Comscore Tracker

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!

Bikin prihatin...

Sungai merupakan sumber air bagi jutaan penduduk di sekitarnya. Selain dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, sungai juga dapat dijadikan sebagai mata pencaharian warga sekitar. Namun, apa jadinya bila sungai tersebut sangatlah kotor hingga mengandung zat kimia berbahaya? Penasaran? Berikut lima sungai paling kotor di dunia dilansir dari Critiquemag.

1. Sungai Yamuna, India

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!npr.org

Sungai Yamuna memiliki kondisi yang sangat memprihatinkan. Sebanyak 58 persen sampah dari New Delhi, India dibuang ke sungai ini. Pemerintah telah mengerahkan lebih dari Rs 17.000.000.000 (sekitar 370 miliar) untuk membersihkan sungai ini. Namun, tetap saja sungai ini tercemar. Itu karena sampah yang sudah ada diperparah kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

2. Sungai Matanza, Argentina

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!science.time.com

Dijuluki sebagai Slaughterhouse River, Sungai Matanza ditempati banyak rumah di pinggirannya. Mereka yang tinggal di sana membuang sampah ke sungai sehingga menyebabkan Sungai Matanza menjadi sangat kotor. Banyaknya sampah rumah tangga tersebut membuat sungai ini tercemar dengan berbagai logam berat hingga bahan kimia beracun.

Baca Juga: Sampah Popok Menumpuk di Sungai, Ini yang Dilakukan Khofifah

3. Sungai Citarum, Indonesia

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!aljazeera.com

Sungai ini merupakan salah satu sungai terbesar di Indonesia. Sungai Citarum membentang sepanjang lebih dari 321 km di provinsi Jawa Barat. Meski termasuk ke dalam sungai yang terkotor, Sungai Citarum berfungsi sebagai irigasi dari ribuan hektar lahan agrikultur. Selian itu, digunakan juga sebagai pembangkit listrik. Sungai Citarum sangatlah kotor karena sampah, plastik, dan juga limbah tekstil.

4. Sungai Marilao, Filipina

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!imagenesmy.com

Sama seperti sungai terkotor lainnya, Sungai Marilao tercemar akibat banyaknya sampah yang dibuang ke sungai. Air Sungai Marilao mengandung berbagai racun kimia dan juga logam yang sangat berbahaya. Meski pemerintah Filipina telah menetapkan denda bagi siapa saja yang membuang sampah ke sungai tersebut, tetap saja masyarakat dan juga pabrik-pabrik di sekitar area sungai tersebut membuang sampah.

5. Sungai Yellow, China

5 Sungai Paling Kotor di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia!tun.com

Sungai Yellow yang terletak di sebelah utara China ini sangat memprihatinkan. Nama Sungai Kuning diberikan karena mengandung banyak sekali sedimen berwarna kuning. Sungai ini berkali-kali banjir dan membunuh jutaan penduduk.

Sungai Yellow sangat tercemar dan menyebabkan masalah kesehatan bagi penduduk China. Setiap tahunnya, ada lebih dari 4 juta ton sampah yang dibuang ke sungai tersebut.

Sungai adalah bagian dari sumber kehidupan. Jangan biarkan sungai terus tercemar. Yuk, lakukan sesuatu! Minimal dengan membuang sampah pada tempatnya. Jangan di sungai, ya!

Baca Juga: Kembalikan Citarum Harum, Warga Diimbau Tidak Buang Limbah ke Sungai

Ryan Mitra Prayoga Photo Verified Writer Ryan Mitra Prayoga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya