10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Dunia

Banyak di antaranya endemik Indonesia lho

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menempati posisi teratas sebagai tanaman hias paling populer. Tak heran karena memang anggrek memiliki ribuan spesies yang memiliki karakteristik, keunikan dan daya tarik yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya, baik yang sudah banyak dibudidayakan ataupun anggrek-anggrek liar di hutan yang masih langka keberadaannya. 

Di antara ribuan spesies anggrek dengan karakteristiknya yang berbeda-beda, beberapa spesies anggrek di bawah ini dianggap menjadi anggrek dengan bentuk, warna dan keindahan yang sangat memukau. Makanya, menjadi yang terbaik di antara spesies anggrek yang lainnya. Apa saja? Yuk simak.

1. Cattleya

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniasandiorchid.com

Jenis anggrek cattleya merupakan salah satu dari 42 spesies anggrek yang berasal dari Kostarika hingga ke bagian tropis Amerika selatan. Jenis anggrek cattleya merupakan salah satu yang paling di sukai di Indonesia karena karakteristik bunganya yang besar dan mencolok.

Cattelya muncul dengan sangat banyak jenis warna yang cantik dan memikat. Ciri khas anggrek jenis ini adalah bagian ujung petal dan labelumnya yang agak bergelombang.

2. Vanda

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniafineartamerica.com

Anggrek jenis vanda juga menjadi salah satu yang paling digemari karena coraknya yang cantik. Para pecinta anggrek tak akan absen memelihara anggrek jenis vanda sebagai koleksi. Vanda memiliki sekitar 80 spesies dengan warna bentuk dan karakteristik keunikan khas tersendiri.

3. Phalaenopsis

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniasmartgardenguide.com

Phaleonopsis memiliki sekitar 60 spesies dan salah satu yang paling terkenal adalah Phaleonopsis amibis atau anggrek bulan yang merupakan jesni anggrek endemik hutan Indonesia. Bunga dari anggrek phaleonopsis dapat bertahan hingga beberapa bulan.

Baca Juga: 5 Fakta Anggrek Hantu, Tanaman Indah Walaupun Hidup Tanpa Daun

4. Pecteilis radiata

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniajardinage.ooreka.fr

Pecteilis radiata atau yang dalam dunia internasional lebih dikenal dengan White Egret Orchid, memiliki bentuk yang terbilang cukup unik. Jika biasanya anggrek menonjolkan keunikan di warnanya jenis yang satu ini justru memiliki bentuk yang menarik perhatian.

Pecteilis radiata memiliki bentuk seperti seekor burung yang sedang terbang, petal anggrek jenis ini berbentuk seakan seperti sayap burung yang sedang mengepak.

5. Dendrobium

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniaaliiflowers.com

Anggrek dendrobium merupakan jenis anggrek yang biasa digunakan sebagai tanaman hias raungan dalam pot. Ukuran bunganya yang tak terlalu besar namun berjumlah banyak membuatnya banyak disukai para pecinta anggrek. Anggrek ini termasuk jenis anggrek epifit dengan tipe batang simpodial.

6. Laelia

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniapixabay.com/ddouk

Anggrek laelia memiliki ciri khas yang mana bagian petal dan sepalnya agak menggulung sehingga bunga terlihat lebih ramping jika dibandingkan anggrek vanda atau phaleonopsis. Hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi anggrek jenis ini.

7. Schomburgkia exaltata

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniatwitter.com/schomburgkia

Kamu pasti bisa langsung melihat keunikan luar biasa yang dimiliki anggrek jenis Schomburgkia exaltata ini. Ya, bagian petal dan sepalnya yang menggelombang membuat anggrek jenis ini terlihat sangat unik dan menarik.

8. Miltonia

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniaguillaumepaumier.com

Untuk jenis ini ciri yang menjadi ciri hasnya adalah bagian warna mencolok di daerah labelumnya. Kamu bisa melihat seperti corak batik pada bagian labelumnya meskipun pada kenyataannya jenis anggrek ini bukanlah berasal dari Indonesia.

9. Cymbidium

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniachlorisfloraindia.com

Jika kamu lihat bagian yang paling menonjol dari anggrek jenis Cymbidium ini juga adalah bagian labelumnya. Labelum anggrek memang selalu harus lebih menarik baik warna ataupun bentuknya karena ia berfungsi sebagai penarik perhatian serangga agar penyerbukan dapat terjadi dan anggrek dapat menghasilkan buah dan biji.

10. Oncidium

10 Jenis Anggrek Ini Dianggap Paling Cantik di Duniapetrensorchidshop.eu

Anggrek jenis oncidium memiliki bunga dengan ukuran yang tak terlalu besar namun warnanya sangat menarik dan mencolok. Belang yang timbul dari warna yang kontras dan bertabrakan membuat anggrek ini sangat cantik dan memikat.

Itulah 10 jenis anggrek yang didapuk sebagai yang terindah dari keseluruhan spesiesnya. Meski begitu, siapa yang setuju nih bahwa apa pun jenisnya, bunga anggrek tidak pernah bikin kita kecewa akan keindahannya?

Baca Juga: Yuk, Tanam! Ini 5 Keuntungan Punya Tanaman Anggrek di Rumah

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You