fakta unik di atas. Kira-kira dari 10 fakta unik diatas, fakta mana yang paling buat kamu tercengang? 

Baca Juga: 5 Fakta Bunga Trompet, Tumbuhan Cantik, tapi Mematikan! 

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya